kompas.com

Dulu, seringkali perut buncit pada pria dijadikan simbol kemakmuran, kesuburan, atau sesuatu seperti itu lah. Tapi di jaman yang memungkinkan seseorang tahu segalanya ini, harusnya sudah banyak yang paham bagaimana perut buncit itu begitu membahayakan bagi kesehatan kita.

Bukan main-main, bahayanya mulai dari penyakit jantung, diabetes, stroke, hingga kematian. Di sisi lain, banyak pria yang diberi ‘kelebihan’ ini dibuatnya tidak percaya diri.  Yups, benar sekali, dalam hal berpenampilan. Aduh, sudah bikin tidak pede, jadi sumber penyakit lagi.

Pada dasarnya berubahanya bentuk perut seseorang lebih dipengaruhi pada pola makan yang salah, terutama pada komsumsi kalori dan makanan berlemak yang berlebih. Untuk itu, guna mengembalikan bentuknya menjadi lebih menarik dan ideal diperlukan beberapa penanganan yang akan dijelaskan dalam artikel kali ini.

Usaha semacam ini lebih dikenal dengan istilah ‘membakar lemak‘, yakni suatu aktifitas yang bertujuan untuk menghilangkan lapisan lemak yang berlebih pada perut dengan mengatur pola makan dan dengan aktifitas fisik khusus yang telah direkomendasikan banyak pakar kesehatan.

Masih mau dibilang makmur gara-gara perutnya buncit?

Penyebabnya  beragam, bisa dari konsumsi alkohol yang berlebihan, kurang makanan berserat tapi makanan berlemak di gas terus , bisa juga faktor keturunan, pengaruh usia,dan satu lagi yang pasti, gaya hidup kurang sehat.

Eits, tapi di sini kita tidak akan membahas tentang seluk beluk sebab dan akibat dari perut buncit, tapi lebih kepada ‘how to fight it?’ Mungkin memang tidak banyak, asalkan mudah, murah meriah, dan ada faedah. So, are you ready to read? Check it out, Guys!

1Minum Teh Hijau Tanpa Gula

www.liputan6.com

Hal pertama yang bisa kamu coba sebagai cara mengecilkan perut buncit tradisional adalah dengan teh hijau. Sejak dulu teh hijau dipercaya menjadi salah satu cara menurunkan berat badan dan mengecilkan perut yang efektif.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, minumlah teh hijau hangat secara teratur sebelum makan. Pastikan teh hijau yang kamu minum tanpa gula.

Minum teh sebelum makan tentunya akan membuat perut terasa lebih berisi saat makan, ini akan membuat kamu secara otomatis mengurangi konsumsi makanan.

Teh hijau dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak yang ada pada tubuh, salah satunya adalah lemak pada perut.

Selain itu teh hijau juga kaya akan anti oksidan yang sangat bermanfaat untuk mencegah kanker dan juga teh hijau berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh. Sungguh luar biasa bukan?

2Teh Jeruk Nipis, Akurat Kecilkan Perut Buncit

www.sunlight.co.id

Selain dengan menggunakan teh hijau, kamu juga bisa menggunakan teh biasa yang dicampurkan dengan jeruk nipis.

Selain bisa menjadi minuman yang menenangkan pikiran, mengonsumsi campuran teh hangat dan jeruk nipis juga cukup efektif sebagai cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga.

Yang perlu kamu siapkan sebelumnya adalah 3 sendok makan teh, satu buah jeruk nipis dan segelas air panas. Jika sedang tidak tersedia jeruk nipis,  kamu bisa menggantinya dengan jeruk lemon.

3Buah dan sayur yang berserat, wajib coba dan rasakan hasilnya!!

solusilangsingdetox.files.wordpress.com

Konsumsi buah dan sayur sangat erat hubungannya dengan problema perut buncit. Buah dan sayur kaya serat mempunyai banyak manfaat.

Dengan serat yang cukup dan memadai bagi tubuh, proses pencernaan juga akan lebih baik sehingga kita merasa kenyang lebih lama dan proses pengeluaran sisa makanan (alias BAB) akan lancar. BAB lancar, perut terasa longgar. Bukan begitu?

Buah-buahan tersebut juga bisa kamu ramu menjadi minuman berkhasiat yang ampuh mengecilkan perut buncit.

Cara ini cukup efektif dan cepat untuk mengatasi perut buncit atau tubuh yang gemuk. Yang harus kamu siapkan adalah akar rambutan, buah delima, buah manggis, buah langsat, buah pepaya, alang-alang, dan air bersih.

Setelah itu cuci bersih dulu akar rambutan dan juga semua bahan-bahan yang sudah kamu siapkan. Siapkan air pada panci atau wadah lain, lalu rebus bahan-bahan tersebut dengan air bersih sampai airnya mendidih.

Setelah mendidih kamu bisa dinginkan rebusan tersebut dan ambil air rebusannya. Ramuan tersebut rasanya unik dan sangat cocok diminum setiap hari. Konsumsilah segelas ramuan buah-buahan tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Salah satu jenis buah yang dipercaya cukup efektif sebagai cara mengecilkan perut buncit tradisional adalah buah berry. Jenis-jenis buah berry mengandung antioksidan tinggi sehingga bisa menetralisir radikal bebas dan mengoptimalkan pembakaran lemak di dalam tubuh.

Cobalah untuk lebih rutin lagi mengonsumsi strawberry, blueberry, blackberry, dan jenis-jenis buah berry lainnya. Selain itu jenis buah yang juga baik dikonsumsi saat kamu diet adalah buah alpukat.

Buah yang mengandung lemak baik yang berkhasiat untuk menurunkan jumlah kolesterol di dalam tubuh. Vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat pun dipercaya bisa meluruhkan lemak yang menumpuk di dalam tubuh secara optimal. Konsumsilah alpukat dipagi hari sebagai pengganti sarapan.

Buah semangka juga ternyata memiliki khasiat untuk mengecilkan perut buncit. Kalau melihat sepintas mungkin kita akan mengira kalau makan banyak semangka malah akan membuat perut lebih buncit lagi karena ia memiliki banyak kandungan air.

Tapi, ternyata, berdasarkan hasil research diketahui bahwa semangka dapat membantu proses detoksivikasi dalam tubuh kita dan juga membantu pengeluaran pada kelebihan air dalam tubuh.

4Minum air mineral, lebih seger dan menyehatkan kok.

gigisusu.net

Mengapa air mineral? Karena air mineral memiliki banyak manfaat. Yups, air mineral bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Selain itu, juga dapat melancarkan sistem pencernaan. Kurang hebat apa coba.

Minum air mineral lho ya (yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa), bukanminuman manis, soft drink, atau apapun itulah karena bisa membuat perut semakin membuncit (hayo lho)

5Mengubah Pola Hidup

mujitrisno.wordpress.com

Selain makanan sehat yang termasuk dalam program diet, yang tidak kalah penting adalah waktu dan frekuensi makan kamu. Mengkonsumsi makanan yang banyak pada satu waktu tertentu adalah faktor utama penyebab kelebihan lemak.

Makan banyak dalam satu waktu dapat mengakibatkan gagalnya lemak menjadi energi, sehingga menumpuk dalam tubuh.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering, dari pada makan dalam porsi banyak 2 kali sehari.

Kamu dapat makan 3 sampai dengan 4 kali makanan porsi kecil setiap hari. Hal tersebut akan mempercepat metabolisme dalam tubuh. Tubuh akan membakar lebih banyak kalori dan menyimpan sedikit lemak.

Memiliki menu 3-4 kali dalam sehari akan membuat kenyang dan membantu meninggalkan makanan tidak bergizi lainnya. Kurangi asupan gula dan minuman dengan pemanis.

Dalam menu diet, kamu bisa memasak sayuran, kacang, makanan yang menganding protein, gandum sereal, kacang-kacangan, ikan, susu rendah lemak dan sejumlah kecil lemak sehat (seperti minyak zaitun).

Minum banyak air putih, setidaknya 8-10 gelas, dalam sehari. Air sangat penting untuk kesehatan sel dan membantu dalam pencernaan. Air bekerja sebagai agen detoksifikasi dan sebagai penekan nafsu makan.

6Hindari Gula Dengan Segala Cara

www.keralaayurveda.biz

Gula terdiri dari sukrosa dan fruktosa (tidak usah berusaha mengerti hal ini, kecuali kamu anak kimia). Hehehe.  Yang kamu perlu tahu adalah fruktosa hanya bisa diurai oleh liver.

Ketika kamu mengkonsumsi gula, fruktosa akan masuk kedalam liver, dan jika fruktosa yang masuk kedalam liver ternyata terlalu banyak, maka liver akan mengubah fruktosa menjadi lemak.

Gula, baik dalam bentuk padat ataupun cair mempunyai efek yang sama.

Ini termasuk juga gula dalam minuman kaleng/botol, bahkan jus kalengan pun mengandung gula yang cukup banyak. Ada lho gula yang baik buat kamu yaitu gula yang terkandung didalam buah asli.

Buah selain mengandung gula juga mengandung banyak serat yang bisa menetralisir efek samping dari gula.

Hindari gula sebisa mungkin. Bayangkan gula itu bagaikan ulat bulu yang akan kamu hindari sebisa mungkin.

7Jangan Sering Makan Malam Sebelum Tidur

hipwee.com

Sebenarnya, tidak salah untuk mengkonsumsi makanan pada malam hari. Alasan sebenarnya adalah agar tidak makan dalam jangka waktu 4 jam sebelum tidur.

Mengapa? Karena pada saat tidur dalam keadaan perut terisi makanan, hormon pertumbuhan tidak keluar, dan yang terjadi adalah proses anabolisme yang dapat menimbun lemak.

Nah, dengan kata lain, sebaiknya tidur dengan lambung yang sudah kosong. Karena diperlukan waktu sekitar 4 jam untuk mencerna makanan, maka berikan jeda waktu 4 jam dari sejak kita makan sampai waktu tidur.

8 Olahraga tentu

tinypic.com

Olahraga yang teratur adalah pola hidup sehat yang baik, bukan hanya bisa mengecilkan perut kita, tetapi semua organ yang ada di tubuh kita bisa menjadi ideal. Olahraga seperti latihan kardio dan latihan otot perut dinilai paling efektif dalam mengecilkan perut.

Kardio merupakan latihan yang sangat efektif untuk membakar lemak perut dan seluruh tubuh. Selain itu, kardio juga dianggap olahraga paling mudah dan murah. Mengapa?

Karena kardio ini bisa dilakukan dengan jogging, sepeda atau berenang selama 20 menit sehari, tiga hingga lima kali dalam seminggu. Modal boleh nothing, tapi tubuhnya tetep langsing.

Nah, setelah latihan kardio, latihan otot perut juga boleh dicoba lho. Latihan otot perut seperti sit ups selama lima menit sehari, tiga hari dalam seminggu. Sit up merupakan gerakan melatih otot perut dengan cara membaringkan diri pada sebuah lantai atau matras.

Kedua lutut ditekuk menjejakkan ujung tumit di lantai, kemudian punggung yang dalam posisi tidur ditarik ke depan menuju arah lutut.

Kemudian, punggung diturunkan hingga 45 derajat sampai terasa kontraksi pada perut, dan tubuh ditarik lagi ke depan. Gerakan tersebut diulang selama beberapa kali dengan pengaturan nafas dan konsentrasi pada reaksi otot perut. Mudah sekali, bukan?

Bentuk latihan fisik yang akan dilakukan berikut adalah yang dampak gerakannya berpengaruh langsung pada otot perut. Mungkin banyak dari kita hanya mengenal olahraga sit up saja, tapi sebenarnya ada banyak sekali yang bisa dilakukan untuk tujuan ini.

Dan asal tahu saja bahwa menurunkan berat badan sangat berbeda dengan cara mengecilkan perut buncit, kalau yang pertama bisa kita lakukan dengan hanya mengurangi porsi makan secara rutin dan beberapa minggu sudah akan terlihat hasilnya, tapi untuk perut yang besar tidak bisa hanya dengan jalan itu, mau tidak mau harus melakukan olahraga rutin khusus untuk mengembalikan bentuknya seperti semula.

Sit up adalah salah satu olahraga yang khusus ditujukan untuk membakar lemak yang ada pada perut buncit.

Caranya, pertama-tama tidurlah telentang dengan menghadap ke atas, lalu kemudian bangun atau mengangkat tubuh bagian atas tanpa berpegangan, dan usahakan kedua betis dan kaki tetap rapat di lantai saat tubuh anda diangkat agar efek pembakaran lemaknya bekerja dengan baik.

Hanya saja umumnya banyak yang tidak bisa mengusahakan kakinya agar tidak terangkat saat melakukan ini, untuk itu anda bisa menggunakan bantuan orang lain yang bertugas menahan kedua kaki anda saat melakukan sit up ini.

Sebagai variasi gerakan kamu bisa juga melakukannya dengan sedikit menekuk lutut saat telentang. Hanya saja cara ini akan lebih berat saat tubuh diangkat ke atas dan karena itu, ini hanya cocok buat yang sudah terbiasa melakukannya.

Selain itu, kita juga bisa melakukan bentuk gerakan lainnya dengan memiringkan badan sekitar 30 derajat kesamping saat mengangkat tubuh bagian atas kita.

Fungsinya adalah untuk memberi tekanan pembakaran lemak pada perut buncit bagian kiri dan kanan, itu sebabnya ini juga harus dilakukan bergantian antara miring ke kiri dan ke kanan agar terjadi keseimbangan pembakaran lemak pada kedua sisinya.

Jika kamu pernah mendengar olahraga squat, ternyata olahraga jenis ini mampu membantumu untuk mengatasi perut yang buncit.

Squat juga merupakan salah satu bentuk olahraga untuk mengecilkan perut buncit, hanya saja ini mungkin lebih banyak dikenal untuk latihan fisik mengecilkan paha yang besar. Tapi walau demikian efeknya pada perut saat melakukan gerak jongkok berulang-ulang juga akan begitu terasa.

Saat pertama kali melakukan maka tubuh bagian bawah akan terasa sakit dan nyeri. Nah, ada cara sendiri loh dan tentu penulis punya tips untuk ini, yang mana setelah kita melakukan ini untuk pertama kalinya maka beristirahatlah untuk beberapa hari (biasanya seminggu) hingga rasa nyerinya hilang, dan setelah dirasa tidak ada rasa sakit lagi barulah kemudian melakukannnya dan dijamin setelah itu tidak akan merasa nyeri lagi.

Hanya saja bila kamu kembali tidak rutin melakukannya keadaan ini akan kembali terulang lagi. Adapun cara melakukan Squat (jongkok) ini adalah dengan berdiri tegak kemudian kedua tangan dibentangkan ke depan, lalu jongkok dengan keadaan tangan tetap dibentangkan kedepan, barulah ketika ingin merubah posisi dari jongkok jadi berdiri tangan diturunkan ke bawah dan kemduian dibentangkan lagi saat posisi berdiri sudah sempurna.

Lakukan ini sebanyak mungkin dan tingkatkan jumlahnya setiap hari melakukan.

Untuk laki-laki, olahraga Squat untuk cara mengecilkan perut buncit ini bisa juga dilakukan dengan sambil memegang barbel di bagian depan.

Jadi saat merubah posisi dari berdiri menjadi jongkok maka posisi tangan yang memegang barbel harus tetap seperti itu, dan ini tentunya akan memberi efek yang lebih pada perut. Dan untuk tingkat yang lebih sulit bisa juga dengan menaruh barbel tersebut di dada depan leher dan lakukan cara yang sama seperti sebelumnya.

Tapi walau cara ini agak sedikit sulit karena harus bersamaan mengangkat beban,para wanita juga masih bisa melakukannya dengan menggunakan barbel panjang yang lebih ringan yang diletakkan di bagian belakang leher atau pundak belakang dengan kedua tangan memegang masing-masing ujung barbel di kiiri dan kanannya.

Beberapa jenis olahraga yang akan kamu pelajari caranya adalah vertical Leg Crunch, Back Up Elliptical Trainer dan lainnya.

Semua memiliki manfaat tersendiri dalam program pengecilan perut, tergantung seberapa sering melakukannya. Banyak pakar kebugaran menyarankan untuk berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu, atau paling tidak, jika tidak sempat, maka usahakanlah melakukannnya dihari libur.

Masih ada beberapa hal lagi yang harus kamu ketahu berkaitan dengan perut buncit. Termasuk penyebab dari buncitnya perut. Hal ini sangat penting agar kamu dapat menghindarinya.

Penyebab pertama adalah mengkonsumsi alkohol. Ini bukan rahasia lagi, orang yang sering minum terlalu banyak alkohol cenderung akan memiliki perut yang buncit, dan bahkan ini bisa kita lihat dikampung-kampung yang mana orang yang sudah dicap sebagai pemabuk umumnya memiliki perut besar.

Hal ini disebabkan karena alcohol pada dampaknya yang paling ringan dapat membuat kerja hati menjadi lebih berat saat melakukan fungsinya dalam menetralisir makanan, terutama pada lemak. Nah kondisi inilah yang kemudian lambat laun membuat perut seseorang menjadi semakin buncit.

Alasan lain yang tidak didasarkan pada alasan medis tapi tetap masuk akal adalah karena orang yang minum alcohol cenderung kecanduan sehingga saat minum ia akan terus minum dan minum yang mana lambat laun kebiasaan ini akan menekan ukuran lambung untuk menjadi lebih besar, sehingga mau tidak mau bentuknya pun akan tampak semakin buncit dan membesar.

Alasan logis dari penyebab perut buncit ini adalah karena makanan yang dimakan pada malam hari umumnya tidak mengalami proses pembakaran setelahnya karena kita cenderung kurang beraktifitas di waktu tersebut, dan dari situlah lemak dan kalori yang dimakan kebanyakan menumpuk dan lambat laun akan memperlihatkan hasilnya dimana perut akan terlihat jadi tidak ideal lagi.

Saran dokter umumnya mengatakan bahwa sebaiknya jam makan malam diganti dengan sore hari karena setelah itu kita masih punya kesempatan untuk beraktifitas sehingga proses pembakaran pun masih bisa terjadi.

Sejatinya, tubuh yang kita gunakan ini harus selalu diservis juga agar fungsi-fungsi oragannya tetap bisa berjalan dengan baik. Tapi apa jadinya kalau kita hanya menggunakannya terus menerus dan tidak melakukan perawatan sama sekali, dalam hal ini olahraga.

Orang yang jarang berolahraga akan mengakibatkan kandungan lemak dalam darah menjadi lebih tinggi yang pada akhirnya akan diproduksi menjadi daging yang tidak sehat dalam tubuh yang mana dari situlah obesitas dan perut buncit terjadi.

Kalau kamu punya kebiasaan tidur setelah makan, maka tidak heran jika perutmu menjadi buncit.

Ini hapir sama dengan orang yang suka ngemil di malam hari dimana setelahnya tubuh tidak melakukan pembakaran pada makanan yang telah dicerna dikarenakan tidak ada aktifitas sama sekali setelahnya.

Untuk itu sebaiknya makanlah jauh sebelum waktu tidur anda tiba sebagaimana saran di atas untuk mengganti waktu makan malam menjadi sore.

Memakan makan siap saji juga dapat menyebabkan perut buncit. Salah satu kandungan yang paling dihindari dari makanan seperti ini adalah pada kandungan lemak jenuhnya.

Kandungan lemak inilah yang berpotensi membuat perut menjadi buncit, apalagi jika dikomsumsi dalam jumlah banyak secara berulang-ulang setiap harinya.

Kalau kamu tidak mau mengubah kebiasaan buruk yang menyebabkan perut menjadi buncit, maka akan ada beberapa hal berbahaya yang akan menghampiri mu.

Bagi kamu yang memiliki perut buncit karena kebanyakan lemak, sebaiknya waspada. Pasalnya ada sejumlah risiko yang bisa mengganggu kesehatan.

Lemak viseral adalah tipe lemak yang paling berbahaya. Kumpulan lemak viseral di dalam tubuh bisa mengeluarkan senyawa peradangan dan hormon yang dapat mengganggu metabolisme tubuh.

Senyawa-senyawa peradangan disebut juga sitokin. Senyawa ini dapat menyebabkan peradangan ringan dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Senyawa lain yang dikeluarkan oleh lemak viseral adalah asam lemak bebas. Senyawa ini akan masuk ke dalam hati dan kemudian memicu berbagai perubahan, antara lain peningkatan produksi kolesterol buruk dan penurunan produksi kolesterol baik.

Itulah mengapa perut buncit dapat meningkatkan risiko penyakit kolesterol tinggi. Selain itu, asam lemak bebas juga menyebabkan insulin menjadi kurang efektif dalam mengontrol gula darah, meningkatkan risiko diabetes.

Selain itu, lemak pada perut buncit juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung.

Hal ini karena lemak pada perut buncit dapat memicu perubahan hormon yang mengontrol penyempitan pembuluh darah atau yang disebut dengan angiotensin.

Kadar glukosa dalam darah meningkat dapat meningkatkan resiko diabetes. Lemak perut juga telah dikaitkan dengan gangguan metabolisme yang merupakan alasan lain penyebab diabetes.

Kenaikan berat badan sebesar 5 – 10 kg dari berat badan yang sehat akan meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 sebesar dua kali lipat daripada orang yang tidak mengalami kelebihan berat badan.

Aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan pembekuan darah adalah kondisi yang mengawali banyak kasus stroke. Aterosklerosis dipicu oleh tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, merokok, dan kurang olahraga. Sehingga kegemukan dan perut buncit dianggap sebagai faktor.

Terganggunya pernafasan saat tidur lebih umum terjadi pada orang gemuk. Obesitas dikaitkan dengan peningkatan risiko terjadinya asma dan bronkitis berat, serta obesitas sindrom hipoventilasi dan insufisiensi pernapasan.

Dampak sosial merupakan dampak yang cukup menyakitkan, khususnya bagi wanita. Karena cara pandang masyarakat saat ini yang menekankan pada penampilan fisik. Bahwa memiliki perut langsing lebih menarik dari pada memiliki perut buncit. Sehingga mereka yang memiliki perut buncit merasa kurang menarik.

Faktor usia juga berpengaruh. Bertambahnya usia akan membuat kita kehilangan otot, terutama jika kurang berolahraga dan lebih banyak duduk. Berkurangnya massa otot akan menurunkan kecepatan tubuh menggunakan kalori.

Kemampuan sel lemak di tangan dan kaki juga akan berkurang dalam menyimpan lemak, sehingga jika ada kelebihan lemak ia akan turun ke perut.

Berbagai penelitian menunjukkan, lemak yang disimpan dalam perut ini tidak berfungsi sebagai cadangan tenaga seperti halnya lemak di bagian tubuh lainnya. Lemak viseral ini secara biologis sangat aktif dan menghasilkan hormon dan zat kimia tertentu sehingga menyebabkan gangguan keseimbangan hormonal, gangguan metabolisme, dan lain sebagainya.

Zat dan hormon yang dihasilkan lemak perut ini juga bisa memicu peradangan (inflamasi). Hal ini pada akhirnya bisa memicu berbagai penyakit.

Mengingat bahaya yang tersimpan di lemak perut, maka jangan biarkan lemak bercokol lama. Setiap lemak perut bisa dihilangkan, yang dibutuhkan adalah usaha dan kesabaran.

Lakukan perubahan pola hidup. Mulailah membatasi porsi makan dan lebih banyak bergerak. Selain berolahraga rutin, jangan isi sebagian besar waktumu dengan duduk diam. Ambil jeda setiap satu jam dan bergeraklah.

Mengecilkan perut buncit memang bukanlah hal yang mudah, tapi bukan pula berarti kamu berhenti berusaha mengurangi lemak di dalam tubuh kamu. Mulailah untuk menjalani hidup sehat dengan menjaga konsumsi makananmu, mengubah gaya hidup, dan rajin melakukan olahraga.

 

SHARE