Tak sedikit orang yang risih dengan keberadaan bulu ketiak. Bulu ketiak dianggap menganggu penampilan. Beberapa tempat perawatan pun menawarkan pembersihan bulu ketiak.

Masalah ini membuat baik pria maupun wanita menggunakan cara apapun untuk membersihkan bulu ketiak. Bulu ketiak sendiri biasanya mulai tumbuh saat seseorang mulai masuk usia pubertas.

Kadang pertumbuhan bulu ketiak akan terus terjadi hingga seseorang berumur 22 tahun. Sebenarnya bulu ketiak sendiri keberadannya memiliki manfaat.

Salah satu fungsinya adalah agar menjaga kelembaban kulit ketiak agar bakteri yang menyebabkan bau badan tak berkembang.

Jika kamu ingin menghilangkan bulu ketiak, kamu mesti hati-hati. Pasalnya jika mencabut secara langsung terkadang akan menimbulkan iritasi dan membuat kulit ketiak menjadi hitam. Hal yang sama juga bisa terjadi kalau mencukur dengan pisau cukur.

Ada solusi lain yang bisa kamu lakukan. Salah satunya yakni mencoba bahan-bahan alami penghilang bulu ketiak secara permanen.

Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan. Tak sulit mendapatkan bahan tersebut karena ada di sekitar kita.

1Krim Pepaya

abisyakir,wordpress.com

Pepaya bisa digunakan untuk menghilangkan bulu ketiak. Karena buah pepaya mengandung banyak nutrisi untuk mencegaj pertumbuhan rambut pada manusia.

Didalam pepaya terdapat enzim aktif yang bernama papain. Fungsi dari enzim tersebut adalah mencegah pertumbuhan rambut dan mematahkan folikel rambut.

Cara membuat krim pepaya cukup mudah. Campur 1 buah pepaya yang masih mentah dengan kunyit bubuk, tepung terigu masing-masing 1/4 sendok teh.

Lalu campur juga dengan 4 sendok makan gel lidah buaya, 2 sendok makan minyak sawi dan 2 tetes minyak lavender. Campur semua bahan sampai campurannya menebal.

Lalu oleskan pada ketiak dengan melawan arah pertumbuhan bulu ketiak (dari bawah ke atas). Biarkan mengering selama 15 – 20 menit.

Setelah itu gunakan kain bersih untuk membersihkan pasta tadi, cara menggosoknya juga harus berlawanan arah dengan pertumbuhan bulu ketiak.Jika krim pepaya sudah bersih, cuci ketiak pakai air dingin lalu keringkan.

2Pakai Jeruk Nipis

buruan.co

Selain krim pepaya, jeruk nipis juga berguna untuk menghilangkan bulu rambut. Kandungan alami jeruk nipis yang mengandung vitamin C tingi bisa merontokkan bulu ketiak.

Caranya kamu tinggal langsung ambil buah jeruk nipis dan belah. Setelah dibelah, gosokkan pada kulit ketiak sehingga kulit ketiak kamu terkena sari dari jeruk nipis itu sendiri. Lakukan sesering mungkin hingga kamu mendapatkan hasilnya.

3Kunyit

www.1000macammanfaat.com

Kunyit sudah lama digunakan oleh masyarakat India sebagai alami untuk mencerahkan kulit. Selain berguna sebagai bahan alami mencerahkan, kunyit juga sangat baik dalam mencegah pertumbuhan rambut.

Kulit sendiri sangat bermanfaat karena mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Cara mengolah kunyit menjadi pbat perontok rambut sangat mudah.

Pertama haluskan kunyit, lalu rendam ke dalam air dan lumatkan sampai berbentuk pasta yang tidak terlalu padat tapi juga tak terlalu rapuh.

Tempelkan krim kunyit pada ketiak kamu dan gosok ke arah yang berlawanan dengan pertumbuhan rambut. Diamkan sekitar 15 menit sampai mengering. Bersihkan kunyit dengan air hangat.

4Kapur Sirih

fitribelajarislam.wordpress.com

Kapur sirih bisa digunakan juga untuk menghilangkan bulu rambut secara permanen. Caranya campurĀ  1 sendok kapur sirih dengan 2 sendok air mineral.

Kemudian aduk hingga merata dan oleskan pada bagian kulit ketiak kamu. Biarkan hingga 30 menit dan bersihkan secara teratur 3 kali dalam seminggu.

5Perawatan Laser

lynlyne.blogspot.com

Mungkin jenis perawatan ini belum cukup dikenal. Perawatan laser adalah jenis perawatan kulit berbasis teknologi.

Cara ini bisa merontokkan bulu ketiak sekaligus menghentikan pertumbuhan sampai ke akarnya. Teknologi yang digunakan adalah teknologi sinar.

Metode ini cukup aman. Karena cahaya yang dipancarkan tidak meresap ke dalam lapisan kulit, melainkan hanya diserap oleh bulu sampai ke akarnya hingga tidak menimbulkan rasa nyeri pada kulit.

Biayanyapun juga terjangkau. Menjalani treatment lase, kamu akan merasa aman karena ditangani langsung oleh dokter kecantikan menggunakan teknologi yang telah bersertifikasi internasional.