Seseorang yang memiliki bau badan pastilah bermasalah dengan kepercayaan dirinya. Rasanya orang-orang yang memiliki masalah bau badan tinggi akan dijauhi lingkungan.

Guna menghilangkan bau badan, berupa cara digunakan. Namun kamu harus mengenali dulu apa sebenarnya penyebab bau badan itu.

Secara umum, bau badang disebabkan karena keringat. Keringat dihasilkan oleh dua kelenjar yakni  accrine dan kelenjar apocrine. Kelenjar accrine memproduksi keringat bening dan tidak berbau yang dikeluarkan sejak bayi, dan biasanya muncul di tangan, punggung, serta dahi.

Kelenjar accrine akan mengeluarkan cairan yang banyak mengandung air dan sama sekali tidak berbau. Fungsinya lebih ke melindungi tubuh agar tetap lembab dan tidak kepanasan.

Sementara kelenjar apocrine bisa ditemukan pada daerah akar rambut seperti ketiak, hidung dan organ vital. Nah kelenjar yang jenis apocrine ini akan aktif setelah masa pubertas.

Kelenjar apocrine mengandung asam lemak jenuh dengan cairan lebih kental dan berminyak. Minyak yang dihasilkan oleh kelenjar ini saat keluar bercampur dengan bakteri yang berperan dalam proses pembusukan.

Akibatnya timbullah bau badan yang tak sedap tersebut. Pada sebagian orang yang memiliki kelenjar apocrine sangat besar, produksi keringatnya lebih besar sehingga bau badannya juga sangat tidak sedap.

Nah guna menghilangkan bau badan yang tak sedap tersebut, ada beberapa cara yang dapat kamu tempuh. Cara yang digunakan aman karena menggunakan cara alami.

1Mandi Teratur

desaindesainrumah.com

Cara pertama sangat mudah saja dan tentu saja murah. Namun banyak-terutama laki-laki- yang jarang mau melakukannya dengan baik. Yup, kamu cukup mandi secara rutin minimal dua kali sehari.

Produksi keringat yang tinggi akan dibersihkan sehingga bau badan yang muncul akan hilang. Dengan mandi secara teratur baik pagi atau sore dan waktu-waktu tertentu dimana kondisi tubuh sangat berkeringat, akan memastikan tubuh wangi secara berkala.

2Mandi Daun Sirih

facetofeet.com

Daun sirih bukan hanya untuk nenek-nenek yang gemar mengunyahnya. Daun sirih juga memiliki manfaat yang sangat besar.

Cara agar daun sirih bisa menghilangkan bau badan adalah sediakan 30 lembar daun sirih lalu campur dengan air secukupnya.

Rebus hingga benar-benar mendidih. Lalu campur air rebusan tersebut dengan air dingin agar tidak terlalu panas.

Nah kalau sudah hangat, mandilah menggunakan campuran air dengan daun sirih tersebut. Cara ini bisa kamu lakukan secara rutin.

3Jeruk Nipis

buruan.co

Selain dikenal untuk perawatan kecantikan kulit dan rambut, jeruk nipis juga mampu hilangkan bau badan yang menyengat. Untuk cara penggunaannya, ambil satu buah jeruk nipis dengan ukuran yang agak besar.

Lalu potong menjadi dua bagian dan peras agar airnya keluar.Setelah itu, campur air jeruk nipis dengan daun sirih dan kapur.

Penggunaan jeruk nipis bukan untuk diminum melainkan dioleskan pada ketiak dan area tubuh lain yang menjadi sumber bau badan.

4Mentimun

pondokibu.com

Mentimun juga memiliki sifat yang dapat menghilangkan bakteri. Karena itu, mentimun cukup baik membasmi bakteri penyebab bau pada tubuh. Cara menggunakannya, kamu sediakan satu buah mentimun dan potong menjadi beberapa bagian tipis tipis.

Kemudian oleskan irisan mentimun tersebut pada sumber bau seperti ketiak. Lakukan dengan teratur agar bau badan tidak muncul lagi.

Kamu bisa melakukan bersih-bersih badan dengan mentimun ini setelah kamu mandi.

5Daun Kemangi

cara.media

Daun kemangi sering digunakan sebagai lalapan saja. Namu seperti namanya yang bermakna daun yang wangi, kemangi bisa digunakan untuk kebersihan tubuh.

Konsumsilah daun kemangi secara rutin dipagi dan sore hari maka anda akan terhindar dari yang namanya bau badan.

6Jahe

apotekmaxs.com

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang mempunyai rasa pedas dan hangat. Jahe sering dijadikan sebagai bahan minuman hangat ataupun dijadikan sebagai pengganti minyak pijat.

Jahe juga bermanfaat untuk hilangkan bau badan secara alami. Sensasi pedas dan hangat pada jahe bukan hanya baik untuk menghangatkan tubuh pada musim dingin.

Tetapi jahe juga bisa digunakan sebagai senjata ampuh pengusir bau badan. Rutinlah minum wedang jahe, selain nikmat konsumsi jahe secara ruti juga dapat menghilangkan bau badan.