Mengelola keuangan dengan bijak itu penting, supaya kamu tidak merasakan bagaimana pusingnya kehabisan uang di tanggal muda, sedangkan gajian masih lama sekali.

Apalagi kalau kamu punya keinginan untuk traveling atau jalan-jalan, tentu harus ada budget yang disiapkan. Dahulukan kepentingan primer, tapi hobimu tetap bisa terlaksana tanpa mengganggu anggaran untuk kebutuhan lain.

Berikut ini ada 5 tips sederhana dalam mengelola keuangan dengan bijak agar kamu bisa tetap traveling tanpa harus memikirkan uang tabungan akan habis.

1Membuat Angaran & Mematuhinya

cermati.com

Hal paling penting ketika kamu sudah selesai membuat anggaran pengeluaran dari gaji atau pendapatan adalah disiplin dan mematuhi anggaran yang sudah dibuat.

Kamu bisa menggunakan cara klasik untuk mengatur keuangan dengan memisahkan uang ke dalam amplop-amplop dan diberi nama sesuai dengan kebutuhan yang akan dibayar.

2Manfaatkan Promo & Diskon

nativeindonesia.com

Kalau mengingat gaji yang tidak seberapa, rasanya memang mustahil bisa memenuhi hasrat untuk traveling ke banyak tempat.

Tetapi jika kamu cermat, ada banyak celah yang bisa dimanfaatkan agar tetap bisa traveling dengan budget yang sangat minim.

Salah satunya yaitu memanfaatkan berbagai promo dan diskon menarik dari agen transportasi darat, laut, maupun udara. Misalnya, promo tiket pesawat murah, dan diskon hotel.

Begitu juga dalam hal berbelanja kebutuhan rumah atau dapur. Harus cermat membandingkan harga dan kualitas. Manfaatkan berbagai diskon yang ditawarkan oleh supermarket.

3Menambah Sumber Penghasilan

cermati.com

Pekerjaan untuk menambah penghasilan ini bisa berupa apapun asalkan tetap halal dan dilakukan dengan cara yang baik (thoyib).

Nah, penghasilan tambahan ini memang akan sangat membantumu untuk menambah pemasukan, khususnya yang digunakan untuk jalan-jalan.

4Membuat Event Traveling

merittravel.com

Nah, kalau kamu produktif di bidang traveling, dan kebetulan tempat tinggalmu berada di wilayah wisata, maka kamu bisa berprofesi dadakan sebagai guide atau pemandu wisata.

Kamu bisa membuat trip-trip murah ke berbagai destinasi menarik yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Pasarnya adalah para backpacker, traveler budget atau mereka yang ingin jalan-jalan tetapi takut sendirian.

Jadi kamu bisa sambil menyelam minum air. Jalan-jalan gratis dengan menjadi guide atau travel organizer, sekaligus mendapat penghasilan serta banyak teman baru.

5Menyediakan Dana Tak Terduga

berdesa.com

Dana tak terduga sangat diperlukan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan peralatan travling yang penting untuk keselamatan perjalanan.

Jika tiba-tiba kamu terkena musibah di tengah perjalanan, maka kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan tabungan karena budget traveling sudah dianggarkan sedemikian rupa. Berkat bantuan dana cadangan, travelingmu akan tetap aman.

6Menabung, Berinvestasi, dan Asuransi

bca.co.id

Tidak ada salahnya kan berinvestasi seawal mungkin? Kalau nanti kamu ingin traveling ke daerah yang lebih jauh lagi, kamu bisa dengan mudah pergi tanpa perlu berpikir dana karena sudah ada tabungan khusus berlibur.