Jerawat merupakan sebuah masalah bagi wajah karena kehadirannya akan membuat wajah kita tidak mulus dan terkadang bekas jerawat akan meninggalkan jejak hitam atau lebih dikenal dengan nama flek.

Kehadiran flek hitam bekas jerawat di wajah tentunya akan mengganggu penampilan wajah kita. Butuh penanganan khusus agar flek hitam bekas jerawat bisa hilang dari wajahmu. Salah satu penanganan yang tepat adalah dengan menggunakan bahan alami.

Kenapa harus bahan alami? karena menggunakan bahan alami memiliki efek samping yang sedikit berbeda ketika menggunakan bahan kimia yang memiliki banyak efek samping untuk wajah kita.

Nah berikut adalah cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat yang sehat, murah, dan mudah:

1Lidah Buaya

annunaki.me

Selain mempunyai fungsi untuk menutrisi rambut lidah buaya juga bermanfaat untuk wajah. Cara pemakaian untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat: parut lidah buaya secukupnya sampai halus kemudian dicampur dengan minyak zaitun, kemudian aduk jadi satu hingga rata.

Selanjutnya oleskan seperti saat memakai masker lainya hingga merata dan diamkan hingga masker lidah buaya penghilang flek hitam agak mengering atau kurang lebih 5 menit selanjutnya tinggal basuh dengan air hingga bersih.

2Kulit Mentimun

kutono.blogspot.com

Kandungan silika (zat kolagen) pada buah mentimun berfungsi untuk mencerahkan dan mengencangkan kluit wajah.

Cara pemakaian untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat: ambil kulit mentimun secukupnya saja kemudian gosokkan pada bagian wajah yang terdapat flek hitam bekas jerawat.

3Putih Telur

wanista.com

Telur mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh tak terkecuali untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat di wajah.

Cara pemakaian untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat : siapkan satu telur ayam dan satu kapas, kemudian tuangkan telur ayam di gelas atau mangkuk lalu ambil putih telurnya saja.

Ambil kapas secukupnya saja lalu celupkan ke dalam putih telur lalu usapkan putih telur tadi yang sudah ada putih telurnya ke wajah kita hingga merata, kemudian tunggu hingga olesan putih telur tersebut kering, setelah kering tinggal di basuh menggunakan air.

4Nanas

ristizona.com

Buah yang berasal dari Brasil, Paraguay, dan Bolivia ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga mempunyai efek yang sangat baik untuk kulit kita.

Selain merupakan salah satu cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dengan obat alami yang efektif, masker nanas juga dapat memutihkan kulit serta menghaluskan wajahmu.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah 100 gram nanas yang diparut atau diblender hingga halus, 50 gram buah mentimun segar yang juga dihaluskan dan satu sendok makan madu asli.

Cara membuatnya sangat mudah, campur semua bahan dan mengaduknya hingga kental dan berbentuk pasta. Sebelum mengaplikasikan masker ini bersihkan wajah terlebih dahulu dengan pembersih atau sabun wajah sesuai jenis kulitmu.

Oleskan masker dengan kuas masker dan berbaringlah dengan rileks hingga masker mengering. Tunggulah selama 20 menit atau setengah jam sebelum membersihkan masker dengan handuk basah.

Terakhir, bilas wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Perawatan wajah ini dapat kamu lakukan satu atau dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
fiforlif

5Jus Lemon

shasmira.com

Mengatasi bintik noda pada wajah secara alami contohnya adalah dengan menggunakan jus lemon. Bukan sekedar minuman saja, tapi jus lemon dapat mengilangkan noda lho.

Percaya atau tidak, lemon dapat menghilangkan noda pakaian, menghapus bintik putih sisa laundry dll. Bahkan dapat menggunakannya untuk mengobati bintik hitam bekas jerawat.

Mungkin tidak akan sempurna menghilangkan bintik noda. Tapi setidaknya dapat mencerahkan kulit dan membuat bintik hitam menjadi lebih terang.

Caranya, ambil beberapa jus lemon segar diperas, dan oleskan ke wajah dengan menggunakan kapas. Setelah berminggu-minggu ketekunan, bintik noda kamu akan mulai memudar.

6Jeruk Nipis

duniainformasikesehatan.com

Selain dapat menghilangkan noda dan flek hitam di wajah, berikut khasiat lain dari jeruk nipis untuk kecantikan kulit, yang dapat ada peroleh:

Untuk kulit yang kusam, kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat mencerahkan serta menjaga elastisitas kulit.

Kandungan AHA (alpha hydroxy acids) di dalamnya mampu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga terjadi regenerasi sel kulit di wajah kita yang membuat wajah kita terlihat lebih bersih, cerah, dan segar.

Dengan mengoleskan sari perasan jeruk nipis ke area hidung dan sekitarnya secara teratur, dapat juja menghilangkan komedo di wajah.

7Berdoa

wrthrough.com

Doa adalah penunjang setelah kita melakukan usaha, sehingga usaha kita untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat bisa di kabulkan oleh Allah SWT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here