Sakit yang lazim datang kepada siapa saja salah satunya adalah sakit kepala. Sakit kepala kadang datang tanpa permisi.

Saat sedang melakukan aktivitas penting, sakit kepala datang menyergap. Sehingga kita terpaksa menghentikan sejenak segala aktivitas.

Sakit kepala sendiri bisa jadi memang ada masalah di bagian kepala. Bisa juga sakit kepala adalah tanda-tanda penyakit lainnya seperti anemia atau flu.

Sakit kepala sendiri juga bermacam-macam. Ada yang disebut sakit kepala cluster, sakit kepala migrain, sakit kepala berkepanjangan, sakit kepala vertigo dan lain-lain.

Langkah pengobatan untuk setiap jenis sakt kepala sebagaian ada yang berbeda. Jadi sebelum memilih obat mana yang akan kamu makan, sebaiknya kamu pastikan terlebih dahulu jenis sakit kepala mana yang saat ini kamu rasakan.

Namun secara umum ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan kala sakit kepala datang. Obat atau pereda sakit kepala ini tak mesti mahal atau sulit. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan di sekitar kamu untuk obat sakit kepala.

1Segera Minum Air Putih

gigisusu.net

Salah satu penyebab dari sakit kepala adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh karena itu jika kamu sakit kepala, cara termudah untuk menyembuhkannya adalah dengan memperbanyak mengonsumsi air putih.

Air jelas sangat penting bagi tubuh kita. Mayoritas bagian tubuh kita terdiri dari air. Jika sampai dehidrasi maka akan ada sinyal ke otak ada yang tidak beres. Salah satu respons tubuh saat dehidrasi adalah sakit kepala.

Kemudian untuk mencegahnya, pastikan kamu selalu minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari agar terhindar dari sakit kepala.

2Makan Kentang

source: radaronline.co.id

Selain kekurangan cairan, sakit kepala juga terjadi akibat tubuh yang kehilangan elektrolit seperti kalium.

Kentang merupakan salah satu umbi yang banyak mengandung kalium. Oleh karena itu, kentang dapat anda jadikan sebagai salah satu pengobatan alami yang dapat menyembuhkan sakit kepala.

Cara memasaknya adalah dengan mengukusnya, bukan menggorengnya. Bisa juga dengan membakar sekalian dengan kulitnya. Cara ini terbukti manjur untuk pengobatan sakit kepala.

3Konsumsi Pisang

sunpride.co.id

Buah pisang mempunyai banyak manfaat. Selain kaya akan potasium ternyata pisang juga kaya akan magnesium yang dapat membantu meredakan migrain.

Nah, jika sakit kepala menyerang, kamu bisa memakan buah pisang untu mengurangi rasa sakit pada kepala. Konsumsi secukupnya agar migrain segera hilang

4Kompres Es

thesgem.com

Jika sakit kepala datang, bukalah lemari es kamu. Kamu bisa menggunakan es batu sebagai obat yang manjur.

Gunakan kompres es batu untuk meredakan sakit kepala yang kamu derita. Caranya sangat mudah yaitu dengan membungkus beberapa potong es batu dalam sebuah waslap kemudian menempelkannya pada daerah kepala yang terasa pusing.

Es batu akan menyebabkan mati rasa pada daerah kepala yang terasa sakit, sehingga akan mengurangi rasa sakit kepala.

5Makanan Kaya Mint

www.healthyfoodelements.com

Bahan makanan atau minuman yang mengandung mint bisa menjadi solusi sakit kepala. Kandungan mentol pada mint akan membuat kepala kamu menjadi rileks sehingga sakit kepala anda akan cepat teratasi.

Beberapa jenis makanan yang mengandung mint adalah permen. Sementara untuk minuman bisa kamu konsumsi teh pepper mint.

6Lakukan Streching

coachingamericansoccer.com

Streching merupakan gerakan pergangan (senam). Sakit kepala juga dapat disebabkan oleh otot-otot yang tegang, jadi jika anda sakit kepala.

Cobalah untuk melakukan gerakan-gerkan senam, atau bisa juga dengan melakukan yoga. Juga bisa dilakukan pijat refleksi di bagian sakit kepala.

Otot yang tegang akan mudah menyebabkan sakit kepala datang. Cara perenggangan ini sangat cocok kamu lakukan tiap 10 menit bagi yang bekerja di depan komputer.

7Hindari Stres

universitypost.dk

Salah satu penyebab timbulnya sakit kepala adalah otak yang terlalu stres. Karena terlalu banyak pikiran yang membebani akhirnya timbullah penyakit sakit kepala.

Untuk itu, jika kamu ingin terhindar dan sembuh dari sakit kepala, maka hindari stres dan lakukan relaksasi dengan berjalan-jalan atau hal menyenangkan lainnya.

8Tidur Teratur

iberita.com

Tahukah kamu terlalu banyak tidur itu salah, namun kurang tidur juga salah, karena tidur itu harus normal.

Manusia tidak bisa bekerja selama 24 jam, karena manusia bukan robot. Usahakan tubuh kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup misal 7-8 jam sehari agar anda terhindari dari yang namanya sakit kepala.

Tidur juga harus berkualitas. Sebisa mungkin saat tidur jauhkan diri dari hal-hal yang bisa mengganggu seperti smartphone, laptop, televisi dan suara-suara berisik lainnya.