Tampil rupawan dan sempurna adalah impian setiap orang. Beragam cara rela dilakukan agar penampilan bak pangeran dan putri istana bisa diwujudkan. Namun apa jadinya jika penampilan yang sempurna dirusak oleh bintik hitam menggangu di sekitar hidung.

Ya, bintik hitam yang hinggap di hidung dan wajah kita lazim disebut komedo. Komedo sudah menjadi masalah penampilan yang umum ditemui baik laki-laki maupun perempuan. Saat remaja komedo sering menjadi masalah besar karena sangat mengganggu penampilan.

Komedo sendiri terjadi karena pori-pori wajah yang tersumbat. Komedo yang terbuka, terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Sementara komedo yang tertutup memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat.

Gejala komedo sangat mudah terlihat, yaitu kemunculan benjolan yang sangat kecil,terutama pada kulit wajah. Karena tidak terjadi inflamasi, komedo tidak terasa sakit. Komedo bisa mengalami peradangan jika dicungkil atau digaruk.

Pada masa remaja produksi hormon akan meningkat, khususnya hormon testosterone pada remaja pria. Peningkatan hormon inilah yang merangsang kelenjar minyak menjadi sangat aktif dan menghasilkan minyak secara berlebihan.

Inilah yang menyebabkan tersumbatnya akar rambut dan juga pori-pori kulit. Ketika terinfeksi, bakteri akan mengakibatkan terbentuknya komedo dan jenis jerawat lainnya.

Akibat penggunaan make up yang berlebihan juga dapat menyebakan masalah kulit seperti timbulnya jerawat dan komedo.

Penyebab komedo putih di hidung ini seringkali tidak diperhatikan, padahal menggunakan make up yang berlebihan dapat mengganggu kebebasan kulit untuk bernapas.

Gunakanlah make up sewajarnya saja, selain itu mak eup juga harus dibersihkan dengan benar pada malam hari sebelum tidur. Jangan sampai sisa make up menyumbat pori-pori kulit dan akhirnya menjadi penyebab komedo yang terdapat pada hidung.

Bersihkanlah wajah menggunakan bahan alami agar kulit wajah lebih segar dan terbebas dari komedo.

Perilaku gaya hidup tidak sehat juga dapat menyebabkan komedo. Masalah kulit seperti jerawat akan sangat mudah muncul ketika kamu menerapkan pola hidup yang buruk dalam sehari-hari.

Gaya hidup yang buruk tersebut antara lain merokok, konsumsi minuman alkohol dan sering begadang.

Kamu yang mengalami masalah berat hingga stres juga dapat mengganggu kesehatan kulit. Stres secara signifikan merusak keindahan kulit termasuk menyebakan munculnya komedo putih pada hidung. Untuk mengurangi tingkat stres, cobalah untuk refreshing dan perbanyak olahraga.

Komedo juga sering disebut jerawat ringan yang muncul karena produksi minyak yang berlebihan. Namun jangan khawatir. Sekarang ada cara alami dan aman untuk menghilangkan komedo.

1Gunakan Madu

source: caaantik.com

Madu memang memiliki khasiat yang sangat beragam. Selain sebagai pengobatan dan nutrisi yang penting bagi tubuh, madu bisa juga digunakan untuk perawatan. Salah satunya adalah perawatan untuk menghilangkan komedo.

Madu bisa melembabkan kulit dan membuka pori-pori kulit yang tersumbat. Caranya cukup mudah. Kamu tinggal menempelkan madu ke jari dan langsung usapkan ke hidup yang berkomedo. Tunggu sampai madu kering lalu bersihkan.

Kamu jangan pernah menganggap enteng komedo. Karena selain komedo dapat mengganggu tingkat percaya diri seseorang, komedo yang dibiarkan dapat menimbulkan efek negatif  lain.

Penumpukan minyak karena komedo yang dibiarkan, bisa jadi akan menyebabkan timbulnya jerawat.  Untuk itu anda bisa mencoba tips menghilangkan komedo dengan terapi madu.

Madu secara alamiah akan membuat komedo menempel di madu dan terlepas saat membersihkannya. Setelah membersihkan madu bilaslah wajah dengan air bersih.

Disarankan untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan madu kualitas terbaik dan asli. Madu asli biasanya teksturnya lengket dan berwarna pekat.

Madu mengandung  enzim, antioksidan, dan anti bakteri yang membantu membersihkan kulit. Madu  dapat melembabkan kulit kita tanpa menimbulkan sumbatan pada pori-pori kulit.

Menggunakan masker madu 2/3 kali seminggu bukan hanya bisa mneghilangkan komedo. Tetapi juga membantu mengencangkan kulit dan menjaga kelembapan kulit kita.

2Khasiat Teh Hijau

source: www.marinecatering.com

Teh hijau kini semakin digemari. Bukan hanya untuk minuman herbal yang menyehatkan tubuh, teh hijau sudah digunakan untuk campuran beragam kue. Aroma yang khas dan khasiatnya yang bagus untuk tubuh membuat teh hijau diburu.

Teh hijau juga merupakan pilihan yang sehat karena cara itu diproses . Teh hijau berasal dari daun tanaman Camellia sinensis yang hanya dikukus, sehingga mencegah hilangnya kandungan katekin.
Sedangkan teh hitam atau teh oolong dibuat dari daun yang difermentasi, sehingga menyebabkan hilangnya senyawa anti oksidan.

Ternyata teh hijau yang mengandung antioksidan tinggi ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo.

Caranya, kamu cukup campurkan teh hijau dengan air hangat. Tunggu sampai air campuran tersebut dingin. Setelah itu usapkan larutan teh hijau ke wajah yang berkomedo. Lalu langkah terakhir bilaslah dengan air hangat.

3Terapi Uap Air Panas

source: www.inlifehealthcare.com

Air hangat terbukti bisa membuat tubuh menjadi rileks. Terlebih air panas dicampur dengan garam. Cara ini cukup ampuh mengobati tubuh yang lelah.

Rahasianya, campuran uap air panas dengan garam membuat peredaran darah tubuh menjadi lancar.

Cara ini bisa digunakan untuk terapi menghilangkan komedo. Seperti yang kita ketahui komedo terjadi karena adanya sumbatan pada pori-pori.

Saat menggunakan uap air panas, pori-pori kulit akan membesar. Saat itulah komedo bisa dibersihkan.

Caranya cukup gampang. Tuangkan air panas ke dalam mangkok. Lalu campurlah dengan garam secukupnya. Dekatkan wajah utamanya hidung yang terkena komedo untuk menyerap uap air panas itu. Ulangi terapi ini beberapa kali dalam sehari.

4Minum Air Putih

source: www.labelinginnovation.com

Solusi alami yang satu ini sepele namun kerap terlewatkan. Mengonsumsi air putih secara teratur minimal 8 gelas per hari akan melancarkan metabolisme tubuh.

Saat kebutuhan tubuh akan air terpenuhi, maka metabolisme akan mengeluarkan racun yang tidak dibutuhkan secara berkala. Mengonsumsi air putih juga salah satu rahasia kecantikan. Tubuh yang tidak kekuarangan air akan terlihat lebih kencang terutama di bagian wajah.

Rutin mengkonsumsi air putih memberikan dampak yang baik bagi tubuh karena dapat mengeluarkan toksin didalam tubuh melalui keringat, buang air kecil, buang air besar dan lain-lain.

Jangan kurang atau lebih dalam mengkonsumsi air putih atau sama dengan 8 sampai 10 gelas setiap harinya agar kulit tetap cantik dan sehat selalu.

Tak hanya itu saja air putih berperan penting untuk membantu penyerapan nutrisi, membantu serta menjaga sistem pencernaan sekaligus melancarkan sirkulasi darah untuk du suplai keseluruh bagian tubuh.

Ingat, minum air putih 8 gelas per hari adalah kebutuhan minimal tubuh. Jika ingin tampil sempurna, rajin minum air putih bisa menjadi solusi.

5Sensasi Lemon

source: www.bestherbalhealth.com

Siapa yang tahan dengan segelas es lemon yang segar saat cuaca sedang terik. Benar, lemon memang bisa memberikan kesegaran pada tubuh.

Tak hanya dikonsumsi, lemon juga bisa digunakan untuk tubuh agar wajah nampak segar. Untuk pengobatan komedo, kamu cukup mengoleskan lemon langsung ke wajah yang berkomedo.

Kamu juga bisa mencampurkan air lemon dengan minyak almond. Caranya sama, setelah dicampur segera oleskan ke hidung yang berkomedo. Tunggu sampai 5 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Ramuan jus lemon ternyata bukan saja dapat melawan jerawat, namun juga dapat menghilangkan komedo sekaligus menghalaunya datang kembali. Kandungan vitamin serta nutrisi penting lainnya yang terdapat pada lemon diteliti memiliki andil yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Untuk mengolah lemon, kamu dapat mencampurkan setengah buah lemon dengan beberapa tetes madu. Lanjutkan dengan menggosokkan ramuan tersebut ke area wajah yang berkomedo, termasuk dagu dan hidung. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas.

Kamu dapat menerapkan cara ini sebanyak dua kali dalam seminggu. Selain itu, Anda juga dapat mengganti madu dengan bahan-bahan lainnya, seperti air mawar dan susu.

6Pasta Gigi

www.gregetan.com

Setiap orang pasti memiliki pasta gigi di rumahnya. Namun siapa sangka, ternyata pasta gigi sangat ampuh untuk mengatasi komedo.

Menghilangkan komedo dengan pasta gigi mungkin terdengar aneh dan tak masuk akal, tetapi agar tau khasiat luar biasanya langsung saja deh coba sendiri di rumah.

Komedo biasanya banyak tersebar dan bergerumun pada bagian sekitar hidung. Anda akan merasakan kulit yang agak menonjol dan terasa seperti ada butiran-butiran pasir yang tertempel pada kulit hidung anda.

Hal itulah  yang dijuluki dengan nama komedo. Komedo ini sebenarnya cukup gampang untuk dihilangkan dan dirawat. Namun terkadang komedo kurang diperhatikan , sehingga penumpukan pada hidung pun terjadi. Kamu juga bisa  memakai sabun cuci muka untuk membuang komedo hingga bersih.

Apabila ternyata kamu mengalami alergi atau ketidak cocokan dengan berbagai macam sabun perawatan wajah, maka kamu dapat mencoba memakai  pasta gigi alias odol untuk membuang  komedo.

Mengapa harus pasta gigi? Hal ini dikarenakan pasta gigi terdapat  fluoride yang dapat membersihkan bagian wajah dari komedo. Selain itu, pakailah  pasta gigi yang memiliki rasa mint, karena dapat memberikan efek segar juga bagi wajah.

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi:

Siapkan pasta gigi secukupnya, usahakan herbal dan mint.

Bilas wajah dengan air hangat supaya membuka pori, kemudian oleskan pasta gigi secara merata ke bagian komedo.

Diamkan sampai pasta gigi tadi keras dan mengering.

Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

7Lidah Buaya

cantiksehat-ku.blogspot.com

Semua orang tentu sudah tahu manfaat luar biasa lidah buaya untuk rambut. Mulai dari menyuburkan hingga menghitamkan rambut secara alami.

Namun lebih dari itu, lidah buaya juga memiliki khasiat ampuh untuk menghilangkan komedo di wajah. Baik komedo hitam ataupun putih, semuanya bisa dibasmi dengan bahan alami satu ini.

Cara alami menghilangkan komedo dengan lidah buaya:

Sediakan lidah buaya segar secukupnya, usahakan baru dipetik.

Potong menjadi beberapa bagian, lalu ambil gel didalamnya.

Bersihkan muka kamu dengan sabun khusus agar kotoran tak menghambat.

Setelah itu oleskan lidah buaya secara merata, kemudian diamkan sampai kering.

Bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih dan lihat hasilnya.

8Baking Soda

www.doctoroz.com

Baking soda dipercaya dapat menjadi obat yang efektif untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Selain itu, baking soda juga mampu membantu manghilangkan puing-puing kotoran yanga terdapat pada kulit wajah, termasuk pada bagian-bagian yang sensitif, seperti dagu dan hidung.

Untuk membuat baking soda menjadi obat komedo, kamu dapat mencampurkan 2 sdt baking soda dengan air hingga menjadi pasta. Setelah itu oleshkan campuran tersebut ke area hidung, dagu dan wajah secara keseluruhan.

Lakukan cara tersebut sembari memijat. Diamkan sebentar, lalu bilas dengan air hangat.

9Air Garam

www.bintang.com

Sebagian  orang hanya mengetahui garam sebagai bahan dapur untuk penyedap rasa asin saat memasak. Padahal garam juga memiliki manfaat bagi kulit wajah. Garam bisa dipakai untuk menghilangkan komedo poada hidung  yang tentunya dapat menimbulkan jerawat.

Garam dapur dapat digunakan untuk membuang jerawat karena di dalamnya mengandung mineral yang dapat membantu untuk membuka pori-pori kulit, oleh sebab itu air garam dapat membantu untuk mengangkat komedo pada wajah.

Cara menghilangkan komedo dengan air garam juga tidaklah sulit. Pada dasarnya komedo bisa dihilangkan dengan berbagai cara. Dimulai dengan cara yang alami hingga modern.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, menghilangkan komedo juga dapat  dilakukan dengan menggunakan air garam.

Berikut cara menghilangkan komedo dengan air garam yang bisa kamu lakukan :

Untuk memakai garam sebagai obat penghilang komedo caranya adalah dengan mempersiapkan  garam terlebih dahulu.

Garam yang dapat anda gunakan adalah garam halus/bubuk, selanjutnya siapkan juga  air hangat yang bersih lalu campurkanlah kedua bahan tersebut.

Kemudian usap usapkan air garam tersebut pada bagian wajah, persisnya pada bagian  yang terkena komedo. Lakukan dengan pelan-pelan saja hingga semua komedo benar-benar dapat  terangkat.

10Gula

www.suaraglobal.com

Gula telah lama dikenal sebagai antiseptik alami. Sebelum antiseptik berbasis alkohol ditemukan, larutan gula telah lama digunakan untuk membersihkan kulit dari bakteri.

Gula murni mampu membunuh bakteri termasuk bakteri penyebab komedo. Struktur kristal gula juga dapat mengikis sel kulit mati jika digunakan pada kulit.

  1. Campurkan satu sendok gula pasir dengan satu sendok air
  2. Aplikasikan pada wajah dan gosokkan perlahan lahan selama 2 – 3 menit
  3. Bilas dengan air hangat dan keringkan

11Kulit Jeruk

www.vemale.com

Jangan anggap remeh kulit buah yang berasa asam ini. Sebab kulit jeruk mampu membuka pori-pori dan mengeluarkan komedo yang tersembunyi dibalik kulitmu.

Lalu bagaimana cara menggunakannya? Caranya sangat mudah, yaitu dengan memblender kulit jeruk yang telah diberi sedikit air sehingga terbentuk campuran kental.

Balurkan campuran di hidung atau wajah, terutama di sekitar hidung. Biarkan semalaman dan bilas dengan air hangat pada esok paginya.

12Lobak

www.vemale.com
Sayuran berwarna putih ini berkhasiat untuk menjaga kulit tubuh agar tetap lembab secara alami karena mempunyai kandungan air yang cukup tinggi. Minasan dapat mengkonsumsinya secara langsung atau menggunakannya sebagai masker wajah.
Lobak juga mempunyai kandungan vitamin C, zinc, dan fosfor yang dapat membuat kulit tampak segar. Selain itu vitamin C juga berguna untuk membuat kulit Minasan berwarna lebih cerah.
Masker lobak adalah salah satu cara menghilangkan komedo yang ampuh karena daging buah lobak mempunyai khasiat efek pembersih. Inilah sebabnya, masker lobak dapat mengusir komedo dari wajah Minasan.
Kandungan serat buah lobak yang tinggi berguna untuk meluruhkan toksin dari dalam tubuh. Konsumsi sayuran ini secara rutin berguna untuk melancarkan pencernakan Minasan. Hal itu akan tercermin pada kulit Minasan yang terlihat bersih dan sehat.
Untuk mencegah komedo timbul kembali sebaiknya terapkan perawatan wajah harian yang tepat. Langkah pertama untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan segar adalah rajin membersihkannya maksimal dua kali sehari yaitu menjelang tidur malam dan pagi hari sebelum mengaplikasikan makeup.
Untuk membuat kulit wajah cukup ternutrisi lakukan perawatan dengan masker, termasuk masker lobak paling sedikit seminggu atau dua minggu sekali. Perawatan berikutnya yang tergolong wajib adalah pengelupasan kulit yang dilakukan dengan scrub.
Scrubing yang dilakukan secara teratur dapat menjadi salah satu cara menghilangkan komedo yang ampuh.

13Kulit Pisang

anggurberry.com

Banyak yang belum mengetahui bahwa kulit pisang mampu mengatasi komedo secara alami. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menggosok bagian dalam kulit pisang pada area wajah yang terserang komedo.

Dalam sebuah pisang terdapat 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 mg, serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, vitamin B 0,08 mg, vitamn C 3 mg dan air 72 gram.

14Belimbing Wuluh

kamuwanita.com

Siapa tak kenal dengan buah masam yang satu ini? Rasanya yang begitu kecut dengan kegunaan sebagai campuran sayur asem ini membuat belimbing wuluh begitu populer dalam keseharian kita.

Nah, terkait buah satu ini, ada sebuah fakta yang mungkin tak banyak diketahui orang. Fakta yang bisa menjadi kabar gembira untuk kita semua (meski tak segembira kabar perihal kulit manggis yang kini ada ekstraknya).

Ya, belimbing wuluh setelah diteliti ternyata bisa menjadi obat tradisional untuk mengatasi masalah komedo.

Seperti dapat dirasakan oleh lidah, belimbing wuluh memang tergolong ke dalam buah dengan kandungan asam yang cukup tinggi.

Kandungan asam ini selain dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, juga dapat pula dimanfaatkan untuk mengangkat komedo dan membersihkan wajah kita dari masalah kulit lainnya.

Terkait dengan komedo hitam misalnya, berikut ini beberapa tahapan yang dilakukan dalam cara menghilangkan komedo dengan belimbing wuluh.

Pertama, siapkan 5 buah belimbing wuluh masak. Kemudian haluskan buah tersebut dengan melumat atau memblendernya.

Kedua, cuci bersih wajah dengan air bersih, kemudian balurkan semua blimbing wuluh yang dihaluskan tadi hingga merata ke seluruh bagian wajah yang berkomedo. Saat pembaluran pijatan-pijatan halus dengan pola memutar akan memberikan hasil lebih baik.

Ketiga, biarkan masker blimbing wuluh selama 15 menit hingga kering sempurna. Lalu basuh wajah dengan air hangat kuku agar masker tersebut dapat luruh sempurna.

Keempat, oleskan beberapa tetes baby oil ke wajah secara merata dan biarkan hingga ia mengering.

Terakhir, bilas wajah dan rasakan perbedaan tekstur kulit dan perhatikan area wajah yang sebelumnya berkomedo. Bersih dan menakjubkan bukan?

15Putih Telur

tulisinfo.wordpress.com

Cara pertama menghilangkan komedo dengan putih telur dapat kamu lakukan adalah siapkan telur dan ambil putih telurnya saja. Kemudian tambahkan dengan madu dan campur hingga merata.

Bersihkan wajah dan keringkan, oleskan bahan dari putih telur dan madu tadi ke bagian yang terkena komedo. Biarkan selama 15 menit dan bersihkan hidung menggunakan air hangat. Dengan cara tersebut maka komedo akan hilang dan tidak akan mengganggu lagi.

Cara kedua menghilangkan komedo dengan putih telur yaitu siapkan putih telur dan kertas tissue, kemudian bersihkan wajah terlebih dahulu. Setelah itu oleskan putih telur ke kulit yang terkena komedo secara merata.

Tempelkan kertas tissue ke atas olesan putih telur tersebut. Kemudian biarkan hingga mengering atau diamkan selama 20 sampai 30 menit. Lepaskan kertas tissue tersebut dan secara otomatis komedo akan terangkat.

Lalu bersihkanlah wajah menggunakan air hingga bersih. Lakukan cara ini setiap hari agar komedo benar-benar hilang.

Cara ketiga menghilangkan komedo dengan putih telur yaitu siapkan putih telur dan oleskan ke wajah yang terdapat komedonya. Diamkan hingga 20 sampai 30 menit dan bilaslah menggunakan air hingga bersih.

Cara tersebut dapat kamu lakukan setiap hari agar komedo cepat hilang.

Cara keempat menghilangkan komedo dengan putih telur yaitu dengan menyiapkan bahan-bahan berupa putih telur dan perasan jeruk lemon. Campur kedua bahan tersebut hingga merata.

Bersihkan wajah dan oleskan bahan-bahan tadi ke komedo, biarkan selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu bersihkanlah menggunakan air hangat dan lanjutkan menggunakan air dingin. Lakukan cara ini setiap hari agar komedo cepat hilang.

Cara kelima menghilangkan komedo dengan putih telur yaitu siapkan putih telur dan cairan atau gel dari lidah buaya. Campur kedua bahan tersebut hingga tercampur merata. Bersihkan wajah yang terdapat komedo dan oleskan bahan tadi ke komedo hingga merata.

Setelah itu diamkan 15 sampai 20 menit, lalu bersihkan menggunakan air hingga bersih. Menghilangkan komedo menggunakan perpaduan antara dua bahan tersebut dipercaya cukup ampuh dan efektif. Jadi lakukanlah secara teratur agar hasilnya bisa lebih optimal.

Kemunculan komedo memang tak terduga. Komedo muncul disebabkan oleh pori-pori di dalam kulit tertutup, sehingga kotoran yang berada pada pori-pori tidak bisa keluar. Untuk mencegah komedo, cara termudah yang bisa dilakukan yaitu menjaga kebersihan wajah dengan baik dan teratur.

Setelah melakukan aktivitas sehari-hari, sebaiknya segera bersihkan wajah menggunakan sabun muka agar kotoran berupa debu dan polusi hilang.

Pilih juga sabun pembersih wajah yang cocok serta sesuai dengan kondisi dan jenis kulit, ini bertujuan agar kulit wajah terhindar dari masalah kulit yang lain. Misalnya jerawat, wajah berminyak, kusam dan masalah kulit yang lainnya.

Faktor utama timbulnya komedo disebabkan oleh kotoran yang menempel pada kulit wajah, terutama bagi mereka yang sering melakukan aktivitas diluar ruangan dengan mengendarai kendaraan bermotor.

Hal tersebut tentunya dapat menimbulkan penumpukan kotoran seperti debu dan polusi udara, sehingga dapat menyebabkan pori-pori kulit wajah tersumbat dan tumbuh komedo.

Maka dari itu, setiap setelah bepergian atau beraktivitas diluar rumah, sebaiknya segera bersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Bbahkan jika tidak segera dibersihkan, maka dapat menyebabkan kulit wajah berminyak dan berjerawat. Bersihkan kulit wajah 2 kali sehari secara rutin dan teratur.

Faktor lain yang dapat menyebabkan timbulnya komedo yaitu pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi alcohol, kurang tidur (bergadang), dan mengkonsumsi makanan-makanan yang berlemak.

Kebiasaan tersebut sangat menentukan kesehatan kulit, terutama pada bagian kulit wajah. Untuk itu, sebaiknya kamu harus memperbanyak minum air putih untuk meringankan dan memudahkan dalam menghilangkan masalah kulit tersebut.

Komedo juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Untuk kamu yang memiliki keluarga nih, coba deh perhatikan beberapa anggota keluarga apakah diantara mereka memiliki masalah kyang sama seperti anda atau tidak.

Jika masalah ini terjadi oleh sebagian besar keluarga, maka bisa dipastikan atau minimal kemungkinan besar kamu akan terkena komedo juga.

Keseimbangan hormon dalam tubuh akan menstabilkan proses metabolism yang terjadi di dalam tubuh. Begitu pula sebaliknya. Ternyata, menurut penelitian ketidakseimbangan yang terjadi denfgan hormon juga menyebabkan timbulkan komedo pada wajah.

Biasanya, pada masa pubertas, ketidakseimbangan ini sering kali terjadi. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga kalau dewasa juga mengalaminya. Kadar testosterone yang menjulang juga bisa menyebabkan komedo dan jerawat.

Hal in idisebabkan karena testosterone yang tinggi akan merangsang peningkatan aktifitas kelenjar sebaceous yang akan menyebabkan produksi sebum meningkat tajam.