Memiliki tubuh yang ideal adalah dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Akan timbul rasa percaya diri yang tinggi ketika kita memilki tubuh yang ideal.

Salah satu bagian yang biasanya terlihat ‘besar’ adalah bagian paha. Memang paha dan perut adalah bagian yang menjadi timbunan lemak.

Bagian tubuh tersebut agak sulit untuk dikecilkan, dan membutuhkan ketelatenan agar bisa kecil. Pada dasarnya hal yang dapat membantu mengecilkan bagian tubuh yang mengalami penimbunan lemak adalah dengan melakukan diet yang benar.

Akan tetapi hal yang menjadi penghalang terbesar dan dapat menggagalkan diet adalah rasa malas. Sehinga bekal utama yang harus kita miliki adalah tekad dan keinginan yang kuat.

Pola gaya hidup dan pola makan mempengaruhi berat badan. Kebiasaan mengkonsumsi makanan berserat, tidur yang cukup, dan olahraga akan membantu menurunkan berat badan.

Secara umum kegiatan di atas mampu meurunkan berat badan, namun bagian tubuh tertentu seperti paha perlu latihan atau latihan fisik khusus.

Dalam artian kita harus melakukan latihan fisik yang berfokus pada bagian tubuh yang mengalami timbunan lemak tersebut.

Supaya memiliki paha yang ideal lakukan gerakan-gerakan olah fisik yang dapat membakar lemak di paha. Nah, berikut beberapa cara untuk mengecilkan paha.

1Jogging

loop.co.id

Olahraga lari-lari kecil atau jogging jika dilakukan secara rutin bisa membantu mempercepat proses pembakaran lemak di paha bahkan juga pada betis.

Kamu dapat melakukan jogging setiap hari. Olahraga ini termasuk olahraga yang santai dan bisa dilakukan di waktu luang.

2Sit Up

duniafitnes.com

Sit up adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan kapanpun dan tentunya mudah. Waktu yang diperlukan untuk melakukan sit up juga hanya beberapa menit. Kamu bisa melakukannya di waktu senggang.

Gerakan sit up melibatkan bagian perut, paha, dan betis. Sehingga dinilai efektif untuk mengecilkan paha dan betis.

3Squat Jump

duniafitnes.com

Olahraga ini dilakukan dengan dengan cara melompat dan berdiri beberapa kali sambil mengencangkan otot perut.

Selain mengecilkan perut, olahraga ini dipercaya dapat mengecilkan paha. Salah satu efek yang dapat kamu rasakan setelah melakukan gerakan ini adalah paha dan perut kamu terasa kencang.

Kamu dapat melakukan squat jump setiap pagi selama 30 menit maka akan terasa lemak pada paha mulai hilang.

4Bersepeda

nyamuknyamuk.files.wordpress.com

Saat bersepeda gerakan tubuh berfokus pada kaki dan paha. Gerakan mengayuh sepeda sangat efektif untuk membakar lemak dan kalori pada paha dan betis.

Nah, bagi kamu yang melakukan olahraga ini secara rutin akan mendapatakan bentuk tubuh yang ideal.

5Lompat Tali

cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Apakah kamu suka lompat tali? Lompat tali atau skiping merupakan salah satu bentuk olahraga yang dapat membantu dalam pengecilan paha.

Kamu dapat melakukan lompat tali semampu yang kamu bisa dengan jumlah lompatan yang sekiranya bisa kamu lakukan.

Gerakan pada lompat tali membantu dalam pembakaran lemak dan kalori yang menumpuk pada paha dan betis.

6Theraband Leg Curl

youtube.com

Cara melakukan latihan fisik ini cukup mudah. Terlungkupkanlah tubuhmu, lalu angkat salah satu kaki dan menahannya selema beberpa detik.

Lakukan gerakan angkat dan tahan kaki ini secara bergantian. Alangkah lebih baiknya jika terdapat alat bantu berupa kain yang digunakan untuk menahan kaki ketika diangkat.

7Walking Lunges

thetallcyclist.com

Untuk melakukan olahraga ini, kamu bisa memulai dengan cara berdiri tegak. Setelah itu rapatkan kedua kakimu dan posisikan tangan dipinggul. Kemudian kencangkan otot perut kamu.

Langkah kedua yaitu langkahkan kaki kanan kamu kedepan, tekuk kedua tututmu seakan akan kamu akan jatuh sampai paha sejajar dengan lantai dengan membentuk sudut 90 derajat.

Namun kamu harus menjaga agar lutut pada kaki kirimu tidak menyentuh lantai. Punggung sebaiknya kamu pastikan tegak, setelah itu turunkan kaki dan bergantian dengan kaki kanan.

Atau kamu bisa mengawalinya dengan posisi berdiri dan kedua kaki terbuka lebar. Kemudian salah satu kaki maju ke depan dan lutut ditekuk sampai lutut olahraga mengecilkan paha dan betis kaki belakang menyentuh lantai.

Ulangi sebanyak 15-18 kali setiap melakukan gerakan tersebut

8Leg Circles

bobowskipilates.com

Leg circles merupakan cara mengecilkan paha yang kamu bisa lakukan dirumah. Caranya yaitu dengan berbaring kemudian meletakan kedua tangan disebelah tubuh kamu.

Setelah itu, kamu bisa mengencangkan otot perut kamu. Angkat kaki kanan, sedangkan kaki kiri diposisikan menekuk.

Buatlah gerakan melingkar pada kaki yang kamu angkat, putar kearah jarum jam dan putar berlawanan dengan jarum jam masing masing 10 putaran. Letakan kaki kamu dan lakukan gerakan tersebut dengan kaki kiri.

9Naik Turun Tangga

traveling.indonesiaflight.id

Disebutkan naik turun tangga ini seperti lari lagi, dengan cara ini kamu bisa lakukan di rumah kamu kalau memang di rumah kamu ada tangganya.

Kalau memang tidak ada, bisa kamu lakukan di luar rumah dengan berjalan santai tidak harus turun tangga. Ini juga bisa membakar lemak yang ada dibetis kamu atau paha kamu.

Apalagi kalau setiap pagi kamu mengelilingi kompleks kamu misalnya, kamu akan terjauh dari penyakit reumatik, penyakit jantung, dan bisa hidup sehat sebagai mestinya.

Tidak harus berlari-lari kalau memang kamu tidak suka, ya kalau bisa lari, kalau memang kamu mau hidup sehat.

10Senam Yoga

health.kompas.com

Nah, dengan melakukan senam ini, kamu akan terhindar dari paha yang besar. Sebaiknya kamu segera melakukan senam yoga ini

11Ubah Segera Gaya Hidupmu!

formasirua.or.id

Ubahlah gaya hidup kamu sebaik mungkin, kurangi makanan yang mengandung lemak tinggi dan kolesterol tinggi. Sebab akan menimbulkan paha kamu berlemak, usahakan banyak makan sayur dan juga buah-buahan yang kaya dan vitamin dan serat.

Dengan beras putih juga, konsumsi air putih yang banyak. Minum air putih 8 gelas perhari. Protein juga termasuk untuk mengecilkan paha, dan jauhilah makanan yang berlemak atau karbohidrat.

12Jalan Kaki

loop.co.id

Murah, mudah, dan tak butuh waktu banyak, itulah olahraga jalan kaki. Selain menyehatkan, jalan kaki juga bisa mengecilkan lemak di betis.

Coba pilih waktu di pagi hari untuk jalan kaki. Udara pagi yang menyegarkan akan membuat aktivitas jalan kaki semakin menyenangkan.

13Jangan Terlalu Banyak Berdiri

orywomen.org

Serta jangan terlalu banyak berdiri. Banyak meminum air putih juga bisa menjadi solusi untuk betis yang besar. Konsumsilah air yang cukup, minimal 8 gelas sehari.

Olahraga mengecilkan betis kemudian justru menimbulkan dehidrasi dapat membuat tubuhmu kehilangan cairan dan juga bisa menyebabkan betismu bertambah besar.

14Lakukan Gerakan Ankle Circle

artikel-fisioterapi.blogspot.com

Caranya duduk tegak di atas sebuah kursi, kemudian angkat salah satu kaki setelah itu putar ankle (pergelangan kaki) searah jarum jam sebanyak 6 kali.

Ulangi gerakan tersebut dengan gerakan melawan arah jarum jam. Lakukan gerakan yang sama secara bergantian antara kaki kiri dan kanan.

15Melakukan Latihan Calf Press

bodybuilding.com

Gunakan alat soleus press untuk membuat betis terlihat lebih padat. Caranya duduk tegak di papan yang tersedia, kemudian letakkan bantalan penahan di atas paha.

Setelah bebannya disesuaikan, naikkan bantalan penahan tersebut dengan cara mengangkat tumit.

16Menggunakan Elliptical Trainer

bodybuilding.com

Alat ini bisa kamu jadikan alternatif sebagai pengganti jalan kaki. Alat yang digunakan untuk menghasilkan gerakan seperti berjalan ini paling bagus untuk melatih bagian quadriseps, yaitu sekumpulan otot di atas lutut.

Hasilnya, betismu akan berubah menjadi lebih kecil sesuai, dengan yang kamu inginkan.

17Pola Makan Sehat

intisari-online.com

Walau kamu sudah latihan seperti di atas, tetap saja harus kamu imbangi dengan pola makan sehat. Tanpa pola makan yang sehat kamu akan susah untuk mengecilkan paha kamu. Karena justru lemak akan semakin menumpuk dalam pinggul, paha kamu.

Jadi, olahraga dan imbangi dengan makanan sehat. Makanan yang membantu kamu dalam mengecilkan paha dan betis, pinggul adalah buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan protein tanpa lemak.

18Latihan Kardio

duniafitnes.com

Olahraga mengecilkan paha dan betis Latihan lain yang menyangkut dengan usaha kamu mengecilkan paha adalah latihan kardio.

Latihan ini penting untuk membantu kamu dalam mengubah raga kamu menjadi lebih langsing dan ramping.

Karena kamu tidak akan bisa hanya mengubah satu bagian dari tubuh, seperti kaki saja, atau paha saja tanpa mengecilkan perut. Jadi mengecilkan paha sebenarnya juga di ikuti dengan proses mengecilkan tubuh secara keseluruhan.

19Memijat Paha Dan Betis

4muda.com

Dengan memijat bagian paha dan juga betis kamu dengan gerakan yang memusat pada titik titik tertentu. Caranya adalah dengan mengoleskan terlebih dahulu minyak urut.

Kemudian tekan dan gosoklah perlaan dengan gerakan tangan ke arah bawah dan juga atas dengan bergantian. Lakukan cara ini setiap hari agar paha dan betis kamu dapat menegcil dengan sempurna.

20Mengurangi Jumlah Makanan

pejuangtidur.blogspot.com

Jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh juga perlu diperhatikan dengan benar agar badan tidak semakin gemuk terutama paha dan betis.

Jadi mengecilkan betis dan paha kamu harus mengurangi jumlah makanan yang masuk kedalam tubuh dengan perlahan, tdak secara drastic dehingga tubuh dapat beradaptasi dengan perubahan yang ada.

21Hindari Beban Secara Berlebih Pada Tumit

corojowo.blogspot.com

Dengan memberikan beban berlebihan pada tumit, tentu saja dapat membuat betis Kamu menjadi besar. Sebaiknya selalu menyeimbangkan titik berat tubuh pada seluruh telapak kaki pada saat berjalan.

22Pilates

bobowskipilates.com

Dengan melakukan gerakan pilates yang melibatkan latihan penguatan dan peregangan dapat melenturkan dan memperpanjang otot sehingga memberikan postur lebih tinggi. Sehingga bentuk kaki terlihat lebih jenjang dan ukuran betis menjadi ideal.

Sedangkan yoga dapat memberikan efek lebih rileks, memperlancar peredaran darah sehingga dan membantu keteraturan otot sehingga mempermudah untuk mendapatkan betis yang kecil.

23Standing Calf Rise

wikihow.com

Caranya, cobalah berdirilah dengan kaki dibuka selebar pinggul. Berjinjit kemudian tahan hingga 8 hitungan, kemudian ulangi hingga 5 set

24Kecilkan Paha Tanpa Olah Raga

suaraperempuan.or.id

Anggur memiliki manfaat untuk mengonversi lemak yang menumpuk pada bagian paha dan betis.

Jika kamu ingin memiliki bentuk paha dan betis ideal tanpa perlu repot-repot berolahraga, kamu bisa rutin mengonsumsi buah anggur, terutama anggur merah, secara teratur.

Mengonsumsi anggur secara teratur akan membuat tubuhmu membakar lemak meski tidak melakukan olahraga.

Cara lain untuk mengecilkan paha dan betis tanpa harus berepot-repot olahraga adalah dengan mengonsumsi teh hijau secara teratur.

Sebab, seperti dilansir dalam laman www.huffingtonpost.com, kandungan teh hijau secara alami bisa mengurangi timbunan emak yang menumpuk di area paha dan betis dengan merangsang metabolisme lemak dalam tubuh.

Makanan sumber serat umumnya memiliki banyak kandungan gizi dan yang terpenting, rendah lemak. Dengan rutin mengonsumsi makanan sumber serat, proses pembakaran lemak dalam tubuh akan lebih cepat, pencernaan pun jadi lebih sehat.

Mengonsumsi makanan berserat sebaiknya didukung dengan konsumsi protein yang cukup. Sebab, protein berfungsi meningkatkan metabolisme sehingga lemak dapat dengan mudah dicerna bukan ditumpuk dalam tubuh.

Selain mengonsumsi makanan-makanan itu, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh kamu. Konsumsilah sedikitnya 2 liter air setiap harinya agar proses mengecilkan paha dan betis kamu ini bisa sukses.

Nah, itulah tiga cara untuk mengecilkan paha dan betis tanpa berolahraga. Selain aman dan tanpa efek samping, cara ini pastinya praktis dan tidak menyita banyak waktu kamu.

Salah satu tidak enaknya punya paha besar adalah tidak nyaman saat pakai rok mini atau celana ketat. Akibat ukuran paha yang lebih dari normal, penampilanmu tidak sedap dilihat.

Jangan buru-buru menyalahkan pola makanmu, soalnya ada beberapa hal yang menyebabkan pahamu besar.

25Penyebab Paha Besar

kevinmd com

Jika bentuk tubuhmu seperti buah pir, otomatis pinggul, bokong, dan paha Kamu besar karena posisi tulang dan otot di lokasi tersebut.

Memang susah untuk mengecilkan paha jika bentuk tubuhmu seperti ini, namun kamu tetap bisa mengencangkan dan mencegah paha seperti bersayap.

Lakukan latihan yang mengeksplorasi bagian kaki dan otot paha seperti treadmill dan menari. Setidaknya olahraga akan membuat pahamu lebih kuat dan kencang.

Perhatikan fisik Ibu dan nenekmu. Jika mereka memiliki paha yang besar biasanya kamu pun mendapatkan ukuran yang tidak jauh beda.

Faktor genetik memang mempengaruhi penimbunan lemak di tubuhmu. Jika kamu mau berlatih beban dan rutin lari, bukan tidak mungkin pahamu akan lebih kecil dibandingkan sebelumnya.

Hormon estrogen membuat paha, dan pinggul menjadi lokasi untuk menimbun lemak. Sedangkan hormon testosteron pada cowok akan mengarahkan lemak berlebih ke perut. Tidak heran jika paha cowok kebanyakan lurus dan tanpa lemak.

Estrogen akan menjadi fluktuatif perkembangannya saat PMS. Akibatnya tubuhmu akan mudah melar.G godaan ngemil saat PMS ini jauh lebih tinggi dibandingkan biasanya.

Maka, agar lemak berlebih tidak disalurkan ke paha, pilih makanan kaya serat dan rendah lemak sebagai camilan. Misal, ganti kue manis dengan roti gandum topping madu.

Lemak berlebih juga menjadi salah satu faktor pahamu membesar. Saat kamu olahraga dan diet, paha merupakan tempat terakhir berkurangnya lemak. Biasanya setelah tubuh bagian lain kencang dan mengecil, barulah lemak di paha terkikis.

Akibatnya kamu butuh latihan ekstra dan kesabaran untuk mengecilkan paha, salah satunya rutin bersepeda dan lari jarak jauh.

Bentuk tubuh. Sangat susah kalau memang kudratnya wanita punya bentuk tubuh yang gemuk, bagaimana mau menciptakan tubuh yang ramping, paha dan betis yang bagus, kalau memang kudrat wanita ataupun lelaki itu bentuk tubuhnya gemuk.

Tapi tidak perlu khawatir karena kamu bisa latihan mengencangkan otot-otot dengan cara jogging pun paha, pinggul akan terlihat langsing.

Faktor genetic. Nah disini penyebab paha besar ialah faktor keturunan juga bisa menyebabkan paha, pinggul kamu besar.

Sebab kalau orang tua kamu mempunyai bentuk tubuh yang gemuk, paha yang besar jangan salah kamu juga akan merasakan bentuk tubuh yang seperti orang tua kamu.

Namun bukan tidak mungkin, kamu rajin untuk berolahraga saja. Badan kamu akan sedikit terlihat ramping.

Jenis kelamin. Pria dan wanita memang berbeda, dari segi posisi bentuk tubuh yang kurang bagus biasanya wanita kebanyakan lemak dan hormon.

Hormon estrogen pada wanita cenderung banyak memicu daerah pinggul, dibandingkan dengan pria lemak tertimbun di daerah perut.

Otot lah pemicu badan kamu besar, punya otot besar bagi wanita sangatlah tidak pede, berbeda dengan pria sangat menyukai dan ingin punya otot besar. Telah disebutkan diatas  rajinlah berolahraga.

Aktivitas berulang yang berjalan pada bola mata kaki  (misalnya menumpukan berat badan Kamu di bagian depan kaki), dapat menyebabkan otot betis membesar.

Hindari aktivitas apapun, yang memaksa menumpukan berat pada bola mata kaki Kamu (termasuk berjalan menggunakan sepatu hak tinggi).

Kamu perlu menganalisisi kegiatanmu sehari-hari, karena kemungkinan Kamu telah berlebihan menggunakan otot betismu saat berjalan.

Jika otot di bagian depan yang berada pada bagian bawah kaki yaitu tulang kering (tibialis anterior, mengecilkan betis dan paha yang memiliki fungsi berlawanan dengan otot betis) lemah atau lebih melebar, maka memperkuatnya akan membantu memperpanjang otot betismu.

Itulah beberapa tips untuk mengecilkan paha. Selain olah fisik di atas, kamu juga perlu mengatur pola makan dan gaya hidup.

Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang berserat dan perbanyak minum air putih.

26Manfaat Paha Besar

cdc.gov

Bagi kaum wanita, keelokkan postur tubuh sepertinya menjadi hal yang sangat penting bukan? Untuk itulah, tak jarang banyak wanita yang melakukan beragam cara demi mendapatkan bentuk badan yang ideal.

Namun, bagaimana jika ada salah satu bagian tubuhmu dengan bentuk kurang proporsional, seperti paha dan pinggul yang besar?

Beberapa wanita pastinya akan mempermasalahkan hal ini. Bikin minder menjadi alasan mengapa mereka kurang dapat menerima bentuk tubuh mereka sendiri.

Ets, jangan terlalu kecewa dulu. Sebaliknya, sudah tahu belum jika ada manfaat tersendiri dari bentuk paha dan pinggul besar yang kamu miliki ini?

Kalau pahamu tetap saja besar dan sulit untuk dikecilkan, maka jangan bersedih hati. Sebab sudah ada penelitian mengejutkan bahwa memiliki paha besar itu ternyata ada manfaatnya juga lho!

Peneliti di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa wanita butuh paha, pinggul dan pantat yang besar untuk menghasilkan bayi yang pintar.

Menurut Profesor Will Lassek, epidemiologi kesehatan masyarakat di Pittsburgh University, Pennsylvania, ketiga tempat penampungan lemak tersebut memainkan peran penting dalam mendorong perkembangan otak bayi yang baru lahir melalui menyusui.

Lemak yang ada dalam 3 area tersebut menjadi depot bagi perkembangan otak bayi. Seorang wanita memerlukan banyak lemak untuk membuat sistem saraf dan lemak di daerah ini juga diperkaya dengan DHA (docosahexaenoic acid), yang merupakan komponen yang sangat penting dalam otak manusia.

Inilah jawaban misteri mengapa wanita lebih banyak memiliki lemak dalam tubuh yang jumlahnya 30 persen dari total berat tubuhnya.

Wanita telah menukar otot dengan lemak sehingga kekuatannya hanya sekitar sepertiga dari pria. Sementara tubuh pria terdiri dari hanya 5 sampai 10 persen lemak. Kelebihan lemak pada wanita akan hilang selama menyusui karena dibutuhkan oleh otak bayi mereka.

Profesor Lassek menambahkan Ibu yang menyusui biasanya kehilangan satu pon lemak (setengah kilo) setiap bulannya.

Pemimpin penelitian ini, profesor Will Lassek, ahli epidemiologi kesehatan masyarakat dari Universitas Pittsburgh, Pennsylvania, mengatakan, lemak yang terdapat pada bokong merupakan sumber untuk mengembangkan otak bayi.

Penelitian menunjukkan bahwa lemak pada bokong mengandung DHA (docosahexaenoic acid), yang sangat diperlukan untuk perkembangan otak bayi. DHA itu akan ditransfer ke otak bayi ketika ibunya menyusui

Temuan lain mengatakan wanita yang memiliki paha dan bokong yang besar seperti Kim Kardashian dan Jennifer Lopez bisa menghasilkan anak yang cerdas.

David Bainbridge, seorang ahli reproduksi di Universitas Cambridge yang mempelajari bentuk tubuh wanita mengatakan bahwa pembentukan otak dan lipid ASI (lemak) sebagian besar berasal dari lemak yang tersimpan dalam paha dan bokong Ibu.

Wanita dengan paha besar memiliki tingkat lipid yang lebih tinggi. Bahkan ada bukti bahwa ibu dan anak-anak mereka lebih cerdas.

Penelitian ini menindaklanjuti sebuah penelitian yang diterbitkan bulan Juni lalu yang menemukan mengapa pria lebih tertarik dengan wanita yang memiliki tubuh curvy.

Tidak hanya penelitian di Amerika. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Universitas Oxford, kemungkinan besar wanita yang memiliki paha dan pinggul besar akan melahirkan anak yang lebih cerdas loh.

Mengapa demikian? Tentunya hal ini terkait dengan faktor kesehatan wanita yang memiliki bentuk tubuh tersebut. Faktor kesehatan tersebut berkaitan dengan fungsi lemak dalam tubuhnya.

Jika biasanya lemak dapat memicu gangguan kesehatan, lain halnya dengan lemak yang berada pada pinggul dan paha besar seorang wanita.

Dalam hal ini, lemak justru memberikan dampak positif bagi kesehatan sang wanita. Jika sang wanita kelak mengandung, lemak yang terdapat di paha dan pinggul tersebut akan bermanfaat bagi perkembangan otak janin.

Hal ini tentunya berhubungan dengan kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat di sekitar area tersebut. Zat ini berperan penting dalam proses perkembangan otak janin.

Tak hanya itu saja, kelak setelah wanita tersebut melahirkan ternyata asam lemak omega-3 dapat memberi energi tambahan di masa laktasi loh.

Mulai sekarang, tak perlu minder memiliki bentuk paha dan pinggul yang besar. Tak jarang loh banyak juga wanita ingin memiliki postur tersebut.

27Bersyukurlah

arraziibrahim.com

Bersyukurlah, sebab bentuk paha dan pinggulmu yang besar sangat bermanfaat positif bagi bayi yang kamu kandung kelak.

Bersyukur itu jauh lebih baik daripada kamu terus-menerus merutuki keadaan. Jika kamu sudah berusaha kuat tapi tidak mampu juga mendapatkan apa yang kamu inginkan, maka jalani saja semuanya dengan hati yang lapang dan jangan pernah mengeluh.

Sebab sesungguhnya, kecantikan wanita itu ada di dalam perilakunya sehari-hari, dalam kesantunan berbicara, dan kecerdasan berpikir serta bertindak.

Jadi, bagi para wanita, tidak perlu memusatkan perhatianmu pada bentuk paha. Biarkan ia apa adanya. Meskipun tetap kamu harus menerapkan pola hidup sehat.

Karena pola hidup sehat memiliki efek yang jauh lebih besar dan lebih prioritas untuk diterapkan dalam kehidupanmu sehari-hari.

Jangan pula membandingkan diri sendiri dengan wanita lain. Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau di mata kita. Padahal, boleh jadi mereka juga punya masalah yang sama atau bahkan jauh lebih sulit dari kita.

Jangan terkejut juga ketika pahamu besar, kemudian saat hamil, ukurannya semakin bertambah. Seorang wanita hamil memang harus menaikkan berat badannya sampai 12 kg agar kebutuhan nutrisi bagi janin tercukupi.

Jadi, bersyukur saja 🙂