Ulang tahun adalah momen yang menggembirakan bagi semua orang sekaligus waktu untuk banyak bersyukur. Di momen inilah biasanya banyak orang yang berulang tahun mengungkapkan kebahagiaannya dengan kue ulang tahun.

Dengan istimewanya momen ulang tahun ini, maka tidak heran jika suguhan kuenya saja berbeda dari kue-kue pada umumnya. Biasanya kue ulang tahun banyak hiasannya sehingga sangat menarik untuk dipandang.

bebasbacabaca.blogspot.com
bebasbacabaca.blogspot.com

Namun, sebenarnya kamu tahu nggak sih kalau kue ulang tahun itu sebenarnya sama saja dengan cake pada umumnya. Hanya saja yang membedakannya adalah hiasannya saja.

Jadi sebenarnya kamu pun bisa lho membuat kue ulang tahun sendiri. Caranya kamu hanya perlu menghias cake yang kamu buat. Nah, untuk menghias inilah kita perlu tau caranya.

Supaya kamu bisa menghias kue ulang tahun sendiri. Langsung kita lihat saja yuk langkah-langkah untuk menghias kue ulang tahun!

1Melapisi Kue dengan Butter Cream

dtebi.blogspot.com

Sebelum kita melapisi kue dengan butter cream, kita perlu mendinginkan kuenya terlebih dahulu. Oiya, butter cream ini biasa juga disebut krim kocok ya.

Tujuan dilapisinya kue dengan butter cream, supaya hiasan-hiasan kue yang akan kita letakkan di atas kue ini bisa menempel. Jadi butter cream bisa diibaratkan sebagai perekat hiasan untuk kue ulang tahun.

Sebelum kamu mengolesi kue dengan butter cream, maka langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memotong bagian kue yang kering berwarna kecoklatan. Tujuannya agar permukaan kuenya rata.

desertcandy.blogspot.com
desertcandy.blogspot.com

Untuk meratakan butter cream pada kue, kamu bisa menggunakan spatula, agar butter cream-nya merata keseluruh permukaan kue. Nah, untuk mengolesi pinggirannya, kamu bisa menempelkan butter cream secukupnya ke spatula, lalu kuenya diputar.

Setelah semua permukaan kue terlapisi butter cream, maka sebelum menghiasnya, kita perlu menyimpannya terlebih dahulu di dalam lemari es selama kurang lebih 15 menit.

2Menghias Kue dengan Butter Cream

foodsofourlives.com

Selain sebagai olesan dan perekat, butter cream pun bisa kita gunakan sebagai bahan untuk menghias kue. Kamu bisa menghias pinggiran kue dengan bentuk pagar, bintang, atau daun dengan butter cream ini.

wennyahmad.woordpress.com
wennyahmad.woordpress.com

Caranya bagaimana? Kamu bisa menggunakan spuit, yaitu alat yang berfungsi membentuk butter cream. Spuit ini biasa dimasukkan pada kantong plastik segitiga untuk kemudian ditambahkan butter cream dan dihiaskan ke pinggiran kue.

3Menghias Kue dengan Fondant atau Coklat Blok

wilton.com

Fondant merupakan pasta gula yang bentuknya elastis, sehingga bisa dibuat bentuk tiga dimensi maupun dua dimensi. Fondant biasanya berbentuk seperti lilin mainan anak-anak.

Yang membedakan fondant dengan lilin mainan anak-anak adalah bentuk dan teksturnya yang agak keras. Sehingga untuk menggunakannya kita perlu menguleninya terlebih dahulu.

Selain fondant, kita pun bisa menghiasi kue dengan coklat blok. Untuk menggunakan coklat blok sebagai hiasan, maka hal pertama yang perlu kita lakukan adalah melelehkannya.

Supaya coklat blok memiliki bentuk yang beraneka macam, maka saat masih dalam kondisi meleleh, coklat blok ini dicetak terlebih dahulu menggunakan cetakan plastik ataupun silikon. Baru setelah itu siap digunakan sebagai hiasan kue.

4Menghias Kue dengan Tulisan

adeshacake.wordpress.com

Saat ulang tahun, tentunya akan lebih berkesan jika kuenya diberikan tulisan khusus untuk yang sedang berulang tahun. Biasanya tulisan ini berisi nama orang yang berulang tahun maupun ucapan selamat dari yang memberikannya.

Untuk menuliskan ucapannya, kita bisa menggunakan krim kocok atau butter cream. Untuk membentuknya kita bisa menggunakan spuit berbentuk garis lurus. Jika kue ulang tahun telah ditulisi, maka kue ini pun siap untuk diberikan.