monyetgunung.wordpress.com

7 Cara Mencegah Hipotermia Saat Mendaki Gunung

Posted on

Hipotermia adalah kondisi dimana mekanisme tubuh mengalami drop dan kesulitan mengatur suhu tubuh dalam mengatasi tekanan suhu dingin di sekitarnya.

Hipotermia terjadi ketika suhu tubuh manusia menurun di bawah kondisi normal. Gangguan ini mudah sekali menyerang seseorang yang terkena basah (berpakaian basah) dalam dan terpapar udara dingin tanpa penghangat dalam jangka waktu lama.

Kondisi ini sering dijumpai pada para pendaki gunung. Biasanya, gejala awal penderita hipotermia akan terlihat saat suhu tubuh mulai menurun drastis dengan tanda menggigil kedinginan.

Setelah itu tubuh akan kehilangan banyak energi, hingga batas energi penderita habis. Lalu memasuki fase kritis, yang sangat berbahaya apabila tidak segera dilakukan pertolongan pertama.

Nah, sebelum hipotermia terjadi, lebih baik mencegahnya dengan cara-cara berikut ini:

Perlengkapan Sesuai Prosedur Pendakian

pnt.org
pnt.org

Selalu lengkapi pendakianmu dengan perlengkapan sesuai prosedur. Contohnya jaket gunung (berbahan polar di dalam, anti air dan anti angin), celana lapang quickdry yang saat basah cepat mengering, sleeping bag, kaos kaki, sarung tangan polar, jas hujan.

Hindari Kontak dengan Air

campingtentsforsale.co.za
campingtentsforsale.co.za

Hindari kontak dengan air secara langsung. Jika hujan turun, segera kenakan jas hujan, walaupun hujan yang turun tidak terlalu lebat atau masih rintik-rintik.

Justru hujan yang rintik inilah yang seringkali menjadi penyebab pendaki mengalami hipotermia karena menyepelekan hal kecil.

Jika pakaian terlanjur basah, segeralah ganti. Jangan berlama-lama mengenakan pakaian basah, sebab pakaian basah adalah faktor utama penyebab menurunnya suhu tubuh. Segera ganti dengan pakaian kering.

Jangan Memakai Celana Jeans

grosirjeanstermurah.com
grosirjeanstermurah.com

Jangan pernah mendaki dengan menggunakan celana jeans, sebab celana jeans akan sangat sulit kering jika basah terkena air, baik oleh keringat maupun air hujan.

Tidur dalam Posisi Hangat

adventurealancom
adventurealancom

Pastikan tidur dalam kondisi yang hangat. Alasi alas tidur dengan matras, gunakan sleeping bag. Lapisi tubuh dengan jaket tebal berbahan polar di dalamnya.

Gunakan tudung, dua pasang kaos kaki, dan pakai sarung tangan berbahan polar. Pastikan tidurmu nyaman dan aman dari hawa dingin.

Ganti Baju Basah dengan Baju Kering

mountainphotographer.com
mountainphotographer.com

Seperti disebutkan sebelumnya, pakaian dalam keadaan basah menjadi faktor utama serangan hipotermia.

Jika pakaianmu basah, maka ganti segera baju dan celana yang basah dengan pakaian kering.

Minum Minuman Hangat

sos-chefs.com
sos-chefs.com

Minumlah minuman hangat yang manis sebagai pencegah hipotermia datang. Minuman yang hangat akan membantu mengembalikan suhu tubuh yang hilang. Contohnya coklat hangat atau teh hangat.

Makan Makanan Berkalori Tinggi

republika.co.id
republika.co.id

Sebagai salah satu usaha menyeimbangkan suhu tubuh, manusia membutuhkan kalori tinggi, terutama bagi para pendaki agar terhindar dari serangan hipotermia.

Jika sudah terlanjur terkena hipotermia pun, sangat disarankan bagi penderita untuk mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi, seperti sereal, sup hangat, coklat dan minuman manis lainnya.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *