Siapa yang tidak kesal jika memiliki kulit berjerawat? Masalah kulit yang satu ini sering membuat kita tidak percaya diri.

Jerawat atau acne vulgaris dalam istilah medis, pada dasarnya adalah benjolan yang timbul akibat penyumbatan pori atau peradangan pada kulit yang disertai dengan nanah atau darah.

Banyak faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat diantaranya infeksi akibat bakteri P. acne, kulit berminyak, ketidakseimbangan hormon, pola makan yang tidak sehat dan lain sebagainya.

Jerawat yang muncul di wajah seringkali membuatmu merasa kurang percaya diri, risih, BeTe dan malu. Hal ini membuatmu merasa seolah-olah seperti sosok ‘itik buruk rupa’. Pada akhirnya, semua jerawat itu harus segera kamu singkirkan. Benar tidak?

Sudah banyak produk yang di tawarkan disana-sini baik secara online atau membuka kios atau tempat perawatan kecantikan. Namun, tidak semua orang memilih perawatan jenis ini.

Beberapa orang memilih untuk mengatasi jerawat dengan cara-cara tradisional dan bahan-bahan alami. Kelebihan mengatasi jerawat dengan cara tradisional adalah cara nya yang mudah dan dapat dilakukukan di rumah.

Sedangkan kelebihan mengatasi jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami adalah harganya yang terjangkau, mudah didapatkan dan tidak memiliki efek samping.

Namun jika kamu memilih untuk mengobati jerawat dengan cara alami dan tradisional, kamu harus sabar melakukanya. Hal ini dikarenakan mengobati jerawat dengan tradisional dan alami tidak bisa dilakukan dengan instan dan cepat.

Berikut ini ada 6 (enam) cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa kamu coba. Kelebihan dari cara alami ini, kamu tidak akan mengalami efek negatif atau efek samping yang biasanya timbul pada beberapa obat kimia penghilang jerawat.

1Es Batu

fondecranhd.net

Sebagian besar orang sering menggunakan es batu untuk keperluan mengawetkan daging atau mendinginkan minuman. Namun tahukah kamu, jika es batu juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan pada bagian yang bengkak akibat jerawat.

Dibanding menggunakan berbagai produk anti jerawat, ada banyak produk rumahan seperti mustard, cengkeh, dan kayu cendana yang bisa digunakan untuk menyingkirkan jerawat antara 1-2 hari.

Tidak punya bahan itu di rumah? Jangan khawatir, karena kamu masih bisa menghilangkan jerawat dalam satu hari dengan menggunakan es batu. Tak percaya? coba saja sendiri dengan melakukan beberapa langkah sederhana berikut ini.

Bersihkan wajah dengan mencuci muka. Hindari produk pembersih muka yang mengandung scrub saat sedang berjerawat. Karena butiran scrub yang agak kasar bisa melukai jerawat dan menyebabkan cairan jerawat menyebar di seluruh bagian kulit. Bersihkan wajah dengan lembut, jangan menggosoknya terlalu keras.

Campurkan multani mitti (sejenis lumpur yang memiliki efek mendinginkan tubuh) dengan bubuk cendana dan jus lemon. Terapkan masker ini di wajah selama lima menit. Kamu bisa menerapkannya pada bagian yang berjerawat ataupun di seluruh wajah.

Masker ini berfungsi untuk menghilangkan minyak berlebihan di kulit dan bisa mengurangi jerawat dari kulit.

Setelah lima menit, ambil es batu dan gosokkan pada jerawat. Gosok kulit dengan es pada bagian berjerawat dan sekitarnya hingga kulit mati rasa. Ini akan membantu mematikan bakteri dan kuman penyebab jerawat.

Usahakan untuk menggosok dua buah es batu sekali perawatan. Selain itu usahakan untuk melakukannya dua kali sehari. Kompres ini juga akan mengurangi kemerahan dan bengkak karena jerawat.

Gunakan sepotong kain bersih untuk mengeringkan air dari wajah. Terutama jika ada nanah atau cairan jerawat yang keluar saat kamu menggosok es batu ke wajah.

2Madu

ceritaperut.com

Minuman dari bahan alami nektar bunga yang diproses oleh lebah ini telah terkenal dari dulu sebagai obat. Mendapatkannya pun cukup mudah. Jadi, untuk kamu yang memiliki masalah jerawat bisa mencobanya.

Sejak jaman dahulu, mengkonsumsi madu dipercaya banyak memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Seiring perkembangan jaman, kini madu tidak hanya dipercaya berperan dalam kesehatan tetapi juga dapat mempercantik bagian tubuh seperti kulit dan rambut.

Bagi kulit, madu berkhasiat melembabkan dan mencerahkan kulit. Selain itu, madu populer digunakan untuk menyembuhkan jerawat secara alami.

Pertama, siapkan madu yang asli 100% tanpa campuran bahan apapun. Disarankan untuk menggunakan madu lebah lanceng yang berwarna hitam karena sangat efektif untuk menghaluskan kulit,terutama kulit wajah.

Madu tersebut selanjutnya dapat kamu gunakan untuk masker. Gunakan kurang lebih selama 20 hingga 30 menit. Dapat pula kamu tambahkan putih telur dengan takaran setengah sendok madu dengan setengah butir putih telor.

Eits, untuk wajah tentunya kamu tidak boleh menggunakan sembarangan bahan. Bisa bahaya jika madu yang kamu gunakan adalah madu palsu. Nah berikut adalah cara untuk membedakan madu asli dan madu palsu.

Pertama-tama kamu harus memperhatikan kemasan madu. Perhatikan kemasannya, madu yang asli tidak ada masa expirednya. Jika ada, kemungkinan madu tersebut telah dicampur bahan lain.

Kemudian tuangkan madu ke dalam air di dalam gelas. Jika madu tenggelam ke dasar gelas, itu berarti asli. Sebaliknya jika bercampur dengan air, berarti madu tersebut bisa jadi telah dioplos (ditambahkan) air.

Kamu juga bisa mencobanya dengan mencelupkan ujung korek api pada madu, lalu coba nyalakan api dengan menggesekan korek yang telah anda celupkan ke madu tersebut. Jika korek tersebut bisa menyala, maka madu tersebut asli.

Sebaliknya jika tidak bisa menyala, maka madu tersebut palsu. Korek tidak menyala karena korek tersebut basah, terkena air yang dicampurkan dalam madu tersebut.

Walaupun dimasukan ke dalam freezer, madu yang asli tidak akan membeku.

Campurkan madu dengan kuning telur, jika menggumpal berarti madu tersebut asli, karena madu itu bersifat asam, sedangkan telur merupakan protein. Protein bercampur asam maka akan menggumpal, atau dalam istilah kimia nya disebut ter-koagulasi.

3Jeruk Nipis

buruan.co

Coba kamu tanya di toko kelontong yang berada di dekat tempat tinggalmu, hampir pasti barang yang satu ini tersedia di sana. Bahkan, bagi sebagian orang, wajib selalu menyediakan jeruk nipis di dapur mereka masing-masing.

Buat kamu yang sedang bingung dengan masalah jerawat, jeruk nipis dapat menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk digunakan. Salah satu penyebab utama munculnya jerawat adalah kulit yang berminyak berlebihan.

Jeruk nipis memiliki zat yang dikenal sangat efektif menghilangkan minyak sekaligus mencerahkan wajah. Dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Caranya mudah. Siapkan jeruk nipis yang sebelumnya telah kamu potong-potong. Peras dan ambil airnya.

Selanjutnya oleskan air perasan jeruk nipis ke seluruh bagian kulit wajah. Tunggu selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilaslah dengan air bersih. Dapatkan kulit yang bersih dan bersinar setelah menggunakan cara ini secara rutin.

Cara menyembuhkan jerawat dengan jeruk nipis yang lain yaitu cukup dengan menggunakan dagingnya. Sediakan jeruk nipis yang tingkat kematangannya sedang, kemudian belah menjadi 2 bagian. Gunakan jeruk nipis tersebut untuk dioleskan langsung ke seluruh wajah, terutama pada bagian wajah yang berjerawat.

Diamkan beberapa saat, setelah itu bilas menggunakan air bersih. Proses penyembuhan jerawat dengan jeruk nipis ini memang sedikit meninggalkan rasa perih. Rasa perih ini timbul karena vitamin C yang bekerja di permukaan kulit wajah dengan baik.

Kamu juga bisa mencampur jeruk nipis dengan madu. Pastikan untuk mengoleskan campuran jeruk nipis dan madu ini di bagian wajah yang berjerawat.

Ada baiknya juga jika dioleskan secara merata di wajah. Diamkan selama 20 menit, bilas menggunakan air bersih. Menyembuhkan jerawat dengan jeruk nipis ini dapat Anda lakukan setiap hari.

4Tomat

panduanhidupsehat.com

Sayuran berbentuk buah ini mudah sekali kamu dapatkan. Buah yang kulitnya berwarna merah ketika matang ini, selain digunakan sebagai campuran olahan makanan, juga memiliki manfaat untuk mencegah timbulnya jerawat sekaligus mengencangkan kulit wajah.

Selain aman bagi kulit, dijamin aman juga bagi dompet. Sedikit catatan, pengobatan jerawat dengan tomat ini sebaiknya dihindari bagi yang memiliki kulit sensitif dan jerawat parah, mengingat tingginya kandungan vitamin C, yang dapat menyebabkan rasa perih.

Mari disimak cara alami menghilangkan jerawat dengan tomat berikut ini.

Tomat yang sebelumnya telah kamu iris tipis-tipis, selanjutnya dapat kamu oleskan ke seluruh bagian kulit wajah. Khusus untuk bagian yang muncul jerawat dapat kamu oleskan beberapa kali. Diamkan sekitar 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Mengapa Tomat?

Buah yang satu ini mengandung zat-zat yang dapat membantu proses penyembuhan jerawat, manfaat-manfaat tersebut adalah mengatasi pori-pori besar, mengurangi komedo, mengurangi minyak di wajah, mengatasi wajah yang memerah dan gatal akibat sengatan sinar matahari dan memudarkan noda kemerahan akibat jerawat yang meradang.

5Pepaya

abisyakir.wordpress.com

Buah pepaya digunakan sebagai cara alami untuk mengobati jerawat selama berabad-abad, dan buah pepaya itu sendiri memiliki kemampuan mengelupas yang dapat mengangkat kulit sel mati untuk membersihkan pori-pori selain itu kandungan enzimnya juga dapat mengurangi peradangan jerawat yang terbukti efektif.

Hingga Asia dan Eropa menjadikan buah pepaya obat jerawat semakin populer. Dengan cara alternatif dan juga alami yang dibandingakan dengan cara yang lain yang membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Buah pepaya selama ini biasa dikenal sebagai makanan pendamping ASI atau obat alami pelancar buang air besar. Namun, tahukah kamu jika pepaya juga dapat digunakan sebagai masker wajah yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat maupun bekas jerawat.

Kamu cukup menghaluskan daging buah pepaya yang telah matang. Lalu oleskan secara merata ke seluruh permukaan wajah. Tunggu sekitar 15 menit. Kemudian basuhlah dengan air hangat hingga bersih.

Kandungan enzim papain yang terdapat pada buah pepaya terbukti efektif dapat memberantas bakteri yang ada, dan meninggalkan sel yang sehat untuk berkembang dan memperbaiki kulit sel yang mati dan juga untuk menjaga kesegaran kulit.

Banyak sekali bukan manfaat pepaya untuk jerawat? Tunggu apa lagi daripada kamu mengeluarkan uang untuk cara yang belum tentu terbukti efektif dan tidak aman, tidak ada salahnya kamu mencoba buah pepaya yang dijadikan masker untuk menghilangkan jerawat.

6Uap Air

pinterest.com

Sedikit tips tambahan buat kamu.  Sebelum menggunakan salah satu cara alami menghilangkan jerawat seperti di atas. Cobalah untuk memulainya dengan menggunakan uap air. Namun cara ini tidak disarankan untuk tips yang menggunakan es batu.

Air panas ini akan membantu mengeluarkan berbagai sisa noda maupun bakteri yaang menyebabkan jerawat. Dengan menggunakan air hangat untuk membasuh wajah, pori-pori kulit sobat akan membuka dan melebar.

Hal ini akan mempermudah dalam membersihkan sisa – sisa kotoran yang masih menempel. Selain itu komedo juga akan terangkat sehingga wajah tampak bersih.

Caranya yaitu dengan menggunakan air panas yang telah kamu siapkan di dalam wadah terbuka. Kemudian posisikan wajahmu di atas wadah tersebut. Pastikan uap air mengenai wajahmu secara merata. Lakukan selama beberapa menit. Lalu bilaslah dengan air hangat.

Cara ini berfungsi untuk membuka pori-pori wajah. Sehingga kamu akan dapatkan hasil yang maksimal. Untuk mendapatkan wajah yang bersih dan bebas jerawat lakukan secara rutin ya girls.

7Bawang Putih

pewartayogya.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan bawang putih, ternyata bawang putih tidak hanya dapat digunakan untuk bumbu masakan tapi juga sangat ampuh dalam menghilangkan jerawat.

Bawang putih merupakan jenis rempah-rempah yang memiliki kandungan anti-bakteri dan anti viral, kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi jerawat pada kulit.

Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan allicin yang juga merupakan suatu zat organisulfur yang mampu menghaluskan dan melembutkan kulit bejerawat.

Sedangkan kandungan minyak atsiri yang tersimpan di dalamnya mampu mengangkat kadar miyak berlebih pada kulit wajah, kandungan minyak berlebih inilah pemicu utama penyebab timbulnya jerawat.

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah, siapkan terlebih dahulu 1 siung bawang putih, lalu kupas iris tipis. Setelah itu, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah yang berjerawat dengan air hangat dan gosok-gosokan irisan bawah putih pada jerawat.

Kemudian diamkan selama semalam, lalu bersihkan pada keesokan harinya dengan air dingin dan sabun pembersih muka. Lakukan cara ini secara rutin setiap malam sebelum tidur, jika jerawatnya tidak terlalu parah biasanya pada keesokan harinya jerawat akan kempis dengan sendirinya.

Cara selanjutnya yaitu dengan menumbuk halus bawang putih, lalu tempelkan pada jerawat dan diamkan selama 20-30 menit agar kandungan di dalamnya dapat meresap kedalam kulit. lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sampai jerawat mengempis dan hilang.

Kamu juga bisa menggunakannya sebagai masker. Caranya yaitu : siapkan 3 siung bawang putih, lalu haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender sampai benar-benar halus. Setelah itu, tambahkan sedikit minyak zaitu dan aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur merata.

Selanjutnya, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah sebelum dilakukan pemaskeran dengan menggunakan air hangat.

Kemudian maskerkan campuran bahan tersebut keseluruh permukaan kulit yang terdapat jerawat, lalu diamkan selama 30 menit dan bersihkan kembali dengan air hangat tanpa menggunakan sabun.

Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari setiap malam sebelum tidur.

8Daun Kemangi

www.konsultankolesterol.com

Daun kemangi atau yang disebut daun basil di beberapa daerah adalah dedaunan kecil yang mempunyai aroma khas yang lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi ini umumnya dipakai sebagai bahan lalapan ataupun campuran dalam masakan.

Namun, selain digunakan sebagai lalapan dan bumbu dapur, ternyata daun kemangi ini juga cukup ampuh untuk mengobati jerawat yang membandel. Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun kemangi dapat membantu untuk mengobati jerawat dan juga mengurangi kadar minyak di bagian wajah.
Dalam daun kemangi terkandung vitamin A, vitamin C dan juga vitamin B. Selain itu, kandungan bahan antiseptik dalam kemangi juga mampu menyembuhkan jerawat dengan cukup cepat.
Antiseptik yang ada di dalamnya akan menghilangkan berbagai bakteri, serta dapat memperlancar peredaran darah di bagian kulit.

 

Kamu mungkin tahu bahwa daun kemangi yang digunakan untuk memasak. Tapi apakah kamu tahu bahwa ia memiliki kandungan kuat antioksidan, anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat digunakan untuk menyingkirkan jerawat?

Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa kemangi sangat efektif dalam pengobatan dan antibiotik. Ekstrak daun kemangi juga dapat mengendalikan pembengkakan jerawat.

Letakkan 10 lembar daun kemangi dalam panci kecil dan lembutkan dengan sendok. Masukkan segelas air dan rebus daun selama 5 menit. Setelah mendidih, angkat lalu dinginkan dahulu.

Celupkan kapas ke air daun kemangi tersebut, lalu oleskan ke jerawat. kamu dapat menyimpan sisa air daun kemangi dalam kulkas selama 5 hari. Pakai secara rutin.

9Strawberry

www.vemale.com

Buah Strawberry mungkin sulit kamu dapatkan, hanya ada di beberapa supermarket besar. Namun tidak ada salahnya anda coba. Strawberry mengandung asam salicyclic, yakni bahan dasar beberapa produk komersial yang digunakan untuk mengobati jerawat.

Asam salicyclic merangsang epidermis (lapisan atas kulit) untuk melepaskan sel-sel dengan lebih cepat. Jadi pori-pori yang tersumbat akan terbuka dan bakteri bisa dinetralisir. Zat ini juga mendorong perkembangan sel-sel kulit baru dan menutup pori-pori untuk mencegah infeksi.

Buah ini juga mengandung antosianin. Antosianin adalah pigmen warna merah pada buah strawberry yang berfungsi sebagai anti oksidan dalam tubuh kita.

Tak hanya membantu menjaga kulit wajah kita selalu segar dan lembab, antisionin ini ternyata terbukti ampuh memeprlambat proses penuan kulit.

Selain itu Antosinin berfungsi sebagai penghambat radikal bebeas dan bakteri yang bisa menyebabkan jerawat muncul di wajah kita.

Menurut penelitian, buah strawberry juga mengandung banyak vitamin C. Vitamin C yang terdapat dalam 1 buah strawberry itu sekitar 94,12 mg. Dan tentu saja, ladies tahu bahwa vitamin C berperan besar dalam menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah bukan?

Nah tidak ada salahnya mencoba menyembuhkan jerawat dengan menggunakan buah strawberry. Pertama adalah dengan banyak mengkonsumsi strawberry. Hal ini dapat membantu penyembuhan jerawat dari dalam kulit.

Jadi jerawat pun bisa lebih cepat sembuh karena pengobatanya yang dua arah yaitu dari dalam dan dari luar. Kamu bisa mengkonsumsi langsung strawberry dengan cara langsung dimakan.

Atau kamu bisa mencuci strawberry lalu di blender dengan ditambahkan air gula atau jika bosan, kamu bisa membuat yogurt strawberry.

Sedangkan menyembuhkan jerwat dengan menggunakan dari luar kulit bisa dilakukan dengan cara membuat masker jerawat. Caranya adalah pertama-tama cucilah wajah dengan sabun atau milk cleanser.

Lalu siapkan 10 buah strawberry yang sudah matang dan tidak buruk. Lalu tumbuk strawberry atau dengan cara di blender tanpa menggunakan air atau gula. Setelah halus oleskan strawberry ke wajah hindari bagian mata.

Lalu diamkan selama 20 menit atau sampai kering. Setelah itu bilas wajah dengan air dingin. Lalu keringkan wajah.

Setelah melakukan berbagai perawatan, jangan sampai jerawat kembali berdatangan. Nah ada baiknya kamu mengetahu beberapa penyebab jerawat supaya bisa menghindarinya sejak dini.

Bagi sebagian besar remaja penyebab muncul jerawat menjadi salah satu pertanyaan besar yang harus tahu jawabannya.

Dengan tahu sebab-sebab munculnya jerawat kita dapat mengantisipasi dan melakukan pencegahan sehingga bisa menghindarinya atau paling tidak dapat melakukan penanganan dengan benar.

Jerawat tidak selamanya muncul karena kita kurang menjaga kebersihan wajah, namun juga dapat dipengaruhi faktor internal atau dari dalam tubuh.

Jerawat terjadi karena kondisi kulit abnormal yang diakibatkan gangguan dari kelebihan produksi kelenjar minyak (Sebaceus Gland) sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan pada saluran folikel pori-pori dan rambut di kulit.

Sebab terjadinya jerawat yang paling umum adalah tumpukan minyak, hormon, atau bisa juga sabun yang berkolaborasi dengan bakteri pada kulit wajah.

Selain itu jerawat juga bisa disebabkan oleh bakteri. Bakteri merupakan salah satu penyebab jerawat yang paling serius. Bakteri yang disebut p. acne biasanya ada pada kulit dan cenderung untuk terus berkembang biak dalam kelenjar sebaceos yang mengalami penyumbatan sehingga menimbulkan iritasi didaerah sekitarnya.

Kelenjar tersebut dapat pecah ketika proses pembengkakan membesar yang mengakibatkan peradangan pada kulit disekitarnya dan menimbukan rasa sakit pada wajah.

Inilah salah satu sebab timbulnya jerawat batu yaitu jenis jerawat yang membesar dan terasa sakit dan ketika sembuh bisa mengakibatkan lubang-lubang seperti bekas luka cacar.

Pada umumnya jerawat terjadi karena semakin banyaknya produksi hormon androgen sehingga mengakibatkan kelebihan kelenjar minyak. Akhirnya jerawat mulai muncul karena bakteri bercampur dengan sel-sel kulit mati.

Penyumbatan yang terbentuk karena sel-sel kulit mati tersebut bercampur juga dengan sabun hingga campuran tersebut menebal sehingga menimbulkan bintik hitam atau putih pada wajah.

Jerawat pada umumnya memang menyerang muka, namun jerawat juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya seperti punggung, lengan atas, dada bahkan kulit kepala.

Hormon menjadi penyebab terbesar munculnya jerawat pada wajah apalagi pada usia remaja. Jerawat pada umumnya mulai muncul pada usia 10 hingga mencapai 15 tahun yang kemudian akan mulai menghilang ketika menginjak usia 25 tahun, tetapi juga sebagian besar orang juga ada yang sampai usia 40 hingga 50 tahun dengan prosentase sekitar 7%.

Umumnya wanita memiliki resiko yang tinggi terkena jerawat pada 2-7 hari sebelum menstruasi, pasien memakai obat-obat jenis tertentu seperti steroid, kortison, estrogen, testosteron dan feniton serta pada wanita yang sedang hamil.

Apa hubungannya jerawat diwajah dengan rambut? Ternyata rambut memiliki peran penting dalam menyebabkan timbulnya jerawat oleh karena itu sangat penting sekali untuk menjaga kebersihan rambut tersebut.

Seseorang yang kurang menjaga kebersihan rambut seperti jarang keramas misalnya, ketika kulit kepala memproduksi minyak secara berlebih maka minyak tersebut akan mengalir ke wajah atau bisa juga mengalir melalui rambut.

Sehingga ketika minyak tersebut bercampur dengan debu, kotoran atau bakteri yang akhirnya dapat mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori wajah dan munculah jerawat. Itulah mengapa terkadang jerawat bisa sangat membandel dan sulit dihilangkan meski melakukan penanganan dengan benar.

Meminum minuman bersoda juga memiliki efek buruk pada tubuh manusia salah satunya bisa memicu timbulnya jerawat.

Minuman bersoda dapat menciptakan inflamasi pada tubuh manusia, karena didalam soda terdapat aspartame salah satu zat yang dapat menimbulkan dan meningkatkan jerawat. Soda juga dapat menurunkan PH yang dapat menyebabkan jerawat yang cukup membandel dan sulit diatasi.

Jerawat juga bisa dipicu oleh tekanan pada kulit seperti helm, kerah baju, ponsel, dan berbagai macam benda lainnya yang tanpa kita sadari hal tersebut dapat menimbulkan jerawat.

Selain dari tekanan pada kulit bakteri atau benda-benda yang menempel tadi jika tidak bersih merupakan pemicu utamanya.

Nah, setelah mengetahui berbagai penyebab jerawat yuk mulai menjaga diri supaya terhindar dari jerawat.