Beberapa orang membuat blog hanya untuk iseng-iseng, ada juga yang memang khusus untuk berjualan.

Tetapkan tujuanmu sejak awal jika memang akan membuat blog khusus untuk berbisnis. Sebab kamu perlu juga untuk mempelajari teknik-tekniknya agar ada uang yang dihasilkan.

Berikut ini adalah beberapa cara menghasilkan uang dari blog;

1Komisi dari Affiliate Marketing

plus.google.com

Bergabung dalam sebuah program affiliasi adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog.

Program affiliasi yang kamu ikuti sebaiknya sesuai dengan topik blog yang kamu buat. Misalnya, sebuah blog topik tentang internet marketing, maka program affiliasi yang diikuti harus berhubungan dengan hal tersebut.

Konten di dalam blog yang dibangun harus punya value dan manfaat bagi orang lain. Semakin baik konten blogmu, maka kemungkinan besar akan semakin tinggi konversi penjualan dari blog tersebut.

2Menawarkan Ruang Iklan di Blog

theundercoverrecruiter.com

Sebuah blog yang memiliki trafik tinggi biasanya lebih sukses mendapatkan pengiklan yang potensial.

Seperti poin pertama, produk atau website yang kamu iklankan harus disesuaikan dengan topik dari website atau blog yang kamu punya.

Sebaiknya jangan menerima iklan yang mempromosikan produk yang sama sekali tidak berhubungan dengan topik pada blogmu.

Hal ini akan membingungkan orang dan biasanya konversinya jelek. Misalnya, blogmu berisi tentang hijab dan pakaian muslim, lalu kamu memasang iklan dari advertiser yang mempromosikan produk pengurus badan.

3Memasarkan Jasa atau Produk Sendiri

lifehacker.com.au

Ini artinya si pemilik blog tersebut menjual produk, hobi, atau jasanya kepada para pembaca blognya.

Jadi, selain mendapatkan teman-teman blogger di internet, dia juga mendapat penghasilan dengan cara menjual keahlian atau produknya di blog tersebut. Inilah yang termasuk cara paling kreatif.

Jadi tidak hanya fokus jualan saja, karena biasanya blog akan lebih menarik kalau diisi juga dengan semacam curhatan keseharian si pemilik blog tersebut.

4Menulis Artikel tentang Bisnis/Website Orang lain

skilledup.com

Kegiatan ini biasanya disebut dengan Paid for Review. Ada banyak lho perusahaan yang ingin agar bisnis mereka diulas di blog orang lain.

Biasanya perusahaan tersebut bersedia membayar cukup mahal untuk sebuah artikel review. Satu artikel review bisa dibayar sebesar Rp 300 ribu – Rp 500 ribu, tergantung negosiasi.

Namun, tidak mudah mendapatkan Advertiser yang mau membayar untuk artikel review. Biasanya mereka yang menghubungi bloggernya karena mereka pun mencari blogger yang sudah tinggi pengunjung blognya.

5Menjadi Publisher Google Adsense

shoemoney.com

Google Adsense adalah salah satu program PPC yang paling terkenal dan paling banyak diikuti oleh publisher di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Untuk menjadi publisher dan mendapatkan uang dari Google Adsense, kamu harus punya website atau blog yang memiliki trafik cukup tinggi terlebih dulu.

Penghasilan publisher didapatkan dari klik valid iklan Adsense yang ada di website atau blog. Tapi jangan sampai kamu klik pada iklanmu sendiri karena ini dilarang oleh pihak Google Adsense.

Saat ini sudah ada banyak sekali situs-situs besar, baik lokal maupun internasional yang bergabung menjadi publisher Google Adsense.

6Menjual Blog Pribadi

blogerish.com

Ini adalah cara terakhir yang mungkin bisa kamu pilih untuk menghasilkan uang dari blog. Pasti akan sangat berat untuk menjual sebuah blog yang sudah kamu bangun dengan susah payah.

Tapi bila memang kamu sudah tidak ada waktu atau sudah tidak mampu merawat blogmu, maka opsi ini bisa kamu pertimbangkan.

Menjual blog pribadi memang akan terasa sulit jika tidak tahu caranya atau tidak punya jaringan yang bisa membantu menjual blog atau website.

Menghubungi seorang broker atau pengantara akan sangat membantu untuk menemukan calon buyer yang potensial.

Sebagian dari uang hasil penjualan website tersebut bisa kamu gunakan untuk modal membangun bisnis yang lain.

Jadi, kamu tertarik mencoba yang mana?