Sebagian orang pasti merasa risih atau tidak percaya diri akan bekas luka yang bisa terlihat orang lain.

Bekas luka bisa ada di tangan, wajah, kaki atau bagian tubuh lain yang bisa dilihat orang sungguh bikin kamu tak pede. Bekas luka bisa karena luka bakar, jatuh atau lainnya sebenarnya bisa diobati secara alami. Dapat juga dilakukan dengan bantuan dokter.

Berikut ini tips buat kamu agar dapat menghilangkan bekas luka dengan cara-cara yang mudah. Beberapa bahan di dapurmu juga bisa digunakan untuk masalahmu ini. Namun, jika belum ada perkembangan dalam penyembuhan lukamu, segera hubungi dokter ya!

1Mentimun

www.bersatulah.com

Buah yang satu ini ternyata dapat menghilangkan bekas lukamu. Mentimun dengan nama latin Cucumis Sativus kaya akan kandungan Vitamin C. Mentimun juga memiliki kandungan potasium yang bagus menangkal radikal bebas.

Selain potasium, terdapat kandungan zat silika yang berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen dan mencegah keriput. Maka tak heran jika banyak produk kecantikan yang dibuat dari mentimun.

Adapun untuk menghilangkan bekas luka caranya cukup mudah. Kupas bersih mentimun dan haluskan dengan cara di blender. Oleskan pada bekas luka dan didiamkan sepanjang malam. Lakukan secara rutin pada bekas luka, maka luka perlahan menghilang.

2Gunakan Madu

berkhasiat.web.id

Madu dipercaya dengan banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan.  Sementara untuk bekas luka caranya cukup mudah.

Pilih madu alami dan oles-oles ke bekas lukamu. Diamkan kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukanlah secara rutin tiga kali dalam seminggu. Maka, bekas luka ditubuhmu akan segera hilang.

3Teh

www.healthyfoodelements.com

Bahan alami lain yang mudah diperoleh adalah teh. Teh mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan anti oksidan ini terbukti 200 kali lipat lebih menyehatkan kulit dibanding vitamin E.

Teh hijau juga dapat membuat kulit mulus dan menghilangkan jerawat. Teh juga bisa mengurangi minyak berlebih pada muka dan menyamarkan bekas luka.

Caranya cukup mudah, gunakan ampas teh pada bekas luka dan diamkan selama 30 menit. Lalu, apabila telah selesai bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin.

4Daun Pare

cahkenongo.wordpress.com

Cara lainnya dengan menggunakan daun pare. Ingat, bukan buahnya ya ladies, tetapi gunakan daunnya. Caranya, haluskan beberapa lembar daun pare yang sudah dicuci sampai bersih.

Sebelum dihaluskan, gunakan air hangat untuk menghaluskannya. Peras daun pare tersebut dan gunakan sarinya untuk mengolesi bekas luka pada tubuhmu. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

5Daun Mint

www.naturalhut.net

Daun dengan nama latin Mentha Piperita ini mengandung khasiat yang hebat untuk tubuh. Pada umumnya daun mint digunakan untuk makanan atau produk kesehatan masuk angin.

Bukan hanya itu, daun mint berkhasiat menghilangkan bekas luka, bekas jerawat, memar atau luka bakar. Caranya hampir sama dengan bahan lain.

Cuci bersih daun min, gunakan scrubnya untuk mengolesi bekas luka kamu. Kemudian bilas hingga bersih. Jangan lupa lakukan secara rutin.

6Lidah Buaya

wisatapontianak.com

Nah, bahan yang satu ini mudah di temukan di sekitar pekarangan rumahmu. Mudah sekali caranya. Ambilah satu tangkai lidah buaya kemudan potong-potong dan ambil gelnya.

Kemudian, langsung oleskan pada bekas luka. Tunggulah dan rutin menggunakannya, niscaya bekas lukamu bisa lenyap.

7Lemon

caramenghilangkankomedo.web.id

Bukan hanya bagus untuk tubuhmu, lemon juga bisa untuk mengurangi bekas luka. Caranya, ambil satu buah lemon, belah dua dan ambil airnya dengan cara diperas.

Untuk mengaplikasikan perasan lemon ini, ambil kapas kemudian celupkan pada perasan lemon dan barulah aplikasikan pada kulitmu secara perlahan

8Tindakan Dokter

jeqweb.com

Jika cara-cara alami tersebut belum berhasil, coba hubungi dokter. Tindakan medis dokter beragam.

Mulai dari penggunaan laser, filler, dermabrasi, subsisi, terapi dengan obat yang mengandung silikon, antiradang seperti kortikosteroid, prosedur chemical peeling, dermabrasi, dan sebagainya.

Perawatan kulit yang dapat dilakukan berupa terapi topikal hidrokuinon, krim yang mengandung vitamin C, asam retinoat, atau teknik mikrodermabrasi untuk flek yang lebih luas.