Memiliki tubuh yang langsing dan ideal adalah idaman setiap wanita. Termasuk memiliki ukuran paha dan betis yang kecil serta sempurna. Beberapa penyebab betis menjadi besar adalah adanya tumpukan lemak pada area betis.

Betis merupakan bagian dari kaki yang memiliki fungsi cukup penting dalam mengatur gerakan kaki seperti berjalan, berlari, melompat, membungkuk dan lain sebagainya.

Otot-otot di sekitar betis bekerja sama saling tarik menarik agar kita dapat melangkahkan atau menggerakkan kaki dengan mudah.

Sebenarnya betis dengan ukuran besar memliki keuntungan tersediri. Yaitu lebih kuat dalam menopang badan. Namun ukuran betis yang kecil akan menambahkan rasa percaya diri khususnya bagi kaum wanita.

Para pria seringkali menganggap betis sebagai salah satu bagian tubuh wanita yang paling menarik. Itulah kenapa banyak wanita yang terobsesi mengecilkan ukuran betis dan pahanya.

Perlu diketahui betis merupakan bagian dari kaki memiliki fungsi yang cukup penting dalam mengatur gerakan kaki seperti berjalan, berlari, melompat, membungkuk dan lain sebagainya.

Otot-otot di sekitar betis bekerja sama saling tarik menarik agar kita dapat melangkahkan atau menggerakkan kaki dengan mudah. Dari segi penampilan, betis pria umumnya berukuran besar dengan otot yang menonjol.

Sedangkan betis wanita umumnya kecil dan melengkung. Para pria seringkali menganggap betis sebagai salah satu bagian tubuh wanita yang paling menarik. Sehingga ketika wanita memiliki betis besar dan paha yang besar tentunya akan mengganggu penampilan mereka.

Berikut adalah hal-hal yang harus kamu lakukan untuk mengecilkan ukuran paha dan betis kamu dalam 7 hari.

1Memperhatikan Asupan Makanan

duniainformasikesehatan.com

Hindari mengonsumsi obat-obatan instan untuk mengurangi berat badan ataupun mengecilkan ukuran paha dan betis. Akan lebih alami dan sehat jika kamu mengatur ulang pola makanan kamu sehari-hari.

Makanan yang diolah sendiri lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya. Ini akan membantu meningkatkan kualitas metabolisme tubuh dan secara tidak langsung akan membantu proses pengecilan paha dan betis.

2Perbanyak Minum Air Putih

info-bogor.com

Dua liter air putih setiap hari dapat membantu mengencerkan dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Minumlah air putih dan hindari meminum minuman kaleng atau instan yang mengandung pemanis buatan dan soda.

3Konsumsi Teh Hijau

glarehouse.com

Zat Katekin yang terdapat pada teh hijau bermanfaat sebagai pengikis lemak dalam tubuh. Minum teh hijau setidaknya sehari sekali mampu membantu mengurangi lemak termasuk yang berada pada area betis dan paha.

4Mengganti Minyak Goreng

reps-id.com

Jika kamu sering menggunakan minyak jenuh, maka beralihlah dengan menggunakan minyak goreng dari jagung, kacang tanah, dan lain-lain. Ini karena minyak jagung tidak mengandung protein dan karbohidrat serta mengandung vitamin E dan antioksidan.

Hal-hal diatas masih belum sempurna jika tidak diiringi dengan olahraga rutin. Berikut adalah beberapa olahraga yang harus kamu lakukan untuk mengecilkan ukuran paha dan betis.

5Melakukan Calf Raises Setiap Pagi

popsugar.com

Calf Raises adalah sebuah olahraga yang dilakukan secara berdiri dengan posisi tegak sembari merapatkan kaki. Kemudian naikkan tumit hingga berat badan bertumpu pada jari, tahan delapan hitungan kemudian turunkan kembali.

Ulangi gerakan ini sebanyak deapan kali. Lakukan secara rutin setiap pagi hari sebelum anda beraktifitas.

6Rutin Memijat Betis

id.aliexpress.com

Memijat adalah salah satu cara mudah untuk mengecilkan ukuran betis. Duduklah dengan posisi bersila dan senyaman mungkin, kemudian mulailah memijit otot betis mulai dari pergelangan kaki hingga bagian lutut menggunakan telapak tangan.

Lanjutkan dengan meluruskan kaki dan mulai memijit dibagian paha. Lakukan secara rileks dan santai. Aktifitas ini selain akan mengecilkan betis dan paha juga berfungsi memasok oksigen ke otot yang ada di area tersebut.

7Bersepeda

http://www.gilasport.com

Cara mengecilkan paha dan betis juga bisa dilakukan dengan bersepeda. Olahraga ini bisa menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan karena bisa dilakukan bersama dengan anggota keluarga atau rekan-rekan.

Bila perlu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas sepeda onthel agar latihan ini bisa jadi ajang silaturahmi sekaligus bermanfaat untuk memperindah bentuk kaki.

8Hindari Pakai High Heels Terlalu Lama

caramenurunkanberatbadan9.com

Memakai high heels terlalu lama membuat otot betis tertarik ke atas, sehingga menyebabkan betis membesar. Lebih baik gunakan sepatu yang tidak terlalu tinggi sehingga posisi tumit dan telapak kaki sejajar.

Cara-cara tersebut harus dilakukan secara teratur dan sesuai porsi. Ini akan membantumu lebih cepat dalam proses mengecilkan ukuran paha dan betis.

9Renang

BlogUMYCommunity.com

Ini merupakan olahraga air yang sangat baik untuk menjadikan tubuh lebih bugar. Ketika tubuh melakukan gerakan renang, maka semua anggota tubuh ikut bergerak. Jadi olahraga ii sangat cocok untuk memperindah bentuk tubuh termasuk bagian kaki seperti betis dan paha.

Untuk kamu yang belum terbiasa renang atau belum bisa, tak perlu khawatir karena olahraga ini bisa dipelajari. Kamu bisa berlatih renang dengan panduan instruktur renang agar latihan yang kamu lakukan benar dan bermanfaat untuk menjadikan bentuk kaki lebih indah.

10Split Squat Jump

WorkoutLabs

Cara selanjutnya yaitu dengan gerakan yang disebut Split Squat Jump. Berupa gerakan dimana posisi kita berdiri dengan posisi tegak. Kaki kanan maju ke depan dan kaki kiri ditekuk hingga bagian lutut menyentuh lantai.

Kemudian lompatlah setinggi mungkin. Ketika mendarat, gantilah posisi kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Ulangi delapan kali. Lompat tali juga dapat menjadi cara yang efektif untuk mengecilkan betis. Lakukan latihan lompat tali sekitar 15 menit setiap hari.

Mengecilkan betis dan paha secara alami dalam arti tanpa operasi atau obat-obatan tetap menjadi cara terbaik mengecilkan betis yang bisa dilakukan agar mendapatkan bentuk betis yang indah nan ramping.

11Gerakan Calf Raises

Bodybuilding.com

Beberapa latihan olahraga tertentu dapat langsung menarget otot-otot sekitar betis, membentuknya menjadi seperti yang diinginkan. Namun cara ini harus diimbangi dengan pola makan yang sehat agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Gerakan pertama disebut Calf Raises. Berdiri dengan posisi tegak, rapatkan kaki. Naikkan tumit hingga berat badan bertumpu pada jari, tahan delapan hitungan kemudian turunkan kembali. Ulangi delapan kali.

12Penyebab Paha dan Betis Besar

http://www.caramenurunkanberatbadan9.com

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan paha menjadi besar yakni karena penumpukan lemak. Tak hanya itu saja, masih banyak lagi faktor penyebabnya.

Faktor genetik memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan bentuk tubuh anda,
termasuk bagian paha. Tak hanya itu saja, bentuk tubuh juga memiliki peran penting
terhadap ukuran paha.

Bentuk pantat dan paha yang besar sering dialami oleh wanita yang memiliki bentuk tubuh pir atau pear shaped. Sementara wanita yang memiliki bentuk tubuh cone shaped memiliki paha dan kaki yang lebih ramping.

Selanjutnya faktor lemak. Faktor lemak bisa dialami oleh siapa pun, termasuk oleh wanita yang memiliki tubuh ramping sekalipun.

Bila kamu merupakan wanita dengan tubuh ramping dan memiliki tubuh yang ideal tetapi setiap harinya kamu mengkonsumsi makanan yang berlemak, maka pada akhirnya kamu pun juga akan memiliki paha yang berukuran besar. Jadi, kamu perlu membakar lemak dipaha dengan cara yang tepat.

Perlu kamu tahu bahwa sering berjalan dengan mata kaki maka akan memicu otot betis naik ke atas. Untuk itulah jika kamu tidak ingin betis menjadi besar, maka sebaiknya hindarilah aktivitas yang memaksamu menumpukan berat badan pada ujung mata kaki. Hal ini termasuk berjalan menggunakan high heels.

Kemungkinan lain yang memicu otot betis besar yaitu banyaknya lemak di daerah ini. Setiap orang memang bisa saja menghadapi masalah ini. Sayangnya, daerah ini memang kerap menjadi suatu tempat pergeseran lemak terakhir ketika menurunkan berat badan.

Dalam hal inilah kamu harus bisa bersabar karena kemungkinan tempat ini menjadi tempat terakhir untuk pergeseran lemak dari tubuh. Saat kaki dan paha sudah ramping, maka tentunya kamu tidak perlu lagi merasa minder.

Tidak sedikit memang wanita yang cenderung minder dengan masalah betis besar. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa sebenarnya ada dua wanita ternama seperti Masha Barton dan Katie Holmes yang masih terlihat menarik, walaupun memiliki betis yang besar.

Karenanya, meskipun kemungkinan besar kamu tidak bisa mengecilkan betis, maka fokuslah di bagian-bagian tubuh penting lainnya yang bisa membuat diri kamu terlihat menarik.

13Tips Penampilan Bagi Pemilik Betis Besar

GreekReporter.com

Jika kamu kepincut dengan gaun berpotongan pendek, bisa disiasati kok. Kamu akan tetap terlihat cantik dengan gaun model ini.

Caranya, pilih gaun dengan motif yang unik sehingga bisa mengalihkan perhatian orang dari kaki dan jadi lebih fokus dengan model baju yang dikenakan. Atau kamu juga bisa mengenakan gaun dengan warna pastel dengan tambahan aksen dan detil yang lucu.

Upayakan memakai stoking. Nah yang ini juga bisa membantu memberi kesan kaki yang lebih ramping. Kenakan deh stoking dengan warna gelap untuk menyempurnakan penampilan.

Alih-alih memakai bawahan yang ketat, mendingan pillih bawahan yang pas dikenakan. Mengenakan bawahan ketat seperti legging cuma membuat kaki terlihat semakin jelas besarnya.

Memakai rok mini juga akan membuat kaki anda terlihat jelas besarnya. Untuk bawahan, pilihan yang aman adalah celana panjang atau celana ¾, atau rox maxi juga bisa jadi pilihan ok.

Beberapa model busana yang sebaiknya juga dihindari adalah celana model plazzo, celana model cut bray dan celana hispter. Celana model seperti ini juga hanya akan membuat kaki terlihat pendek dan gemuk.

14Makanan dan Minuman Untuk Mengecilkan Betis

RebelMouse.com

Jus buah segar dan susu murni dapat membantu anda untuk melangsingkan tubuh. terutama dapat menjadi cara mengecilkan paha dan lengan, cukup masukan jus dan susu murni dalam menu makanan diet sehat anda, maka, secara bertahap betis, pinggul, lengan dan paha akan mulai mengecil.

Jenis buah yang baik di gunakan sebagai cara mengecilkan paha dan bokong secara alami adalah pepaya dan pisang.

Selain itu, mengkonsumsi pepaya dan buah pisang secara rutin akan membantu melancarkan pencernaan, sehingga tidak terjadi penumpukan lemak pada bagian tubuh tertentu.

Jika menginginkan bentuk paha yang ramping dan kencang, sebaiknya hindari mengonsumsi junkfood atau makanan yang mengandung banyak lemak. Pilih makanan sehat seperti ikan yang dimasak steam dengan sayur atau aneka buah-buahan.

Jangan lupa untuk mengurangikarbohidrat berwarna putih dan menggantinya dengan karbohidrat coklat, seperti nasi merah atau roti gandum.

Minum air mineral paling tidak delapan gelas perharinya. Kebiasaan ini akan membantu tubuh mengeluarkan racun dan meningkatkan proses penurunan berat badan. Minum air juga membuat fungsi tubuh bekerja lebih baik.

Teh hijau mengandung zat katekin yang sangat hebat dalam mengikis lemak dalam tubuh. Rutinlah minum the hijau paling sedikit satu kali dalam satu hari untuk mengikis lemak disekitar perut dan paha.

Kamu dapat makan yoghurt Yunani untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam perut dan dapat membantu menghindari perut kembung. Yogurt Yunani lebih baik dari yoghurt biasa karena dalam proses dapat menghasilkan lemak dan gula yang lebih rendah.

Sebagai makanan tinggi protein, yoghurt Yunani membantu menstabilkan insulin, hormon yang berhubungan dengan penyimpanan kalori. Yogurt Yunani memiliki kandungan protein yang tinggi yang dapat membantu merasa kenyang lebih lama.

Yogurt Yunani bukan berarti yogurt ini benar berasal dari Yunani. Tapi ini adalah salah satu cara untuk menikmati yogurt yaitu menyantapnya secara polos, yaitu yogurt tanpa campuran apa-apa.

Buah alpukat memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang mengandung asam amino selain lesitin, yang membantu dalam mencegah kesehatan jantung.

Selain itu dapat bermanfaat bagi kesehatan otak untuk membantu mempertajam memori. Alpukat bisa dimakan langsung atau sebagai tambahan salad dan berbagai makanan ringan.

Buah alpukat ini memiliki kandungan folat yang banyak dan sangat tonggi, Kandungan folat tesebut sangat bermanfaat untuk mencegah serangan Stroke. Dengan banyak mengkomsumsi buah aplukat, Berkemungkinan Serangan stroke akan lebih Diminimalisir.

Alpukat dapat juga mengobati penyakit maag yang sedang menyerang anda.
Kandungan beta-sitosterol di dalam buah aplukat ini sangat tinggi, senyawa ini telah tebukti sangat ampuh menurunkan kadar kolesterol. Masih banyak lagi khasiat buah alpukat untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Sudah menjadi rahasia umum, mengkonsumsi makanan tersebut di atas secara teratur apalagi bagi orang-orang yang sangat sibuk sangat sulit untuk dilakukan. Bagi kamu yang sangat malas untuk melakukan itu semua, ada solusinya.

Siapa sangka jika buah bulat berukuran kecil ini mengandung manfaat besar bagi kecantikan. Buah anggur bisa mengubah timbunan lemak di paha dan betis hanya dengan rutin mengonsumsinya.

Mengonsumsi makanan berserat sebaiknya perlu diimbangi oleh makanan yang mengandung protein yang cukup. Hal ini untuk menyeimbangkan pengolahan makanan dalam tubuh.

Protein yang dikonsumsi bisa menigkatkan metabolisme sehingga lemak mudah dicerna dan tidka tertimbun.

15Membentuk Betis Indah

Sikeke.com

Betis yang besar karena adanya timbunan lemak dapat dikencangkan dengan biomesosdupture dan aquapunture. Treatment seperti apa itu?

Betis menjadi perhatian utama wanita. Maklum, bentuk betis yang indah menjadi daya tarik tersendiri dari seorang wanita. Namun, sebagai bagian dari kaki yang berperan besar untuk berjalan, betis memiliki otot yang umumnya bertekstur lebih keras.

Belum lagi adanya timbunan lemak di daerah itu sehingga membuat bentuk betis kurang ideal.

Untungnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk membentuk betis jadi lebih indah. Selain dengan exercise, juga bisa dengan treatment khusus membentuk betis indah. Selain dengan exercise, juga bisa dengan treatment khusus betis indah yaitu biomesosclupture dan aquapunture.

Dikatakan PR Manager CBC Beauty Center Jakarta Citra Kasri, kedua treatment tersebut dapat mengecilkan betis.

Biomesosculpture dilakukan dengan cara sedot dan lepas menggunakan alat biomesosculpture tanpa intervensi obat dan jarum sehingga melenturkan otot-otot di betis. Sedangkan aquapunture adalah teknik pengecilan betis dengan cara menyuntikkan obat ke dalam betis.

Treatment biomesosculpture dan aquapunture adalah satu kesatuan yang saling mendukung. Memang, kedua treatment itu bisa dilakukan sendiri-sendiri. Tapi, untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya keduanya harus dilakukan.

Biomesosculpture dan aquapunture saling melengkapi. Karena, perawatannya dilakukan dari luar dan dalam. Treatment biomesosculpture ditujukan untuk mempermudah dilakukannya aquapunture, karena pada dasarnya biomesosculpture berfungsi merilekskan otot-otot betis.

Sebenarnya biomesosculpture dan aquapunture punya kelebihan tersendiri. Misalnya, saat betis kencang, beberapa orang tertentu ada yang tidak bisa langsung menerima suntikan obat dari aquapunture. Karena itu, perlu dilakukan biomesosculpute lebih dulu. Setelah itu, baru disuntikan cairan penghancur lemak yang dibuat dari herbal.

TAHAPAN PROSES

Treatment untuk memperindah betis tidak membutuhkan waktu lama, sehingga sangat cocok untuk mereka yang sibuk dan tidak punya waktu banyak. Berikut tahapannya

Pengukuran Lingkar Betis

Pengukuran dilakukan dari pangkal betis (lutut bagian belakang) 10 sentimeter ke bawah untuk mendapatkan titik tengah. Kemudian baru diukur diameter lingkar betisnya. Pengukuran ini dilakukan untuk mendapatkan ukuran lingkar betis sebelum treatment. Sehingga bisa diketahui seberapa kurang ukuran lingkar betis setelah menjadi treatment.

Penggunaan Biomesosculpture

Tahap kedua adalah penggunaan alat biomesosculpture. Tapi sebelumnya betis diolesi dengan tami del. Gel tersebut berfungsi sebagai mediator dari alat biomesosculpture. Gel akan memberikan efek panas, sekaligus sebagai penghancur lemak.

Setelah diolesi gel, baru dilakukan 30 kali penekanan menggunakan alat biomesosculpture untuk memecah sel-sel lemak di betis menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Jadi alat biomesosculpture akan membantu memasukkan gel ke dalam betis. Tahap ini dilakukan selama kurang lebih 20 menit.

Aquapunture

Setelah sel-sel lemak di betis hancur, selanjutnya dilakukan aquapunture, yaitu dengan menyuntikkan cairan khusus. Penyuntikan dilakukan di titik-titik akupunture yang ada di betis, kurang lebih empat titik. Penyuntikan dititik-titik akupunture ini dilakukan agar cairan yang disuntikkan lebih cepat kerjanya.

Wrapping Betis

Dalam posisi berdiri, betis akan dibungkus menggunakan plastic wrapping selama minimal 20 menit. Bila dilakukan lebih lama, tentu akan memberikan hasil yang lebih bagus.

Treatment biomesosculpture dan aquapunture aman dilakukan dan tidak ada efek sampingnya. Biomesosculpture hanya dilakukan dengan intervensi alat dari luar. Tidak ada obat atau substansi kimia yang masuk. Sedangkan aquapunture dilakukan dengan menyundtikan cairan herbal, sehingga aman.

Meski begitu, yang perlu diingat ibu hamil dan penderita varises jangan menjalani treatment ini. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan treatment tiga kali seminggu hanya dengan para ahlinya.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan :

Untuk menjaga betis tetap indah, ada beberapa hal harus diperhatikan. Berikut ini diantaranya:

  • Hindari berdiri Terlalu Lama. Berdiri terlalu lama dapat menyebabkan betis besar. Bila pekerjaan menuntut banyak berdiri, siasati dengan memakai supportive stocking.
  • Hindari pakai High Heels terlalu lama. Memakai high heels terlalu lama membuat otot betis tertarik ke atas, sehingga menyebabkan betis membesar. Jika harus memakai high heels setiap hari, lepaskan ketika duduk.
  • Rilekskan Kaki. Lakukan pemijatan untuk membuat otot-otot betis kencang dan rileks. Atau, bila kaki terasa pegal setelah beraktivitas, ketika tidur naikkan kaki ke dinding selama 15 menit, dan biarkan mata terpejam.
  • Lakukan exercise. Betis yang indah berasal dari otot-otot kaki yang sehat, karena itu luangkan waktu untuk melakukan exercise guna memperkuat otot-otot betis. Latihan diperlukan agar betis tidak kendur atau bergelambir. Latihan ini sebaiknya dilakukan oleh siapa pun, tidak peduli yang betisnya besar atau sudah indah.

16Ukuran Betis dan Paha Ideal

Health – Liputan6.com

Umumnya ukuran betis dan paha ideal tergantung dengan ukuran berat badan. Nah sekarang bagaimana caranya menghitung berat badan? Apakah sudah masuk kategori ideal atau belum.

Cara hitungnya tidak terlalu sulit, bahkan bisa dilakukan sendiri. Baiklah mari kita bahas bagaimana cara menghitung berat badan dengan rumus-rumus tersebut.

Jadi bagi yang ingin mempunyai tubuh yang ideal, jangan berpatokan dengan angka di atas timbangan. Karena banyak sekali faktor yang mempengaruhi naik atau turunnya berat badan.

Rumus BMI (Body Mess Index) atau biasa juga disebut IMT (Indek Massa Tubuh) sering kali di jadiak acuan untuk mengetahui berat badan seseorang. Rumus ini memadukan perhitungan antara tinggi dan berat badan seseorang. Sehingga hasilnya akan menjadi berat badan ideal orang tersebut. Berukut ini rumusnya:

Berat Badan Ideal  = Berat Badan (Kg) : (Tinggi badan x Tinggi badan)

Sebagai Contoh:  Berat badan anda 50 kg : (1,68 m x 1,68 m) = 45 : 2,82 = 17,0 adalah Nilai BMI kamu.

Standar BMI Untuk Wanita

<18       =  kekurangan berat badan/kurus
18 – 25  =  Berat badan normal atau ideal
25 – 27  =  kelebihan berat badan
> 27      =  Obesitas, sebaiknya segera lakukan program penurunan berat badan.

Standar BMI Untuk Pria

<17        =  kekurangan berat badan/kurus
17 – 23   =  Berat badan normal atau ideal
23 – 27   =  kelebihan berat badan
> 27       =  Obesitas, sebaiknya segera lakukan program penurunan berat badan

Sayangnya metode BMI atau indeks masa tubuh tidak dapat digunakan untuk mengukur kadar lemak tubuh.

Karena dalam kenyataannya terdapat beberapa kasus bahwa ada orang yang justru berat badannya naik setelah fitnes, namun ada juga yang justru berat badannya turun setelah fitnes. Hal ini disebabkan karena berat badan dapat dipengaruhi oleh lemak dan otot tubuh.

Seseorang yang massa ototnya bertambah besar karena fitnes, maka berat badannya akan bertambah naik. Begitu juga orang yang kelebihan atau kekurangan lemak, maka dapat mempengaruhi berat badannya.

Bedanya adalah timbunan lemak adalah tidak sehat dan lemak tidak bisa memberikan bentuk tubuh indah.

Lantas bagaimana mengetahui berat badan ideal? Sebaiknya kamu jangan terpaku dengan angka.

Kamu dapat melihat ke cermin tentang bagaimana bentuk tubuh kamu. Apakah masih terlihat perut buncit atau lengan bergelambir? Apakah kamu sudah puas dengan bentuk tubuh sekarang atau masih ingin langsing?

Kamu dapat mengukur kadar lemak tubuh menggunakan alat khusus fat monitor. Kadar lemak normal untuk cowok adalah 15-20% sedangkan cewek 20-25%. Kadar lemak yang dapat dikatakan bagus sehingga bisa membuat tubuh lebih berbentuk adalah 10-15% untuk cowok dan 15-20% untuk cewek.

Pada saat berlatih fitnes, tanpa disadari kamu melakukan dua hal. Pertama menambah massa otot dan kedua adalah mengurangi jumlah lemak tubuh.

Jika massa otot bertambah besar, maka berat badan akan naik namun tubuh lebih berbentuk. Sebagai contoh, jika massa otot kamu bertambah 1kg dan lemak berkurang 1kg, maka berat badan kita tidak akan berubah pada angka timbangan. Namun ukuran celana kita akan berkurang.

Jadi bagi kamu yang ingin mempunyai tubuh yang ideal, jangan berpatokan dengan angka di atas timbangan. Karena banyak sekali faktor yang mempengaruhi naik atau turunnya berat badan.

SHARE