Batang siwak memiliki serat batang yang elastis dan tidak merusak gigi walau di bawah tekanan yang keras.

Penelitian terhadap kayu siwak ini menunjukkan bahwa siwak mengandung mineral-mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plak, mencegah gigi berlubang serta memelihara gusi.

Selain menyehatkan, menggunakan siwak juga termasuk ibadah sunnah lho. Sayang kalau tidak kamu coba lakukan. Manfaat secara fisik akan tampak dengan penggunaannya yang rutin, ditambah pahala yang akan kamu dapatkan. Insyaa Allah.

Lalu bagaimana cara kita mendapatkan manfaat dari siwak? Bagaimana cara memilih kayu siwak sampai menggunakannya? Yuk, simak 5 cara berikut ini.

1Kayu Segar

mirajnews.com

Jangan sampai kamu memilih kayu siwak yang sudah layu dan tidak layak pakai. Kayu siwak yang baik yaitu kayu yang masih segar, bukan yang berwarna cokelat kering. Pemilihan kayu siwak ini berkaitan dengan kualitas yang akan diperoleh.

2Tumbuk Ujung Siwak

jempols.wordpress.com

Sebelum siwak siap digunakan, tumbuh ujung siwak hingga serat kayunya menyerupai sikat gigi. Jangan langsung menggunakan siwak saat masih ranting utuh. Selain manfaatnya yang kurang, bentuk ranting utuh akan membuat gusimu terluka.

Oh ya, selain dengan cara ditumbuk, sebetulnya kamu bisa membuat serabut dengan cara menggigit ujung siwak agak lama. Sebelum ditumbuk atau digigit-gigit, kupas dulu kulit rantingnya.

3Tempatkan Siwak dalam Wadah Tertutup

selingkaran.com

Jika kamu hendak bepergian dan membawa siwak, maka masukkan ke dalam wadah tertutup namun tetap memiliki ventilasi udara.

Kelembaban yang tinggi pada wadah tertutup rapat dapat membiakkan bakteri, sehingga berdampak pada sefektivitas siwak yang semakin berkurang.

4Cuci Siwak

warungkopi.okezone.com

Jangan lupa mencuci siwak sebelum digunakan untuk membersihkan gigi. Cuci juga setelah dipakai dan keringkan sebelum siwak disimpan.

5Perawatan Serabut Siwak

abiummi.com

Setelah lima hari atau lebih, potong serabut hasil tumbukan yang menyerupai sikat gigi, kemudian tumbuk kembali untuk mendapatkan serabut sikat siwak yang baru.

Ibarat sikat gigi, jika bulu sikatnya sudah tidak rata lagi, maka efek yang diperoleh pun tidak akan maksimal. Demikian pula engan siwak. Selain terasa tidak nyaman, manfaat yang terkandung di dalam serabut siwak pun akan berkurang.

klinikjoydental.com
klinikjoydental.com

Terapkan penggunaan siwak dengan rutin sebagaimana menggunakan sikat dan pasta gigi pada umumnya untuk mendapatkan hasil terbaik.

SHARE