Big is beautiful. Kalimat ini terkenal sebagai penghibur bagi kamu yang berpostur besar agar tetap percaya diri. Namun kenyataannya tak selalu demikian. Banyak orang yang minder memiliki postur besar.

Saat kamu berniat untuk mengecilkan badan, akan lebih baik jika kamu memperbaiki niatmu. Perbaiki niatmu dengan mengecilkan badan untuk hidup yang lebih sehat.

Jika kamu hanya meniatkan memperbaiki penampilan maka kamu akan cenderung memilih cara instan mengecilkan berat badan seperti sedot lemak dan meminum obat-obatan pelangsing dari bahan kimia.

play.google.com
play.google.com

Sebaliknya, jika kamu meniatkan mengecilkan badan untuk kesehatan, kamu akan memilih cara-cara sehat. Mengecilkan badan dengan cara sehat tak hanya tentang hasil badan yang langsing, namun juga kebiasaan hidup sehat yang berkelanjutan.

Kebiasaan hidup sehat ini tentu saja harus tetap dipertahankan meskipun berat badan ideal yang kamu idamkan telah dicapai. Berikut ini beberapa tips cara aman dan sehat mengecilkan berat badan.

1Hindari Makan Malam

www.surgakuliner.com

Sudah bukan rahasia bahwa makan malam yang berlebihan adalah penyebab paling dominan kegemukan. Saat malam hari tubuh kita tidak terlalu melakukan banyak aktivitas, sehingga seharusnya asupan makanan juga dibatasi.

Terlebih bagi kamu yang sering begadang menyelesaikan tugas kuliah ataupun lembur pekerjaan. Biasanya hampir tengah malam kamu mencari makan untuk mengisi perut yang keroncongan.

Alhasil mie instan adalah pahlawan bagi orang-orang yang begadang. Padahal selain mengandung kalori yang tinggi, mie instan juga tidak sehat jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Sebagai tips, gantilah menu makan malam dengan makanan yang tidak terlalu banyak mengandung kalori seperti buah-buahan segar dan sayuran yang direbus.

Jangan lupa untuk mengawali dengan meminum air putih satu gelas agar kamu cepat merasa kenyang dengan makanan-makanan rendah kalori tersebut.

2Makan Makanan Sehat

www.watiratna254.wordpress.com

Kesibukan yang padat membuatmu memilih memenuhi semua kebutuhan dengan waktu yang singkat. Begitu juga dengan hal makanan. Makanan cepat saji dan enak adalah pilihan utama orang-orang yang memiliki kesibukan tinggi.

Padahal makanan cepat saji seperti french fries, burger, pizza, dan lain-lain mengandung lemak tinggi.

Jika kamu ingin mengecilkan badan, gantilah makananmu dengan makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Bawalah bekal dari rumah untuk dimakan saat makan siang di kantor seperti rebusan wortel, kentang, dan brokoli.

3Hindari Cara Memasak dengan di Goreng

www.intisari-online.com

Makanan yang digoreng memang memiliki rasa yang gurih sehingga lebih disukai dibandingkan direbus atau dikukus. Sebenarnya makanan yang digoreng mengandung lemak yang lebih banyak.

Lemak diubah menjadi ATP atau energi yang lebih banyak dibandingkan karbohidrat dan protein. Jika kamu mengkonsumsi banyak lemak, maka kelebihan lemak yang tidak diubah menjadi energi tersebut bertumpuk dalam tubuh.

Gantilah cara memasak makanan yang kamu konsumsi dengan direbus atau dikukus. Sebenarnya ada cara memasak yang lain yaitu dibakar. Namun cara dibakar memberikan zat karsinogenik yang lebih banyak.

4Tingkatkan Aktivitas Fisik Terutama Olahraga

www.nandojuliandra.blogspot.com

Aktivitas fisik adalah hal yang mutlak dilakukan bagi kamu yang ingin mengecilkan badan. Kelebihan lemak dalam tubuh dapat dibakar dengan banyak melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

Lemak-lemak tersebut dibakar menjadi energi dan keringat. Selain olahraga, kamu juga dapat meningkatkan aktivitas fisik dengan mengatur aktivitas. Sebagai contoh lebih memilih berjalan kaki saat pergi ke tempat yang dekat.

5Kurangi Porsi Makan

www.missnyingnying.wordpress.com

Pembakaran lemak menjadi energi hanya dapat dilakukan jika kalori yang dibutuhkan untuk beraktivitas lebih besar dibandingkan kalori dari makanan yang kita konsumsi.

Oleh karena itu kurangi porsi makan untuk meminimalkan asupan kalori di dalam tubuh kita.

SHARE