Jerawat kadang-kadang tidak bisa dihindari datangnya meski kita sudah menjaga kebersihan wajah. Sebabnya tubuh kadang memproduksi hormone terlalu banyak saat kita datang bulan, sehingga jerawat tetap datang. Kalau setelahnya jerawat tidak meninggalkan bekas sebenarnya tidak masalah. Sayangnya kadang bekas jerawat itu jadi mengganggu penampilan dan wajah kita.

sumber gambar: planetcsddotcom
sumber gambar: planetcsddotcom

Proses perbaikan kerusakan yang disebabkan jerawat pada jaringan kulit memang tidak selalu berhasil dengan sukses. Karena  kolagen, zat yang mendukung perbaikan jaringan kulit, ternyata tidak cukup.

Sehingga kulit menjadi tertekan dan berlubang. Atau jika kolagennya terlalu banyak maka kulit menjadi terangkat dan muncul bintik-bintik bahkan flek hitam. Duuh…

Daripada tambah stress dan malah makin banyak jerawat di wajah, yuk kita hilangkan bekas jerawat dengan cara-cara ini.

1Manfaatkan tomat.

sumber: sehatdotlink

Tomat punya kandungan vitamin A dan C yang bagus untuk kesehatan kulit. Caranya potong-potong tomat, letakkan potongan-potongan itu di bekas jerawat di wajah. Selama 20-30 menit diamkan, lalu bilas dengan air bersih.

Lakukan tiga kali seminggu. Dalam waktu sebulan insya Allah bekas jerawat akan hilang, asal disiplin dan rutin melakukannya.

2Manfaatkan jeruk nipis.

sumber gambar: lintasnewsdotcom

Kandungan asam alpha hidroksi (AHA) alami dalam perasan jeruk nipis dapat mempercepat penyembuhan, meremajakan kulit dan memudarkan bekas jerawat.

Caranya peras 1-2 buah jeruk nipis. Oles perasan ke wajah yang berbekas jerawat, biarkan 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Lakukan seminggu tiga kali.

3Manfaatkan minyak zaitun.

sumber gambar: disehatdotcom

Selain bisa digunakan sebagai bahan masakan, minyak zaitun ternyata baik untuk kesehatan kulit. Oleskan minyak zaitun ke bekas jerawat pada malam hari sebelum tidur dan juga pagi hari. Lihat hasilnya.

4Manfaatkan Gula.

sumber gambar: medianitadotcom

Sediakan gula dan minyak zaitun untuk membuat scrub gula. Gula murni mengandung asam glikolat dan AHA, fungsinya bisa membersihkan sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi sel.

Caranya dengan menyampurkan dua sendok gula (murni/organik) dengan satu sendok minyak zaitun. Selanjutnya masukkan beberapa tetes perasan jeruk nipis, dan adonlah  menjadi scrub.

Usapkan scrub gula buatan sendiri ini pada bekas jerawat. Tunggu selama lima belas menit, baru dibilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari.

5Manfaatkan madu.

seumber gambar: ceritaperutdotcom

Ia bisa menjadi pelembab alami yang baik untuk kulit, bisa membersihkan dan mengurangi bekas jerawat. Ada kandungan  sifat antibakteri di dalamnya. So bagus untuk  membantu menetralisir zat-zat yang ada di kulit, juga mengurangi peradangan.

Gunakan madu alami dan  bukannya madu olahan supaya bagus hasilnya. Oleskan madu langsung ke daerah bekas jerawat.

6Manfaatkan lidah buaya.

sumber gambar: manfaatbuahdaunblogspotdotcom

Sumber vitamin ini potensial membantu penyembuhan bekas jerawat. Ada gel lembut yang juga dapat berfungsi sebagai pelembab alami, sehingga kulit makin sehat dan lembut.

Potong lidah buaya, kupas kulit dan peras gel di dalamnya. Oleskan ke bekas jerawat, lakukan pijatan lembut. Tunggu tiga puluh menit, kemudian bilas.

7Manfaatkan mentimun.

sumber gambar: kalorikudotcom

Kandungan vitamin A, vitamin C dan magnesiumnya t baik untuk kulit. Caranya potong mentimun menjadi beberapa irisan tipis. Letakkan irisan mentimun tersebut di area bekas jerawat.

Tunggu tiga puluh menit, kemudian angkat irisan mentimun serta bilas wajah dengan air. Lakukan  perawatan ini setiap hari agar hasilnya maksimal.

Manfaatkan es teh hijau.
sumber gambar: farhakidotcom
sumber gambar: farhakidotcom

Es batunya saja sudah punya khasiat untuk membantu memudarkan bekas jerawat, kulit yang meradang dan mengurangi kulit kemerahan pada wajah.

Apalagi jika dicampur dengan teh hijau yang khasiatnya memang tak terbantahkan. Teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi sehingga bisa melengkapi efek pendingin es.

Caranya buat teh hijau, bungkus dalam  plastic dan letakkan dalam kulkas sehingga menjadi  es batu.

Kemudian oleskan atau taruh es teh hijau tersebut di bekas jerawat. Cukup 1-2 menit hingga kulit terasa mati rasa. Lakukan tiap hari supaya maksimal hasilnya.