Sayuran dikenal sebagai tumbuhan yang memilik banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Tidak hanya sebagai sumber vitamin dan mineral, sayuran juga sangat membantu fungsi tubuh. Bahkan memiliki khasiat untuk kulit.

Pastikan kamu lebih banyak mengkonsumsi sayuran untuk memperlancar proses detoksifikasi pada tubuh. Proses pembersihan ini akan membantu membersihkan semua racun yang ada pada tubuh, termasuk yang menjadi pemicu awal tumbuhnya jerawat.

Berikut adalah beberapa sayuran yang dipercaya ampuh dalam menghilangkan dan mencegah jerawat :

1Tomat

www.yunusman.top

Selain dibuat jus, tomat bisa dimanfaatkan untuk masker. Nutrisi beserta mineral yang terkandung didalamnya mampu membersihkan wajah yang kelebihan minyak. Karena minyak adalah pemicu awal jerawat.

Cara pemakaiannya cukup sederhana, kamu bisa menghaluskan tomat, atau membuatnya menjadi jus yang segar. Kemudian usapkan secara merata pada wajah. Atau kamu juga bisa mengiris tipis tipis tomat kemudian tempelkan pada wajah secara merata.

Biarkan beberapa saat untuk kemudian bilas menggunakan air bersih. Lakukan secara rutin, ini akan membantumu terhindar dari masalah jerawat.

2Jeruk Nipis

www.muslimahcorner.com

Sayuran selanjutnya yang berfungsi menghilangkan jerawat adalah jeruk nipis. Ternyata selain di pergunakan untuk mempersegar sambal, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mempersegar wajah. Jadi apa bedanya wajah dengan sambal? Haha.

Jeruk nipis sangat efektif dalam mengempeskan peradangan akibat infeksi bakteri jerawat.

Cara pemakaian jeruk nipis yaitu dengan memotong-motong jeruk nipis kemudian usapkan secara merata pada bagian wajah. Kamu harus berhati-hati dalam menggunakannya, jangan sampai terkena mata. Karena akan menimbulkan rasa perih yang amat sangat.

3Seledri

belukab.go.id

Daun seledri yang biasa kita kenal sebagai daun penyedap sayur sop ternyata memiliki khasiat terhadap wajah. Kandungan mineral dan seratnya mampu menetralisir endapan limbah asam didalam tubuh.

Selain itu, sayuran yang satu ini juga mampu mengurangi ketegangan pada saraf yang merupakan pemicu berbagai penyakit kulit.

4Mentimun

www.bersatulah.com

Sayuran yang memiliki bentuk lonjong dan berwarna hijau ini ternyata juga ampuh dalam membantu menghilangkan jerawat. Mentimun memiliki kandungan vitamin A, B1, C, serta mineral yang mampu menghilangkan jerawat.

Penggunaannya adalah dengan memotong mentimun yang masih segar secara tipis-tipis kemudian tempelkan merata pada wajah. Diamkan beberapa menit sampai mengering lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

5Bawang Putih

www.lookup.co.id

Sayuran yang satu ini selain menjadi penyedap masakan bisa juga digunakan sebagai antibiotik. Bawang putih mampu meredakan infeksi dan bakteri kulit yang menyebabkan jerawat. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker atau langsung memakannya dalam keadaan mentah.

Lumayan lah, menghilangkan jerawat sekaligus mencegah dari datangnya drakula. Wkwkwk.

6Kecambah

pospopulers.blogspot.com

Ternyata kecambah atau toge ini mampu mengurangi endapan asam pada tubuh dengan kekayaan kandungan vitamin dan mineral didalamnya. Caranya? Untuk yang satu ini memang hanya bisa digunakan dengan cara mengkonsumsinya.

Toge juga bisa mencegah kemandulan loh.

7Kubis

www.bima-trading.com

Sayur kubis dapat membantu kamu mengobati jerawat. Olah kubis menjadi jus atau menjadi sayur kubis segar yang digunakan sebagai lalapan atau salad sayuran. Kubis berfungsi untuk membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran zat-zat beracun dalam tubuh yang menyebabkan munculnya jerawat.

8Paprika Hijau

id.aliexpress.com

Sayur paprika hijau ternyata juga mampu mengobati jerawat loh. Kabar baiknya, selain mengatasi jerawat, paprika juga dapat mencegah sembelit dan menguatkan kerja hati. Kamu dapat langsung memakan paprika hijau yang masih segar atau menghaluskannya menjadi jus.

Nah bagaimana? Kamu tertarik beralih kepada cara-cara alami untuk menghilangkan jerawat? Oke, selamat mencoba ya.

SHARE