Siapa yang tidak pernah merasakan stress didalam hidupnya? Waw! Kamu pasti adalah orang yang sangat cerdas dalam mengontrol kondisi fikiran dan hati.

Namun tak jarang juga beberapa orang disekitar kamu kerap kali mengalami stress. Kalau ini sudah terjadi maka akan nampak perubahan dari dirinya. Mungkin dia akan lebih mudah marah, kurang bersemangat, tidak nafsu makan dan susah ditebak.

Kamu juga akan menjadi serba salah dihadapannya, karena orang stress cendrung berfikiran negatif. Jadi kamu tidak perlu heran jika orang yang stress disekitarmu mulai menaruh curiga ini dan itu kepadamu. Itu tandanya dia sedang stress. Hehe.

Penyebab stress juga bermacam-macam, ada sebagian dari mereka yang stress karena kekurangan tidur, kurang olahraga, kurang uang, atau bahkan kurang piknik. Hehehe.

Tetapi warga Jakarta sendiri cendrung stress yang disebabkan oleh kemacetan. Wkwkw, kasihan ya warga Jakarta.

Tapi mblo, iya kamu. Jomblo. Ternyata pernikahan juga bisa menjadi salah satu penyebab stress. Waw, kok bisa? Ya bisa saja kan pernikahan akan menghadirkan berbagai problema baru dalam hidup.

Nah, tenang saja guys. Disini kamu akan mengetahui cara, tips ataupun trik untuk menghindari stress. Setidaknya jika kamu sudah bisa menghindari stress, kamu bisa mencoba menghindarkan teman-teman disekitarmu dari wabah stress. Wkwk.

1Olahraga

lighthouse-indonesia.com

Cara pertama untuk menghindari stress adalah dengan melakukan olahraga secara rutin.

Banyak peneltian yang menyatakan bahwa olahraga adalah salah satu aktifitas yang mampu mengurangi dan menghindari seseorang dari stress.

2Mandi

www.iptek.info

Menurut Psikolog Dr. Joseph Cilona mandi bisa meluruhkan perasaan negatif. Mandi bisa menurunkan kadar hormon stres, jadi ketika kamu stres, cepat-cepat saja ke kamar mandi agar stres mereda.

Mungkin begini, ketika mandi kamu akan menyiramkan air dari atas kepala kemudian air akan mengalir disekujur tubuh sampai kepada bagian kaki.

Disinilah stress dan beban fikiran akan ikut turun bersama air untuk kemudian terbuang begitu saja kesaluran air.

Simpel bukan?

3Meditasi

alitarimbawa.wordpress.com

Meditasi adalah keadaan dimana kamu akan merasa lebih tenang dan nyaman. Ini adalah upaya meningkatkan konsentrasi dan meredakan stress. Meditasi juga ternyata mampu mengurangi depresi dan stress.

Kamu tidak perlu jauh-jauh ke gunung Semeru untuk melakukan meditasi, hehe.

Kalau kamu memiliki salah satu tempat favorit yang tidak terlalu ramai dan bising, kamu bisa mencoba melakukan meditasi ditempat itu. Atau meditasi juga bisa dilakukan ditaman terbuka dan pinggiran kolam renang.

4Tertawa

www.ummi-online.com

Yap! Ketika kamu tertawa tentu yang kamu rasakan hanyalah rasa senang, terutama jika tawa itu tulus dari dalam hati.

Mungkin agak terdengar aneh, tetapi tertawa memang mampu membuat rileks dan bahagia. Tertawa juga ternyata menurunkan tekanan darah loh.

Eits, tapi kamu jangan sampai hilang kendali ya. Kalau kamu tertawa sendiri di eskalator mall mungkin bukan stress mu yang akan hilang melainkan kamu akan semakin dikira orang stress.

Hahaha.

5Positif dan Optimis

www.solusisehatku.com

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berfikir positif akan membuat diri terjauh dari stress dan tekanan. Tentu saja, jika kamu selalu berfikiran negatif hidupmu tidak akan pernah nyaman dan tenang karena selalu mengkhawatirkan hal-hal negatif.

Wah, kalau begitu lebih baik positif selalu saja ya guys.

Rasa optimis dan percaya diri juga dipercaya ampuh menghindari diri dari stress. Maka dari itu selalulah optimis dalam menghadapi segala sesuatu ya guys.

Selamat menjadi manusia yang selalu ceria dan jauh dari stress atau tekanan! Keep smile.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here