Cara Menghilangkan Jerawat dan Komedo dengan Mudah

obatbekasjerawatbatu.files.wordpress.com

Munculnya jerawat dan komedo di wajah tentu sangat mengganggu. Apalagi bagi para remaja, jerawat adalah musuh terbesar. Karena jerawat dan komedo yang susah hilang dapat mengganggu penampilan.

Meski begitu baik pria atau wanita dewasa juga mengalami jerawat di wajah. Bahkan adanya jerawat dan komedo terkadang bisa mempengaruhi rasa percaya diri seseorang.

Bintik-bintik gelap dan kecil yang biasanya terdapat di area hidung, di daerah sekitar mulut atau pipi adalah komedo. Komedo adalah pori-pori yang tersumbat.

Begitupun dengan jerawat, jerawat terjadi akibat peradangan pori-pori yang disebabkan karena kotoran yang menyumbat saluran minyak.

Penyebabnya munculnya jerawat dan komedo antara lain sel-sel kulit mati yang menumpuk, produksi minyak di wajah berlebih, stres, make up yang berlebih sehingga menyebabkan iritasi, debu, dan makanan seperti gorengan.

Tentu setiap orang ingin tampil dengan wajah yang bersih dan sehat. Bagi kamu yang ingin menghilangkan jerawat dan komedo membandel, tak perlu khawatir, terdapat cara alami dan simple untuk menghilangkannya.

Berikut beberapa cara mengilangkan jerawat dan komedo.

1Rutin Membersihkan Wajah

www.sehatdanfit.com

Setelah beraktivitas seharian, berpergian atau berktivitas di luar, tentu wajah kita terkena debu dan paparan sinar matahari, segera bersihkan wajah dengan pembersih atau sabun wajah.

Jika tidak dibersihkan, tentu debu dan kotoran akan menempel di kulit sehingga pori-pori tersumbat, hal itu menyebakan komedo.

Selain itu, pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan bersarangnya bakteri di wajah yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Ketika malam hari akan tidur, pastikan wajah kamu bebas dari make up, bersihkan wajahmu sebelum tidur sehingga kulit kamu bisa bernafas bebas.

2Minum Air Putih

gigisusu.net

Polusi yang kita alami setiap hari dapat menjadi racun dan merangsnag timbulnya jerawat di kulit.

Dengan rutin meminum air putih minimal 8 gelas sehari dapat membuang racun-racun dan zat yang tidak dibutuhkan tubuh secara teratur.

Racun yang mengendap akan keluar bersama keringat sehingga komedo dan jerawat tidak muncul. Selain itu, air putih juga bisa menjadi terapi kecantikan.

3Cuci Muka dengan Air Hangat

www.sehatdanfit.com

Kita telah mengetahui penyebab komedo dan jerawat salah satunya karena kotoran yang mengendap di pori-pori. Ternyata air hangat membuat pori-pori terbuka untuk sementara.

Mencuci wajah dengan air hangat dapat membersihkan secara maksimal karena sabun wajah kamu dapat membersihkan pori-pori yang terbuka tadi.

Setelah bersih, basuh wajah kamu dengan air biasa agar pori-pori kembali menutup.

Menghilangkan komedo juga dapat dilakukan dengan uap air panas. Caranya cukup mudah, siapkan air panas pada wadah. Posisikan wajah kamu tepat di atas wadah tadi.
Uapi wajah kamu 3-5 menit sambil lakukan pemijatan di area komedo. Uap panas tersebut menyebabkan pori-pori terbuka, sehingga dengan pemijatan komedo akan keluar.

4Masker Putih Telur

www.ummi-online.com

Putih telur adalah salah satu bahan alami yang ampuh menghilangkan komedo dan jerawat. Cara membuat masker putih telur cukup mudah, pisahkan putih telur dan  kuning telur.

Aduk putih telur sampai berbusa lalu oleskan pada wajah terutama area yang terdapat komedo. diamkan selama 5-10 menit hingga mengering. Kemudian basuh wajah sampai bersih.

5Lemon

www.sehatplus.com

Buah lemon sudah terpercaya untuk kecantikan kulit. Selain dapat mencerahkan kulit, lemon dapat menghilangkan komedo dan jerawat.

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah ini dapat membantu mengangkat komedo dan menghilangkan jerawat.

Siapkan lemon, belah menjadi dua bagian selanjutnya pijat wajah dengan irisan lemon tadi terutama pada area wajah yang berjerawat atau terdapat komedo. Lakukan cara ini 2 – 3 kali seminggu secara rutin agar hasilnya maksimal.

6Es Batu

www.ummi-online.com

Pori-pori yang besar dapat menyebabkan kotoran mudah masuk dan menempel di wajah. Menggunakan es batu di wajah dapat mengecilka pori-pori.

Cara merawat wajah dengan es batu adalah dengan menempelkan es batu pada wajah, tekan pelan-pelan pada bagian wajah yang berkomedo 5 -10 menit.

7Lidah Buaya

www.capitalfm.co.ke

Gel lidah buaya selain bermanfaat untuk merawat kecantikan rambut juga berkhasiat dalam mengilankan jerawat dan komedo.

Ambil satu lidah buaya, belah menjadi berapa potong, lalu ambilah gel nya. Oleskan pada wajah kamu tunggu sampai kering. Kemudian bilas sampai bersih.

Selain itu, lidah buaya juga bermanfaat menghilangkan bekas jerawat. Lakukan perawatan ini secara teratur agar komedo dan jerawat kamu cepat hilang.

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat dan komedo secara alami. Cukup mudah bukan? Kamu dapat melakukan perawatan tersebut di rumah.

Perlu diingat juga, selain perawatan dari luar sebaiknya lakukan perawatan dari dalam juga dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang baik untuk kulit.

Jerawat dan komedo membandel tak perlu takut lagi. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here