Jika kamu mengantuk tetapi sulit sekali untuk tidur, mungkin kamu sedang mengalami insomnia atau gangguan pada siklus tidur. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor psikologis, tetapi faktor lain juga bisa jadi penyebabnya.

Misalnya saja karena terlalu sering begadang atau stres karena pekerjaan dan terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Gangguan kesehatan lainnya juga bisa menjadi penyebab insomnia.

Mungkin kamu akan mengalami beberapa kesulitan yang disebabkan oleh insomnia ini. Seperti misalnya dipagi hari mood mu akan menurun dan kesegaran untuk menjalani aktifitas berkurang.

Wah, tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi begitu lama bukan? Atau, kamu merasa iri dengan teman sebelah yang sangat mudah untuk tidur dan nyenyak, sehingga dipagi hari ia nampak bugar lagi segar.

Sedangkan kamu mengalami kesulitan untuk tidur padahal kondisi mata sudah sangat mengantuk. Akibatnya pagi hari kamu terlihat lesu dan lemah.

Tapi tenang guys, setelah ini kamu tidak akan mengalami insomnia lagi. Caranya bagaimana? Yuk simak tips untuk menghilangkan insomnia dibawah ini.

1Cobalah Untuk Tidur Pada Jam yang Sama Setiap Malam

www.kumpulanmisteri.com

Cara ini adalah cara yang efektif untuk menghindari insomnia. Hindari begadang dan tidurlah pada waktu yang sudah dijadwalkan.

Ini karena tubuh manusia memang dirancang dengan jam biologis dan membutuhkan tidur yang baik dan teratur.

2Meningkatkan Aktifitas di Siang Hari

intisari-online.com

Dengan lebih aktif dan produktif di siang hari, kamu akan mengalami lelah pada malam harinya. Sehingga ini akan memudahkanmu untuk terlelap tidur dengan nyenyak.

Tentu saja jenis aktifitas yang dibutuhkan adalah aktifitas fisik. Hal ini akan menjadikan peredaran darah lebih lancar dan tubuh akan membutuhkan istirahat untuk itu.

3Khususkan Tempat Tidur Hanya Untuk Tidur

www.kamar-tidur.com

Usahakan jangan pernah membawa pekerjaanmu ke tempat tidur atau menonton televisi dari tempat tidur. Tivi dan komputer adalah salah satu faktor yang paling menyulitkan seseorang mengatasi insomnia.

4Matikan Lampu Saat Tidur

www.satujam.com

Cahaya juga mempengaruhi proses produksi hormon pada tubuh saat sedang tidur. Cahaya terang dapat menghambat proses ini yang pada akhirnya menyebabkan kamu susah tidur.

Akan lebih baik jika kamu mematikan sumber cahaya seperti lampu, tivi, komputer atau bahkan handphone.

Atau kamu bisa menggunakan penutup mata agar tidak ada cahaya yang menembus masuk ke penglihatan.

5Hindari Merokok

www.areadewasa.com

Nikotin dan kafein akan menyebabkan tubuh terjaga sepanjang malam. Ini mengakibatkan kamu kesulitan untuk tidur. Berhenti merokok adalah salah satu cara untuk menghilangkan insomnia yang kamu alami.

Menerapkan hidup sehat akan sangat membantumu dalam menghilangkan insomnia.

6Mandi Air Hangat

www.areadewasa.com

Mandi menggunakan air hangat akan membuat tubuh merasa rileks dan segar. Setelah lelah bekerja seharian, manjakan tubuhmu dengan air hangat. Ini akan memudahkanmu untuk tidur dimalam harinya. Karena tubuh sudah merasa nyaman dan ingin segera beristirahat.

7Tempatkan Leher Pada Posisi Netral

www.dwiandikapratama.com

Jika kamu terbangun dengan leher kaku, mungkin ada kesalahan dalam penggunaan bantal. Bisa jadi kamu menggunakan bantal yang terlalu tebal atau bahkan terlalu tipis.

Gunakanlah bantal dengan ukuran tepat dan nyaman saat digunakan. Ini akan membuat leher merasa nyaman dan memudahkan kamu untuk tidur.

Itulah tadi beberapa ulasan tips menangani insomnia atau kesulitan untuk tidur. Lakukan tips diatas secara teratur agar mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Tapi jika masih saja mengalami insomnia, mungkin itu karena derita status jomblo yang kamu alami. Hiks!

SHARE