Akhir-akhir ini banyak pemberitaan mengenai kejahatan seksual yang sangat mengerikan. Tak tangung-tanggung kejahatan tersebut sasarannya adalah anak-anak, bahkan pelakunya juga anak di bawah umur.

Kekerasan seksual bisa terjadi kepada siapa saja,terutamapada anak-anak yang masih terlihat polos. Sangat memprihatinkan, maka dari itu orang tua perlu meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap hal-hal yang terjadi pada anak.

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk melindungi anak dari kejahatan seksual.

1Ketahui Kegiatan Anak dalam Kesehariannya

1 ibu dan anak kiki widyasari
https://tripuspitarini.files.wordpress.com

Sebagai orang tua tentu harus tahu apa saja kegiatan anak setiap harinya. Apa saja yang mereka lakukan.

Terutama bagi anak yang sudah aktiv bermain bersama teman-temannya. Tanyakan atau pantau di mana dan bersama siapa saja mereka bermain.

Orang tua sebaiknya juga bisa berperan sebagai ‘teman’ bagi mereka sehingga anak akan merasa lebih terbuka.

Biasakan anak untuk menceritakan keseharian mereka agar anak lebih terbuka dan orang tua dapat memantau aktivitas anak.

2Ketahui Orang-orang di Sekitar Anak

2 lingkungan
https://tripuspitarini.files.wordpress.com

Orang-orang yang dekat dengan anak biasanya adalah keluarga terdekat atau saudara di rumah. Tidak hanya itu, orang tua juga harus tahu siapa saja yang biasanya di sekitar anak.

Misalnya teman-teman mereka dan siapa saja yang mereka kenal. Orang tua dapat mengetahui itu semua dari guru, teman, orang tua teman, dan lain-lain.

Tanyakan juga bagaimana pendapat anak tentang orang-orang yang mereka kenal. Hal ini tentu sangat penting agar kita bisa waspada.

3Mengetahui Pendapat Anak Terhadap Berita

3 penadapat
http://hismadinda.blogspot.com

Orang tua juga perlu memberitahu tentang apa yang terjadi di media, tapi perlu sangat hati-hati sesuaikan dengan usia anak agar mereka mudah memahami.

Caranya bisa menanyakan pada mereka apakah hal-hal semacam ini terjadi di sekolah atau di lingkungan bermain.

Buatlah si anak terbuka dan bersedia menceritakan hal-hal tersebut jika pernah tejadi. Sebab hal itu sangat penting diketahui.

4Ketahui Perubahan yang Terjadi pada Anak

4 mengamati
https://relawan4life.files.wordpress.com

Perhatikan perubahan-perubahan tertentu pada diri anak. Jika terdapat hal yang mengganjal tanyakan apa yang terjadi dan apa yang mereka rasakan, mengapa bisa terjadi dan kapan terjadinya.

5Ajari Tentang Pertahanan Diri

5 pertahanan diri
http://syahlaa.id

Nah, ini adalah hal yang penting yakni mengajari anak untuk melindungi diri mereka sendiri. Orang tua bisa memberi tahu bahwa tidak seorangpun bisa menyentuh bagian tertentu dari tubuh mereka, yang membuat mereka tidak nyaman.

Misalnya termasuk rabaan, pelukan atau hal seperti candaan sambil menggelitiki.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar anak paham tentang kekerasan seksual. Jangan lupa biasakan agar anak selalu menceritakan tentang apa saja yang mereka alami dan beri tahu pada mereka bahwa ayah dan ibu selalu ada untuk mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here