Apakah wajah kamu terdapat jerawat yang ukurannya kecil-kecil dan banyak? Itu adalah jerawat pasir. Jerawat pasir merupakan jerawat yang ukurannya kecil, muncul secara bergerombol di area pipi atupun dagu sehingga membuat kulit tampak kasar.

Jerawat pasir muncul disebabkan adanya sel kulit mati yang menumpuk hingga tebal dan menyumbat lubang pori-pori, kebiasaan mebasuh wajah dengan frekuensi yang berlebihan, kebiasaan memencet komedo dan cenderung mengkonsumsi makanan berlemak.

Penyebab lainnya adalah hormon kelenjar minyak yang berlebihan, faktor kondisi kulit mungkin terlalu sensitif, serta akibat kebiasaan bebas dan gaya hidurp buruk.

Jerawat pasir kerap membuat risih orang yang mengalaminya. Karena hal ini sangat mengganggu penampilan. Jika kamu mengalami keadaan seperti itu tentu kamu akan mencari cara menghilangkannya dengan alami dan aman.

Tak perlu khawatir, berikut ada beberapa cara menghilangkan jerawat pasir.

1Teh Hijau

glarehouse.files.wordpress.com

Manfaat teh hijau sejak dulu telah diyakini bagus untuk kesehatan tubuh dan kesehatan kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Dengan mengkonsumsi teh hijau, maka jerawat kecil-kecil mampu dikikis dan diganti sel-sel yang mati.

Sehingga tidak hanya bermanfaat menyehatkan kulit, membasmi jerawat tetapi juga membuat kulit terlihat lebih muda. Wajar bila aneka produk kecantikan memiliki kandungan teh sebagai salah satu komposisinya.

Teh hijau dapat dibuat scrub untuk menghilangkan jerawat pasir. Caranya cukup mudah, haluskan teh hijau kemudian oleskan pada kulit wajah yang terdapat jerawat pasir. Gosok scrub alami tersebut pada permukaan kulit secara perlahan dengan gerakan melingkar.

Lalu diamkan beberapa saat hingga kering. Setelah itu cuci dengan menggunakan air bersih dan sabun untuk wajah.

2Jeruk Nipis

www.muslimahcorner.com

Bahan alami ini tentu sangat mudah ditemukan. Menyembuhkan jerawat dengan jeruk nipis adalah cara yang tepat dan ampuh yang dapat kamu lakukan.

Jeruk nipis terkenal memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C. Kandungan inilah yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda.

Cara menyembuhkan jerawat dengan jeruk nipis cukup mudah dilakukan. Sediakan jeruk nipis yang tingkat kematangannya sedang, kemudian belah menjadi 2 bagian.

Selanjutnya dioleskan langsung ke seluruh wajah, terutama pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa saat, kemudian bersihkan dengan air bersih.

Perlu kamu ketahui, penyembuhan cara ini sedikit meninggalkan rasa perih. Rasa perih ini timbul karena vitamin C yang bekerja di permukaan kulit wajahmu dengan baik.

3Lidah Buaya dan Garam

www.sehatdanfit.com

Selama ini kita mengetahui lidah buaya berkhasiat untuk kesehatn kulit. Tapi tahukah kamu, selain bermanfaat untuk rambut, ternyata lidah buaya pun berkhasiat untuk mengatasi jerawat pasir yang membandel.

Campuran lidah buaya dan garam dapat dibuat scrub untuk menghilangkan jerawat pasirjadi kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena bahan ini mudah didapatkan.

Cara membuat scrub dari lidah buaya dan garam cukup mudah. Siapkan lidah buaya, kemudian ambilah getah atau gelnya. Haluskan getah lidah buaya tersebut. Jika sudah halus, tambahkan garam secukupnya.

Oleskan scrub ini ada kulit wajah berjerawat secara rata sambil digosok secara perlahan. Diamkan hingga kering lalu cuci menggunakan air sampai benar-benar bersih.

4Putih Telur

buletinsehat.com

Putih telur diyakini dapat menghilangkan bekas jerawat, juga dipercaya mampu mengurangi sekresi minyak berlebih. Sebab pemicu jerawat sendiri adalah minyak berlebih. Sebaiknya untuk masker putih telur pilihlah telur ayam kampung.

Cara membuat masker ini yaitu pisahkan putih telur dan kuning telur, lalu kocok-kocok sebentar. Oleskan putih telur tersebut ke wajah, tunggulah 15 menit (hingga kering). Setelah selesai bersihkan dengan air hangat.

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat pasir secara alami. Sangat praktis, mudah dan aman. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.