Flek atau noda hitam pada wajah berasal dari berbagai sumber. Kebanyakan didasari karena jerawat yang membandel. Jerawat biasanya meninggalkan bekas yang tentu tidak kamu inginkan, bekas jerawat inilah yang disebut dengan flek hitam.

Tidak hanya jerawat, luka juga bisa meninggalkan bekas noda atau flek hitam pada wajah. Masalah yang satu ini memang agak sulit diselesaikan. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena masih ada bahan-bahan alami yang sederhana yang akan membantumu mengatasi flek hitam.

1Buah Lemon

en.wikipedia.org

Kandungan vitamin dan mineral pada lemon dipercaya mampu menghilangkan flek hitam pada wajah. Kamu cukup memeras buah lemon lalu mengusapkan secara merata pada permukaan wajah kemudian diamkan selama beberapa menit.

Mungkin ini akan memberikan efek samping berupa rasa perih atau panas pada wajah. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena ini adalah proses terserapnya vitamin dan mineral buah lemon pada wajah.

2Jeruk Nipis

caramenghilangkanjerawatalananospray.blogspot.com

Flek hitam biasanya membuat kulit wajah terlihat kusam. Kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk mengatasinya. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis mampu mencerahkan kulit wajah.

Jeruk nipis juga mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga terjadi regenerasi pada kulit dan akan memberikan warna cerah pada wajah. Dan ternyata jeruk nipis juga mampu menghilangkan komedo pada wajah loh.

3Pepaya

tipskecantikanherbal.com

Pepaya mengandung papain, enzim yang mengeksfoliasi kulit, mendorong produksi sel-sel baru, sehingga kulit tampak lebih cerah dan segar. Pepaya hijau mengandung kadar papain yang lebih tinggi dari pepaya yang sudah matang.

Tetapi pepaya hijau akan terasa lebih menyengat ketika diterapkan pada wajah.

4Kulit Semangka

www.bubul.net

Semangka sudah sangat dikenal sebagai alternatif terbaik dalam upaya menghilangkan flek hitam. Kandungan serat, vitamin A, B dan C nya membantu proses regenerasi kulit dan mencerahkan warna kulit.

Kamu ngga perlu menggunakan buahnya, yang kamu butuhkan hanya kulitnya saja.

5Mentimun

www.sarefa.com

Btw, mentimun itu buah atau sayur ya? Hehehe.

Siapa yang menyangka bahwa lalapan yang satu ini juga mampu mengatasi flek hitam pada wajah. Ini karena mentimun memiliki kandungan air dan mineral yang sangat banyak.

Parutan mentimun bisa kamu oleskan merata pada wajah, lakukan terapi ini selama dua hari sekali secara rutin. Kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal setelah itu.

6Madu

www.nuga.co

Madu ternyata tidak hanya memiliki satu atau dua manfaat. Melainkan seluruh persoalan pada tubuh bisa diobati dengan madu. Wajar jika banyak orang mengatakan bahwa madu adalah obat segala penyakit.

Untuk menghilangkan flek hitam pada wajah, kamu bisa menggunakan masker madu. Ingat ya, madunya untuk di oleskan merata pada wajah, bukan dioleskan di lidah. Hehe.

7Es Batu

www.naturalhut.net

Yang satu ini mungkin agak menantang buat kamu, selain karena dingin memang es batu agak memberikan efek pusing jika terlalu lama ditempelkan pada kulit wajah.

Es batu mampu mencegah pembengkakan akibat jerawat yang meradang serta memperlancar peredaran darah. Selain itu es batu juga bermanfaat menghilangkan bekas luka atau jerawat pada kulit wajah.

Bahan-bahan alami diatas tentu kamu tidak akan kesulitan mendapatkannya. Kamu bisa menggunakan tips dengan bahan-bahan tersebut secara teratur. Tetapi jika mengalami alergi terhadap salah satu bahan tersebut gantilah dengan bahan yang lain.

Penggunaan kosmetik juga harus diperhatikan. Pakailah kosmetik yang memang sudah teruji aman untuk kulit dan tidak menimbulkan dampak yang negatif ya.

SHARE