Hati-hati jika dirumahmu ada tikus berkeliaran. Hewan pengerat itu bisa membawa pengaruh buruk bagi kesehatan manusia dan berpotensi merusak perabotan rumah tangga.

Tikus adalah hama, maka harus segara ada tindakan pemusnahan. Jika rumahmu sudah bersih dari hama tikus, maka harus tetap dilakukan tindakan pencegahan.

Nah, berikut ini 6 cara mencegah tikus dari rumah yang harus segera kamu praktikan;

1Perangkap Tikus

bibliotika.com

Inilah cara tradisional yang banyak dilakukan oleh masyarakat apabila rumahnya ingin bebas dari tikus. Sampai saat ini, cara tradisional ini masih ampuh. Meskipun tidak akan bekerja untuk tikus got yang ukurannya sebesar kucing.

Sediakan beberapa jenis perangkap tikus, seperti kandang, lem, dan racun. Simpan semua perangkap tikus di bawah meja, samping saluran air kamar mandi, dan tempat-tempat gelap yang biasa dilewati tikus.

Jangan lupa pasang umpan berupa keju, ikan asin, ataupun makanan lain yang bau amis. Biasanya makanan berbau akan lebih disukai tikus.

2Perbaiki yang Rusak

gmtproperty.com

Agar tikus yang sudah berhasil keluar dari rumahmu tidak kembali lagi, maka pastikan untuk memeriksa setiap sudut, lubang, dan seluruh bagian rumah yang rusak.

Jangan salah, hama ini bisa menyesuaikan bentuk tubuhnya sehingga dapat masuk ke dalam rumah melalui lubang seukuran pensil.

Jika ada bagian rumah yang berlubang kecil maupun besar, segera perbaiki.

3Tutup Ventilasi

tipsdesaininteriorexterior.blogspot.com

Cara lain untuk mengusir tikus dari rumah yang tak kalah efektif adalah menutup ventilasi yang menghubungkan bagian dalam rumah dengan bagian luar.

Jika ada lubang pengering atau selang AC, lubang pembuangan air di kamar mandi, maka segera tutup semua lubang tersebut.

4Awasi Tempat Persembunyian Tikus

soka35.blogspot.com

Hindari menyimpan barang yang bisa menjadi sarang tikus untuk tinggal dan berkembang biak di rumahmu.

Barang-barang yang seringkali digunakan tikus untuk bersembunyi adalah pakaian usang, botol, kaleng, tumpukan majalah, dan tempat sampah.

Biasakanlah untuk rajin membersihkan rumah, membuang barang-arang terbuka yang tidak digunakan lagi, dan membuang sisa makanan basi yang bisa memicu datangnya tikus.

5Semprot Pestisida Pengusir Tikus

sites.google.com

Kamu bisa menyemprotkan pestisida pengusir tikus secukupnya di beberapa tempat yang paling sering dilalui tikus, seperti lubang maupun bawah pintu.

Pestisida semprot bisa diperoleh di toko.

6Pelihara Kucing, Jangkrik, atau Ular

jangkrikvila.blogspot.com

Cara ini terbilang cukup ekstrim tapi sangat ampuh, mudah, dan cukup menyenangkan bagi sebagian orang yang tidak takut dengan ular, misalnya.

Tikus tidak suka suasana ramai, maka kamu bisa memelihara jangkrik. Cukup letakkan jangkrik di lokasi rumah yang biasa menjadi sarang tikus.

Tips terakhir ini bisa kamu lakukan jika kamu sudah tidak sanggup melakukan kelima tips sebelumnya.