Guys, kalian pasti tahu seberapa ketombe mengganggu kehidupan kita bukan? Yups, kita tahu, ketombe akan membuat rambut terlihat kotor, kusam dan lepek. Ditambah lagi, ketombe membuat kepala terasa gatal, belum lagi jika ketombe rontok ke pakaian.

Oh my God, sungguh meruntuhkan kepercayaan diri bukan? Tahukah kamu? Sebenarnya, ketombe merupakan sel kulit mati yang mengelupas dikarenakan folikel pada rambut yang berkurang.

Ketombe bisa dialami oleh semua orang, baik wanita maupun laki-laki, muda maupun tua. Penyebab ketombe setiap orang itu berbeda-beda lhoh. Mungkin bisa akibat tidak cocok menggunakan produk shampoo tertentu, nah ini bisa menyebabkan timbulnya ketombe.

Selain itu, ketombe juga bisa disebabkan dari faktor eksternal seperti debu yang menempel pada kulit kepala, dan rambut berminyak juga bisa menyebabkan munculnya ketombe pada rambut.

Buat kalian yang punya masalah dengan ketombe, pasti sering sebal, harus memakai produk shampoo seperti apa yang dapat cocok di rambutmu. Tunggu dulu, ada bahan-bahan alami yang bakal kita bahas untuk melawan ketome nih Guys. Simak yuuk.

1Lidah Buaya

lintasnews.com

Lidah buaya memang punya kelebihan tersendiri dalam menyehatkan rambut dan kulit kepala. Cara pengolahanya untuk ketombe cukup sederhana, yaitu dengan mengambil satu buah batang lidah buaya dan dibelah menjadi dua bagian.

Ambil gel daging yang terdapat bagian tengah lidah buaya. Gunakan gel tersebut untuk di oleskan ke seluruh bagian kepala sampai merata. Untuk hasil yang lebih baik dan maksimal bisa menggunakan penutup kepala dengan handuk agar terserap sempurna.

Sesudah itu bilas dengan menggunakan air sampai gel hilang. Mudah bukan?

2Cuka

toko-indonesia.org

Yeah, cara kedua adalah dengan menggunakan cuka! Cuka lho Guys, cuka! Pasti kalian sedikit tidak percaya bukan? Caranya, kita cukup menggunakan cuka dengan menuangkan di telapak tangan, kemudian dioleskan di kulit kepala sambil dipijat.

Diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan keramas. Cuka bekerja secara efektif menyingkirkan kulit mati (calon ketombe), ia tidak akan mengakibatkan pori-pori Anda tersumbat.

3Garam

kulinercimahi.com

Cara menghilangkan ketombe yang selanjutnya adalah dengan menggunakan garam. Bahan ini mudah untuk didapatkan dan disetiap rumah pasti ada. Kristal pada garam dapat berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati.

Dengan begitu kulit kepala kamu akan bersih dan terhindar dari ketombe yang membuat gatal. Caranya? kita bisa mengambil beberapa garam yang bersih. Lebih baik menggunakan garam halus. Gunakan garam untuk scrub pada kepala kamu.

Ratakan sambil pijat secara perlahan. Biarkan beberapa menit sampai kristal garam merekat dengan baik pada kulit kepala. Pastikan kristal tersebut merata karena dengan merata hasilnya akan maksimal. Selanjutnya bilas dengan menggunakan air sampai bersih.

4Jeruk Nipis

spirit.web.id

Penggunaan jeruk nipis untuk mengatasi ketombe juga telah banyak dibuktikan dalam berbagai uji penelitian. Belah jeruk nipis menjadi dua kemudian gosokkan pada kulit kepala.

Apabila terdapat luka di kulit kepala biasanya akan terasa sedikit perih, namun jangan khawatir karena hal ini tidak berbahaya. Lakukan terapi dengan jeruk nipis ini secara rutin untuk mendapatkan kulit kepala yang bebas ketombe.

5Jeruk Nipis dan Santan

cantiksehat.me

Nah, jeruk nipis bisa dipadukan dengan santan Guys. Kedua campuran bahan alami ini ternyata cukup efektif untuk menghilangkan ketombe.

Cara penggunaannya yakni dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dan santan segar, masing-masing dengan takaran 100 ml. Setelah tercampur rata kemudian oleskan pada kulit kepalamu secara merata sambil lakukan pemijatan secara perlahan.

Setelah itu diamkan dulu selama 30 menit barulah bersihkan dengan keramas seperti biasa.

6Soda Kue

tokopedia.com

Soda kue memberikan pengaruh dalam produksi kelenjar minyak di kulit kepala yang dapat menghambat timbulnya ketombe.

Penggunaan cukup mudah, campurkan soda kue dalam takaran secukupnya, kemudian campurkan dengan air dan gunakan seperti halnya pada waktu keramas.

7Minyak Zaitun

benefits-blog.blogspot.com

Bahan alami kaya manfaat satu ini mungkin sering kita jumpai di outlet kosmetik maupun supermarket. Cara penggunaannya yakni balurkan minyak zaitun secukupnya pada kulit kepala, lakukan pula pemijatan secara perlahan.

Setelah itu diamkan selama 30 menit, barulah keramas seperti biasa untuk membersihkan rambutmu.

Itu dia tadi apa saja yang dapat kita pakai untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala kita. Ada satu tips nih, hindari menggaruk kulit kepala, karena dapat memperparah terjadinya ketombe, dan dapat menyebabkan kulit kepala menjadi luka dan infeksi. Semoga bermanfaat!

 

SHARE