5 Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Efektif

www.aktual.com

Apakah ada orang di sekeliling kamu yang mulutnya berbau tidak sedap? Orang tua mungkin? Emmm, atau mungkin teman sekelas atau sekantor kamu? Atau malah kamu sendiri yang mulutnya berbau? Semoga tidak lah ya.

Kita bisa saja memiliki masalah bau mulut atau bau nafas tak sedap. Masalah ini kadang muncul dan itu wajar. Tetapi pada tingkat tertentu, masalah ini bisa menjadi kronis dan besar. Satu-satunya cara untuk mengetahui mengapa bau mulut bisa muncul adalah dengan mencari penyebabnya.

Sisa makanan yang masih menempel di gigi menjadi makanan empuk bakteri. Karena bakteri menyukai tempat yang basah, lembab, sekaligus hangat, maka gigi dimana sisa makanan berada bisa menjadi tempat berkembang biak yang sangat disukai. Bakteri-bakteri inilah penyebab munculnya bau mulut anda.

Bakteri-bakteri ini menghasilkan senyawa-senyawa sulfur yang baunya seperti telur busuk. Sikat gigi dan berkumur lah sekurang-kurangnya dua kali sehari, jangan lupa bersihkan pula bagian lidah, karena bakteri sejenis itu bisa hidup tanpa oksigen di bagian belakang lidah.

Tapi, kita akan merasa ilfeel bukan kalo sedang berbicara dengan orang yang mempunyai problema ini? Nah, coba kita bayangkan kalau yang mulutnya berbau itu kita? Tentu akan menghilangkan percaya diri, bukan?

Pasti lah ya. Sebenarnya bau mulut itu ada bermacam-macam lho penyebabnya. Jangan selalu berpikiran kalau orang yang mulutnya berbau itu malas menyikat gigi yaa, karena bukan hanya itu yang menyebabkan bau tak sedap itu datang.

Penyebabnya bisa karena sariawan, gigi berlubang, konsumsi rokok yang berlebihan, atau bisa saja karena konsumsi makanan yang menimbulkan bau mulut seperti jengkol, bawang putih dan lain sebagainya.

Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi menyebabkan produksi saliva (air liur) menurun. Padahal salah satu fungsi saliva adalah untuk membersihkan bakteri-bakteri di dalam mulut. Saliva juga menjaga sel-sel di dalam mulut tetap hidup. Jika kita kekurangan saliva, maka sel-sel di dalam mulut banyak yang mati.

Sel-sel mati ini juga bisa menjadi sumber bau busuk. Minumlah air dalam jumlah cukup, sekurang-kurangnya 8 ons (takaran gelas sejenis) atau 1,8 liter air per hari. Teh hijau juga dikenal memberikan hidrasi (asupan cairan) yang cukup bagi tubuh.

Selain itu, antioksidan di dalamnya mampu mengubah beberapa senyawa sulfur yang menyebabkan bau mulut.

Penderita alergi yang tidak dapat bernafas dengan baik melalui hidung menggunakan mulut sebagai saluran pengganti. Hal ini menyebabkan mulut cepat mengering.

Jika kamu merupakan penderita alergi, pastikan selalu memperhatikan kesehatan saluran pernafasan dan menambah asupan air.

Hal yang paling lumrah, umum, dan kita semua tahu bahwa bawang adalah salah satu bahan makanan penyebab bau mulut. Namun tahukah kamu bahwa produk-produk makanan berbahan susu mengentalkan ingus (nasal mucus) dan menyebabkan aroma seperti sulfur?

Maka tidak heran jika kamu pernah mendengar bahwa para penyanyi profesional seringkali menghindari makanan atau minuman berbahan susu, terutama jika mereka hendak tampil. Makanan-makanan berkarbohidrat tinggi juga berpotensi menarik bakteri karena kandungan gulanya yang tinggi.

Makanan berserat akan cukup membantu untuk mengimbangi dan mengurangi masalah bau mulut. Selain makanan, konsumsi rokok juga terbukti menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Sariawan bisa menyebabkan bau mulut terutama sariawan yang levelnya sudah meradang dan tidak kunjung kering.

Infeksi dapat terjadi di sinus dan dapat menyebabkan aroma busuk. Salah satu cara untuk mengatasi infeksi tersebut adalah dengan antibiotik, sesuai dengan anjuran dokter kamu.

Kasus infeksi amandel yang menyebabkan peradangan pada amandel, ataupun radang tenggorokan dapat menghasilkan butiran-butiran kalsium di bagian belakang tenggorokan, dan selanjutnya juga menyebabkan aroma tidak enak yang keluar dari mulut.

Cara paling mudah dan terbukti manjur adalah dengan berkumur menggunakan air berkadar garam tinggi. Fungsinya untuk membunuh bakteri-bakteri penyebabnya.

Tambahkan satu sendok makan garam ke dalam kurang lebih seperempat liter air dan gunakan untuk berkumur di pagi hari, dalam 2 atau tiga hari. Setelah itu, makanlah yoghurt yang memiliki kandungan “bakteri baik”.

Orang yang berada pada kondisi dimana tingkat asam lambung tinggi (maag), seringkali bersendawa dengan diikuti keluarnya aroma yang tidak enak. Aroma tersebut mirip aroma asam cuka. Banyak orang menduga bahwa asam lambung hanya berkaitan dengan bagian pencernaan.

Namun pada kondisi yang lebih buruk, asam lambung juga bisa mencapai sinus dan bagian dalam telinga. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang memacu peningkatan asam lambung hingga jumlah yang tidak diharapkan, misalnya minuman beralkohol, coklat, kayu manis, dan lain-lain; apalagi jika anda memiliki masalah dengan maag.

Meski jarang ditemui, beberapa kasus bau mulut juga ditemui pada penderita kanker di bagian hidung, tenggorokan, telinga, dan leher. Aroma tidak sedap ini disebabkan oleh kanker itu sendiri.

Namun demikian, hal paling utama sebagai penyebab mulut adalah kebersihan mulut, khususnya kebersihan gigi. Jadi jangan langsung panik jika anda mendapati bau mulut anda tiba-tiba menjadi semakin tidak sedap.

Kebersihan mulut seringkali diabaikan dan kalah oleh kebersihan bagian tubuh luar, penampilan. Sekarang saatnya untuk menyadari bahwa bagian mulut juga butuh perhatian yang sama.

Sedangkan gigi berlubang, ya seperti yang kita tahu gigi berlubang merupakan tempat ‘strategis’ bagi kuman untuk terus tumbuh dan berkembang, timbunan plak serta sisa makanan atau minuman sehingga menyebabkan bau mulut tersebut.

Kalau perokok, ah rasanya sudah tidak perlu ditanya lagi, asap rokok bisa menyebabkan mulut menjadi berbau tidak sedap terlebih jika tidak pernah dirawat.

Yang harus kamu ketahui adalah pentingnya menjaga kebersihan mulut. Menjaga kebersihan mulut melibatkan banyak hal yang dilakukan secara rutin setiap hari, diantaranya adalah menyikat gigi, berkumur dan menggunakan pembersih mulut (mouthwash).

Banyak dari kita yang tidak memahami mengenai kebersihan gigi ini dan efeknya bagi kesehatan keseluruhan, dan hanya berfikir bahwa ini hanyalah sebagai cara untuk menjaga gigi tetap bersih dan menghindari bau nafas.

Kenyataannya, bau nafas dan gigi yang tidak sehat kebanyakan disebabkan oleh bakteri, dan bakteri ini bisa memiliki sejumlah efek terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mungkin akan mengejutkan jika kamu tahu bahwa jumlah anda berkumur dalam sehari memiliki korelasi langsung dengan seberapa tinggi tingkat perkembangan kanker dan stroke. Ini menandai arti penting menjaga kebersihan mulut.

Mungkin beberapa dari kamu yang membaca artikel ini bingung dan heran bagaimana bisa menyikat gigi dan berkumur memiliki hubungan dengan kanker dan stroke.

Kaitannya adalah dengan sistem kekebalan tubuh, dan jika kamu memiliki bakteri-bakteri buruk di mulut maka sistem kekebalan tubuh anda secara terus menerus akan bertarung dengan bakteri tersebut untuk mencegah efek lebih luas terhadap kesehatan tubuh.

Pada saat proses ini terjadi, maka tekanan darah akan naik dan memberikan peluang bagi bakteri/virus lain untuk menyerang. Mulut adalah tempat pertama dimana peluang itu bisa terjadi; karena mulut adalah tempat yang hangat dan lembab sehingga sempurna untuk penyebaran bakteri.

Selain itu, mulut merupakan area yang langsung berhubungan dengan perut dimana bakteri dan virus mendapat akses ke dalam darah. Ini berarti jika anda mendapatkan bakteri jahat di dalam mulut maka bakteri tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam perut dan menyebabkan penyakit.

Alasan lain mengapa mulut rentan adalah karena berbagai benda yang biasa dimasukkan ke mulut.

Sebagai contoh, sebagian dari kita suka memasukkan jari ke dalam mulut setelah menyentuh benda yang tidak higienis, mengusap mulut dengan tangan, dan makan makanan yang belum dicek kebersihannya.

Point terakhir, kebersihan mulut tidak hanya berkaitan dengan kesehatan pribadi, tetapi juga berpengaruh terhadap estetika dan kehidupan sosial kamu. Selain itu mulut yang bersih juga dapat mencerna makanan dengan baik dan dapat menikmati makanan sesuai selera.

Pada saat yang bersamaan, kebersihan mulut kita juga berpengaruh terhadap kesehatan orang lain. Ini benar adanya, saat kita batuk atau bersin, kita menyebarkan bakteri atau virus di dalam mulut kepada orang lain. Kita bisa saja menutup mulut, tapi faktor terpentingnya adalah bagaimana kita bisa mengurangi jumlah bakteri jahat di dalam mulut.

Nah, setelah tau penyebabnya, boleh dong ya kita bahas soal cara menghilangkannya. Di samping itu, kalau kita tahu penyebabnya, tentu kita bisa lebih bisa menghindarinya, bukan? Sok yuk dibaca! 🙂

1Minum Kopi Hitam

tipscaradanlangkah.files.wordpress.com

Kopi hitam merupakan salah satu cara yang ampuh dan simpel untuk menghilangkan bau mulut. Kita bisa langsung minum kopi yang sudah diseduh atau langsung ambil kopi hitam yang masih fresh kemudian dimakan langsung.

Memang pahit, tapi ini dipercaya merupakan cara yang dapat diandalkan. Namun, jangan sampai hanya karena ingin menghilangkan bau mulut lantas kita dapat mengkonsumsi kopi dalam jangka panjang dengan dosis yang berlebihan. Ingat, yang berlebihan itu tidak baik!

2Rutin Menggosok Gigi

ciricara.com

Hal paling mendasar yang harus kita lakukan adalah rutin menggosok gigi, setidaknya 2 kali sehari. Namun, ketika menggosok gigi tidak boleh terlalu agresif karena hal tersebut bisa menghancurkan enamel yang membuat gigi kita lebih rentan terhadap kerusakan.

Akibat dari kerusakan itu?sudah paham bukan?

3Konsumsi Vitamin C

www.dhanyinfo.net

Banyak buah-buahan yang menjadi sumber vitamin C, contohnya yang paling terkenal adalah buah jeruk. Vitamin C dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

Jika bau mulut disebabkan oleh sariawan, maka langkah tepat yang dapat kita lakukan adalah memperbanyak makan buah Seperti yang kita ketahui, salah satu penyebab terjadi sariawan adalah karena kekurangan vitamin C, dan vitamin C bisa kita dapatkan dari buah-buahan.

Dapatkan vitamin C dari buah dan makanan lain, jangan dari suplemen, karena itu hanya justru memperparah bau mulut.

4Teh Hijau dan Daun Sirih

glarehouse.com
manfaatdaunsirih.com
manfaatdaunsirih.com

Kedua bahan alami ini terbukti dapat mengatasi bau mulut tak sedap. Apa alasannya? Karena teh hijau mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat mengatasi masalah bau mulut.

Tapi, jika meragukan keaslian teh hijau yang sering dijual di pasaran, kita juga bisa berkumur menggunakan daun sirih.

Untuk membuatnya kita bisa merebus terlebih dahulu beberapa lembar daun sirih, kemudian disaring. Setelah dingin gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

5Hindari Pemicu Bau Mulut

sehat-bugar-cantik.blogspot.com

Nah, inilah yang paling penting, ibaratnya percuma jika kita berusaha menghilangkan penyakit tapi penyebab dari penyakit itu masih terus bersama kita. Dalam hal ini, ya harusnya kita menjauhkan penyebab-penyebab dari bau mulut itu sendiri.

6Bau Mulut Pada Ibu Hamil

www.pakargigi.com

Bau mulut juga bisa terjadi pada ibu hamil. Hal ini tentu membuat ibu hamil yang harus menyesuaikan dengan kondisi tubuhnya menjadi tidak nyaman. Ada banyak penyebab bau mulut di saat hamil, salah satunya perubahan hormon.

Beberapa penyebab bau mulut di masa kehamilan di antaranya adalah morning sickness yang sering terjadi di awal kehamilan khususnya di trimester pertama. Morning sickness merupakan kondisi dimana tubuh wanita masih menyesuaikan dengan perubahan yang ada di dalam tubuhnya.

Mornning sickness membuat tubuh terasa lebih cepat lelah, merasa pusing, dan terkadang disertai dengan mual dan muntah yang parah.

Beberapa wanita hamil perlu diberikan perawatan khusus untuk mengatasi morning sickness, namun ada juga yang tidak mengalaminya sama sekali. Morning sickness menjadi penyebab bau mulut pada wanita hamil.

Perubahan lainnya seperti adanya hormon yang terus menerus berkembang, menjadikan wanita hamil cepat mengalami mual. Mual akan menyebabkan muntah dan secara tidak langsung sisa muntahan yang masih ada di dalam mulut dapat menjadi penyebab bau mulut.

Mual-mual yang terjadi tidak dapat dihindari tetapi bisa dikurangi dengan tidak mengonsumsi makanan yang menyebabkan rasa mual serta tetap menjaga kenyamanan diri.

Usahakan pula untuk selalu mencukupi kebutuhan air. Mulut kering karena dehidrasi ketika hamil juga dapat menyebabkan bau mulut.

Penyebab bau mulut tersebut akan semakin memperparah keadaan ibu hamil karena bukan hanya asupan air untuk ibu hamil saja yang tidak tercukupi tetapi juga untuk janin yang sedang berkembang di dalam perutnya.

Penyebab bau mulut yang terjadi pada masa kehamilan menjadi momok yang tidak membuat nyaman bagi ibu hamil. Terlebih keinginan untuk menyikat gigi pun semakin berkurang karena enggan mencium bau pasta gigi.

Supaya bisa lebih nyaman, maka ibu hamil bisa membuat makanan tertentu yang akan mengurangi kadar bau pada mulutnya, atau bisa juga dengan mengonsumsi ramuan-ramuan herbal yang tidak berbahaya bagi kesehatan ibu sendiri dan kesehatan bagi janinya.

Semakin bertambah usia kehamilan maka akan semakin banyak perubahan yang terjadi pada diri ibu hamil. Dengan begitu maka potensi untuk mengalami bau mulut pun akan semakin tinggi.

Penyebab bau mulut akan semakin bertambah dan berbeda beda tergantung kepada kapan dan berapa usia kehamilan yang sedang dialami oleh ibu hamil tersebut. Jika morning sickness menjadi penyebabnya di awal kehamilan, maka perubahan hormon akan menjadi penyebab lainnya di trisemester berikutnya.

Demikianlah beberapa penyebab bau mulut yang terjadi pada masa kehamilan. Perlu diketahui bahwa bau mulut merupakan hal normal jika ibu sedang hamil. Tidak diperlukan obat-obatan untuk mengatasi bau tersebut karena akan berdampak buruk bagi perkembangan janin.

Lebih baik mengurangi beberapa makanan penyebab bau mulut, atau melakukan kegiatan yang bisa membuat badan lebih rileks dan menerima perubahan yang ada selama masa kehamilan hingga persalinan tiba.

Jangan khawatir, karena selalu ada solusi buat kamu. Jika kamu sedang hamil kemudian mengalami gejala bau mulut, hal-hal berikut bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau tak sedap yang keluar dari mulut.

Pada masa menjelang kehamilan atau pada minggu-minggu pertama lakukanlah pemeriksaan gigi ke dokter gigi. Ini akan membantu kamu untuk menghindari bau mulut. Mintalah resep dokter jika gejala bau mulut mulai terdeteksi.

Gunakan pasta gigi enzim selama masa kehamilan karena pasta gigi enzim tidak mengandung Sodium Lauril Sulfat (deterjen), sehingga tidak membuat mulut menjadi semakin kering dan kandungan colostrumnya akan berfungsi meningkatkan kelembaban rongga mulut.

Kandungan enzim-enzim dan protein dalam pasta gigi akan meningkatkan fungsi pertahanan air ludah sehingga bakteri dapat dikendalikan. Jika bakteri dapat dikendalikan maka masalah di rongga mulut selama kehamilan akan dapat ditekan.

Jika kamu adalah salah satu pengguna kawat gigi, mungkin kamu akan sedikit kesulitan untuk menjaga kebersihan gigi terutama dari bau mulut.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir. Sebagian besar kawat gigi terbuat dari bahan logam, plastik, atau keramik yang diperuntukkan khusus bagi orang dewasa. Jelas bahwa bahan-bahan tersebut tidak meninggalkan bau khas.

Yang kemudian membuat kawat gigi berpotensi menjadi pemicu bau mulut adalah akibat proses pembersihan gigi dan mulut yang tidak sempurna. Hal ini membuat makin banyaknya sisa makanan yang tertinggal di bagian kawat gigi yang kemudian menjadi penyebab bau mulut.

Untuk membersihkan sisa makanan tersebut, kamu harus teliti membersihkan seluruh bagian dari kawat gigi dan permukaan gigi. Sebaiknya sikat gigi tiap setelah makan.

Pengguna kawat gigi dapat menggunakan sikat gigi seperti biasa, namun harus ekstra berhati-hati. Memakai sikat gigi elektrik atau sikat gigi listrik bisa menjadi salah satu alternatif bagi para pengguna kawat gigi.

Perhatikan kepala sikat mana yang paling aman digunakan. Ganti kepala sikat lebih sering saat tengah menggunakan kawat gigi.

Proses membersihkan gigi saat mengenakan kawat gigi dapat dilengkapi dengan menggunakan benang gigi atau dental floss jika dirasa ada lokasi dalam mulut yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

7Bau Mulut Pada Anak?

www.obatherbalalami.com

Memang, bau mulut telah menjadi kendala umum bagi sebagian anak-anak. Hal ini disebabkan bau mulut, pada umumnya, terjadi tanpa penyebab pasti darimana berasal. Menurut kidshealth.org, bau mulut pada seorang anak kecil biasanya terjadi karena:

• Makanan dan minuman, seperti bawang putih, bawang, keju, jus jeruk, dan soda
• Kesehatan gigi yang buruk yang berarti tidak menyikat gigi dan berkumur secara teratur
• Kebersihan mulut yang buruk menyebabkan bau mulut karena ketika partikel makanan yang tersisa di mulut anak Anda dapat membusuk dan mulai berbau. Sisa-sisa makanan dapat mengumpulkan bakteri pada gigi yang dapat menimbulkan bau juga.
• Adanya gigi berlubang

Untuk kasus bau mulut, hal ini akan membuat anak menjadi tidak percaya diri untuk melakukan interaksi sosial karena semua temannya akan menjauhinya dan bahkan beberapa anak akan mengolok-olok anak.

Pada akhirnya, bisa saja kondisi ini akan membuat dia malu dan takut untuk berinteraksi.

Untuk seorang anak yang giginya mulai tumbuh, tidak menyikat gigi secara teratur akan membiarkan plak atau karang gigi menjadi berkembang di giginya. Plak adalah tempat yang bagus bagi bakteri untuk hidup dan alasan lain mengapa napas bisa berbau tidak sedap.

Untuk mengatasi hal tersebut, ajarkan anak kamu untuk selalu rutin menyikat giginya secara teratur dan jangan lupa untuk menyikat lidahnya juga karena bakteri juga bisa berada di sana.

Ajarkan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari secara rutin. Jangan lupa untuk membatasi dia memakan makanan manis seperti permen dan coklat karena akan membuat gigi berlubang yang pada akhirnya akan menjadi tempat bakter penyebab bau mulut berkembang di situ.

Konsumsi makanan yang berbau tajam harus mulai dikontrol, coba lah sekali-kali bermusuhan dengan rokok. Toh, rokok tidak mempunyai pengaruh positif untuk kita bukan?

ALih-alih memberi manfaat positif, rokok justru merugikan penghisapnya dan orang lain yang tercemar udara rokok. Duh.

8Bau Mulut Ketika Puasa?

lipsus.kompas.com

Berpuasa dan munculnya bau mulut (atau nafas berbau) berkaitan erat; dan kebanyakan disebabkan oleh keringnya mulut selama berpuasa. Tanpa makanan dan air, kelenjar ludah tidak memproduksi air liur dalam jumlah cukup yang dapat menjaga nafas tetap segar.

Bau nafas adalah hal yang sebenarnya normal bagi seseorang yang berpuasa.  Namun, meski sedang dalam keadaaan melakukan ibadah suci, bukan berarti kita bisa mengabaikan kebersihan tubuh begitu saja, termasuk di antaranya kebersihan mulut.

Salah satu bukti bahwa kebersihan mulut harus tetap dijaga saat berpuasa adalah: Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan penggunaan siwak secara rutin saat berpuasa.

 

Berkumur terbukti membantu membersihkan mulut. Saat berwudlu sebelum sholat, berkumurlah dengan benar. Ini untuk membersihkan kotoran-kotoran dan bakteri di dalam mulut khususnya di sela-sela gigi.

Sebagai tambahan, anda dapat menggunakan mouthwash (obat kumur) yang tidak mengandung alkohol. Alkohol tentu saja dilarang dan efeknya justru akan memperkering mulut. Pastikan anda tidak menelannya saat berkumur.

Umat muslim telah lama mengenal penggunaan siwak atau sikat gigi dari pohon siwak untuk membersihkan gigi dan lidah. Sejumlah penelitian internasional membuktikan bahwa siwak (atau miswak, sewak) sangat efektif untuk membersihkan mulut, dan tentu saja ini juga dianjurkan oleh Nabi SAW.

Kini siwak digunakan sebagai bahan dalam berbagai jenis produk yang berkaitan dengan kesehatan dan kebersihan mulut.

Kondisi perut yang buruk juga bisa menyebabkan bau mulut. Pastikan anda juga mengatasi masalah perut (misalnya maag) dan juga perhatikan asupan makanan di saat sahur dan berbuka.

Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit serta tidak memperhatikan jenis-jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka dapat menyebabkan berbagai gangguan perut. Oleh karena itu, meski sedang berpuasa, kamu tetap wajib memperhatikan seberapa banyak asupan dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Menjaga kebersihan mulut tetaplah penting pada saat berpuasa, karena dapat menghindarkan berbagai masalah, di antaranya adalah bau mulut atau bau nafas. Meskipun berpuasa, aktivitas membersihkan mulut dengan berbagai cara tetap harus dilakukan sama seperti kondisi normalnya.

Tidak ada alasan untuk tidak membersihkan mulut saat berpuasa. Memperhatikan porsi makan dan jenis makanan adalah hal penting karena hal ini juga berpengaruh terhadap kesehatan perut dan mulut.

Sebagai contoh, berbuka puasa sebenarnya bukanlah ajang pesta makan. Tapi acapkali kita berusaha makan apapun pada saat berbuka dan tidak mengontrol apa yang kita makan. Ini bisa menyebabkan masalah perut, bau mulut/nafas, dan bahkan masalah berat lainnya.

9Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut

obatherbaluntukpneumoniapadaanak.wordpress.com

Mulut termasuk tempat berkembang biaknya berbagai macam bakteri yang dapat mengakibatkan munculnya penyakit berbahaya seperti jantung, kanker dan gijal jika tidak di jaga kesehatannya, karena bakteri dapat menimbulkan toksin yang berbahaya untuk kesehatan, bahkan dokter gigipun menyerankan bila gigi berlubang untuk segara di tambal agar tidak menjadi tempat menumpuknya bakteri jahat.

Saat mulut sehat gigi menjadi kokoh dan tidak ada gigi yang berlubang, salah satu penyabab sakit gigi adalah gigi berlubang sehingga anda akan nyaman saat mengkonsumsi makanan kesukaan tanpa ada rasa nyeri dan sakit yang mengganggu hdup menjadi nikmat tanpa ada gangguan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here