Pernahkah kamu begadang hingga larut malam? Begadang merupakan keadaan dimana seseorang terjaga dari tidur sampai larut malam bahkan ada yang hingga pagi. Kita semua tahu bahwa secara normal manusia harus tidur minimal 8 jam sehari.

Akan tetapi saat kita melakukan bagadang hingga larut malam jam tidur kita tentu sangat berkurang. Saat begadang jam tidur yang dimiliki kurang dari enam jam. Pentingnya tidur cukup karena dengan tidur kita dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari rutinitas kegiatan sehari-hari.

Umumnya begadang sering dilakukan oleh para pekerja yang bekerja pada shift malam atau pekerja lembur. Bahkan bagi seseorang yang menjalankan kegiatan setiap malam misalnya mengerjakan tugas atau ngobrol sambil minum kopi bersama teman-teman.

Jika kita tak memiliki aktivitas yang sangat penting untuk tidur larut malam, sebaiknya begadang harus dihindari.

Begadang akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan oragan tubuh. Orang yang sering begadang ia biasanya memiliki mata pucat dan lingkaran hitam dibawah mata.

Selain itu ia mudah pusing, mudah mengantuk, dan hilang konsentrasi. Bahkan efek jangka panajang begadang malam antara lain menyebabkan obesitas, menurunnya sistem imun. Menyebabkan sakit jantung, diabetes, mengakibatkan insomnia.

Insomnia merupakan keadaan yang menyebabkan seseorang untuk sulit tidur. Begitu banyak bahaya begadang, maka dari itu lebih baik kita biasakan disiplin untuk tidak tidur larut malam.

Apakah kamu mempunyai kebiasaan begadang hingga larut malam? Jika bukan untuk hal-hal yang sangat mendesak cobalah atasi keinginan begadang dengan tips berikut.

1Atur Waktu

papasemar.com

Mulailah mengatur waktu dengan cara memilah-milah jenis kegiatan yang kiranya bermanfaat atau penting dan kegiatan yang kiranya tidak penting. Kita harus pandai memanage waktu dengan baik, hal ini maksudnya tentang bagaimana kita bisa mengatur waktu dalam sehari semalam.

Kita dikatakan berhasil dalam mengatur waktu jika kita mampu membuat data dari pekerjaan serta aktivitas dengan terperinci. Agar kita memperoleh data yang rinci kita hendaknya bisa menentukan skala pioritas, mana yang harus diselesiakan dahulu.

2Jadwal Kerja

s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Usahakan pekerjaan kantor ataupun kuliah selesai tepat pada waktunya. Apalagi bagi kamu yang suka menunda-nunda untuk mengerjakan tugas, kurangi kebiasaan tersebut karena bisa mengahambat terselesaikannya tugas-tugas mu.

Pekerjaan yang diselesaikan tepat waktu akan membuat waktu istirahatmu terjadwal dengan baik. Sehingga tak ada alasan untuk begadang hingga larut malam.

3Komitmen untuk Hidup Teratur

santrigaul.net

Pahamilah dengan baik tentang pentingnya istirahat bagi tubuh kita. Istirahat yang cukup dapat mengembalikan kesegaran tubuh, penat yang ada akan hilang, strespun tak akan mengahampiri.

Selain darisegi kesehatan, tidur yang cukup dapat membangun mood seseorang menjadi lebih baik. Lain halnya dengan orang yang kurang tidur, dari sisi psikologi orang yang terbiasa begadang ia akan gampang marah, gelisah bahkan mengalami stres atau depresi.

Sehingga ini adalah poin penting bagi kita untuk berkomitmen hidup teratur karena tubuh perlu melakukan regenerasi dan detokfikasi.

4Buat Suasana Tidur yang Nyaman

desainrumahkeren.com

Mungkin dengan menciptakan suasana tempat tidur yang nyaman membutamu lebih berhasrat untuk segera tidur.

Agar tidur nyaman, redupkan atau bahkan matikan lampu kamarmu. Kamu bisa melakukan perombakan suasana kamar dan membersihkannya agar tak ada debu.

5Konsumsi Makanan Sehat Agar Cepat Tidur

ecs4.tokopedia.net

Jika kebiasaan begadangmu berakibat pada penyakit susah tidur (insomnia), salah satu cara mengatasinya adalah dengan menyantap beberapa jenis makanan yang memiliki manfaat untuk mengatasi sulit tidur kamu.

Makanan yang dapat kamu konsumsi antara lain buah ceri, susu, roti gandum, dan cokelat. Sebuah buah penelitian menemukan bahwa megkonsumsi buah ceri dapat meningkatkan kualitas tidur sesorang dan menyembuhkan insomnia.

Sedangkan susu memiliki manfaat untuk membuat badan lebih hangat sehingga merangsang tubuh untuk lebih cepat tertidur. Roti gandum yang kaya akan kandungan karbohidrat membuat kamu cepat mengantuk.

Selanjutnya cokelat memiliki kandungan hormon serotoin yang membantu tubuh dan pikiran tetap rileks sehingga membantu meningkatkan kualitas tidur.

Demikian beberapa cara mengatasi keinginan untuk begadang. Usahakan kamu meimiliki waktu tidur yang sehat. Agar kesehatan tubuh cukup terjaga, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here