Back

1. Bahaya Pornografi pada Anak-anak

Siapa belum mengenal Ibu Elly Risman? Beliau adalah seorang ahli psikologi yang beberapa dekade ini begitu concern dengan hal-hal yang berkaitan dengan problematika dan solusi tentang pola pengasuhan orang tua kepada anak yang sering dikenal dengan parenting.

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar dari beliau tentang prinsip-prinsip dasar bagi orang tua dalam mengkomunikasikan hal-hal yang berbau seksualitas kepada anak tanpa harus takut berakibat negatif bagi mereka.

Sebagian dari kita mungkin berpendapat bahwa lebah tak perlu diajarkan bagaimana bereproduksi untuk menghasilkan keturunan. Jadi, manusia pun demikian. Tak perlu untuk diajarkan. Suatu saat pasti akan tahu sendiri.

Sebagian lainnya berpendapat, jika anak diberitahu, justru nantinya akan penasaran dan ingin melakukannya. Sehingga sebagian orangtua merasa tidak perlu pendidikan seks pada anak.

Ada benarnya memang. Namun orangtua perlu paham betul bahwa pendidikan seks bukan mengajarkan tentang bagaimana caranya bereproduksi. Pendidikan seks justru mengajarkan anak bahwa ada bagian tubuh yang tidak boleh diperlakukan sembarangan.

Ilmu tentang pendidikan seks banyak diberikan oleh para ahli. Dan anak-anak bisa mudah mendapatkannya dari internet. Itu kalau mereka tidak bisa mendapatkan dari orang tua. Sedangkan metode ini, justru dapat berbahaya bagi anak-anak kita.

Karena itulah, pastikan hal tersebut sesuai dengan prinsip dasar berikut :

Back