Banyak nyamuk di rumahmu? Wah kamu jarang bersih-bersih ya? Dengan banyaknya nyamuk di lingkunganmu, bukan tak mungkin jika kamu jadi target serangan mereka. Alhasil, kulitmu penuh dengan bentol-bentol yang tidak sedap dipandang mata.

Tak hanya membuat kurang percaya diri karena gigitan nyamuk saat di tempat umum, kamu juga merasa gatal-gatal yang tak bisa ditolerir. Gigitan nyamuk juga bikin kulitmu menghitam dan kusam.

Wah, jika begini, keestetisan kulitmu semakin berkurang saja. So, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini cara mengatasi gigitan nyamuk pada kulitmu.

1Pakai Lotion Pemutih

www.wisegeek.com

Ingin meyamarkan bekas gigitan nyamuk dengan cepat, cobalah lotion pemutih. Memang lotion nyamuk bukan solusi terbaik, namun, lotion pemutih siang dan malam dapat menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Meski begitu, lotion pemutih jika tidak diimbangi dengan asupan zat yang penting diserap oleh tubuh.

2Mengonsumsi Vitamin C

www.erasecosmetics.com

Dengan memperbaiki kesehatan kulitmu, bekas gigitan nyamuk akan hilang dengan sendirinya. Salah satu caranya mengonsumsi vitamin C yang dapat membuat kulitmuĀ  lebih lembab, sehat dan kering.

Kamu bisa melakukan penyuntikan vitamin C sepekan sekali. Ini dapatmembantu kulit lebih sehat sehingga proses regenerasi kulit menjadi lebih optimal.

Selain itu juga membuat lotion pemutih yang kamu gunakan dapat diserap kulit dengan baik. Proses regenerasi kulit yang baik menyebabkan sel kulit pada bekas gigitan nyamuk bisa dengan cepat tergantikan dengan sel kulit baru.

3Kentang

kaloriku.com

Coba gunakan bahan-bahan yang ada di dapurmu, salah satunya kentang. Caranya mudah saja.

Kupaslah satu buah kentang dan gunakan bagian dalam kulit kentang untuk mengobati luka akibat gigitan nyamuk pada kulit.

Kulit kentang baik untuk menghilangkan bintik-bintik merah tersebut. Pasalnya, kentang mengandung potassium dan vitamin C yang ampuh menghilangkan bekas luka. Cara ini adalah cara alami yang bisa diaplikasikan ke kulitmu nih.

4Gel Lidah Buaya

www.1000macammanfaat.com

Nah, bahan yang satu ini mudah di temukan di sekitar pekarangan rumahmu. Mudah sekali caranya. Ambilah satu tangkai lidah buaya kemudan potong-potong dan ambil gelnya.

Kemudian, langsung oleskan pada bintik merah bekas gigitan nyamuk pada kulitmu. Tunggulah dan rutin menggunakannya, niscaya bintik-bintik merah gigitan nyamuk bisa lenyap.

5Bawang Merah dan Bawang Putih

budidayacaraalam.blogspot.com

Bumbu dapur yang selalu dipakai ibu-ibu ini ternyata ampuh mengobati luka. Bawang putih dan bawang merah memiliki kandungan anti bakteri yang ampuh mengobati luka, termasuk luka merah akibat alergi atau gigitan nyamuk.

Caranya, potong belah bawang merah atau bawang putih, kemudian oleskan pada kulitmu secara perlahan. Oleskan secara rutin sampai gigitan nyamuk di kulitmu hilang.

6Lemon

isipulsa.co.id

Bukan hanya bagus untuk tubuhmu, lemon juga bisa untuk mengurangi bekas gigitan nyamuk.

Caranya, ambil satu buah lemon, belah dua dan ambil airnya dengan cara diperas. Untuk mengaplikasikan perasan lemon ini, ambil kapas kemudian celupkan pada perasan lemon dan barulah aplikasikan pada kulitmu secara perlahan.

7Kulit Pisang

www.tesco.pl

Tak hanya buahnya, ternyata kulit pisang punya segudang manfaat. Salah satunya dapat menyembuhkan luka bekas gigitan nyamuk.

Caranya, tinggal oleskan bagian dalam kulit pisang pada kulitmu yang terkena gigitan nyamuk.

8Cuka Apel

www.facetofeet.com

Nah, coba cara yang ini. Masukkan 2-3 cangkir cuka apel dalam bak air hangat untuk mengobati luka gigitan nyamuk.

Atau jika ingin praktis, teteskan cuka pada kapas lalu dioleskan pada bekas gigitan. Lebih baik lagi jika menggunakan cuka sari apel.

9Air Mandi Baking Soda

www.tesco.pl

Cobalah berendam dalam air mandi yang dicampur baking soda, dengan perbandingan 1:3. Campuran ini membantu mengatasi rasa gatal hingga iritasi kulit.

10Susu Segar dan Air

sitinabilayasmin.blog.upi.edu

Nah, cara satu ini cukup mudah. Celupkan kain ke dalam campuran susu segar dan air, lalu kompreskan pada bekas gigitan nyamuk.

 

SHARE