Ada sebagian orang yang tidak mengerti bagaimana caranya mengritik orang lain. Jika maksud mereka adalah memberi saran tapi caranya tidak baik, maka tentu kita akan kesal dan bahkan marah karena merasa tersinggung.

Namun tak selamanya kritik itu bersifat membangun. Ada juga kritik pedas yang terkesan nyinyir dan tidak berguna.

Apabila kamu menemukan hal seperti itu, maka jangan gegabah dan terburu-buru untuk marah atau malah berbalik menegur orang yang mengritikmu. Kamu harus punya strategi untuk menghadapi hal tersebut.

Bagaimana caranya?

1Mendengarkan

katakamu(dot)com

Simak baik-baik kritik yang disampaikan seseorang padamu. Jangan berusaha menyela. Kamu hanya perlu mencari tahu apakah yang disampaikannya itu fakta atau opini, supaya kamu memahami bagaimana cara meresponnya.

Jika kritik tersebut benar dan memang kamu melakukan kesalahan, maka kamu harus bertanggungjawab untuk memperbaiki dan tidak mengulanginya di kemudian hari.

Kamu harus pandai-pandai mencari tahu makna di balik kritik. Jika orang lain mengomentarimu hanya untuk menjatuhkan atau nyinyir saja, abaikan. Namun jika kritikan itu demi menguji kekuatan dan tekadmu, ini adalah tantangan bagimu untuk lebih baik lagi.

2Berusaha Tidak Defensif

gayahidup.republika.co.id

Bersikpa tenang menghadapi kritik adalah kunci utama. Benar atau tidak kritikan yang disampaikan kepadamu, jangan pernah gegabah untuk menanggapi. Tampung semua kritikan dengan pikiran positif.

Kalau kamu memang melakukan kesalahan, jangan pernah mencari-cari alasan untuk membenarkan diri sendiri. Jangan pula membalas kritikan itu dengan cara pedas.

Jangan sampai kamu justru memancing emosi, memperkeruh suasana, yang justru akan menjatuhkan reputasimu.

3Jangan Baper

futuready.com

Jangan menganggap komentar temanmu terhadapmu sebagai suatu hal yang menyakitkan hingga membuatmu terus-menerus memikirkannya, hingga merasa tidak nyaman dengan si pengritik. Jangan terlalu membawa perasaan. Hadapi saja dengan hati yang lapang.

Yakinkan pada dirimu bahwa kritik itu hanya untuk perbaikanmu. Kritik itu diberikan padamu bukan berarti dia tak suka padamu. Justru karena dia ingin kamu menjadi lebih baik lagi dan tidak mengulang kesalahan.

4Terus Belajar

sungic.com

Yakinkan, bahwa dirimu adalah pembelajar seumur hidup. Kamu tak akan pernah luput dari kesalahan. Pemikiran ini akan membantumu untuk berdamai dengan kesalahan dan mampu menampung kritikan dengan positif.

Manusiawi jika kamu salah melakukan sesuatu, pekerjaan misalnya. Kamu hanya perlu membuka diri terhadap segala kesalahan.

Dari situ kamu akan memahami bahwa ada cara yang lebih baik lagi jika ingin hasil yang lebih bagus.

5Sediakan Waktu Introspeksi

jateng.tribunnews.com

Jangan melakukan pembelaan saat itu juga ketika kamu sedang dikritik. Telan saja dulu. Baru setelah kritik itu selesai diucapkan, sediakan waktu untukmu sendiri, kemudian merenunglah.

Jika kritik itu tidak benar, tidak sesuai dengan apa yang kamu lakukan, hanya kritik dari orang yang iri padamu, maka tidak usah ditanggapi. Fokus saja pada kritik yang benar-benar mengevaluasi kesalahanmu.

Tampung semua saran dan kritik. Pikirkan kembali. Semua keputusan untuk memperbaiki segalanya ada di tanganmu.

Terbukalah pada pendapat orang lain dan tentukan secara objektif. Tapi semuanya kembali lagi pada dirimu. Keputusan akhir dalam mengolah kritikan ada padamu.

6Lets Move On!

123rf.com

Saatnya melakukan pembuktian bahwa kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kamu bukanlah orang yang terus-menerus berbuat salah. Kamu harus terus berlari sambil memperbaiki diri.

Jangan berhenti di tempat hanya karena kamu terlalu banyak memikirkan kritik tapi tak berusaha mengolah kritikan itu menjadi tenaga untuk perbaikan.

SHARE