Tenggorokan adalah salularan pernapasan manusia, itu artinya bahwa tenggorokan termasuk salah satu alat vital manusia yang jika terganggu fungsinya akan menyebabkan kerugian pada kesehatan.

Selain merugikan manusia secara kesehatan, jika ada gangguan di tenggorokan juga pastinya akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam aktivitas sehari-hari.

Nah, salah satu gangguan tenggorokan yang umunya dialami manusia adalah adanya lendir pengganggu yang menyebabkan sulit bernapas dan rasa tak nyaman lainnya.

Lendir ini berasal dari adanya infeksi, alergi, iritasi, ataupun penyebab yang lainnya. Bagi seseorang yang merokok (perokok aktif), tenggorokan berlendir pasti sering dialami olehnya.

Selain itu, pada saat seseorang sedang mengalami gejala atau bahkan sudah terserah flu, maka keadaan tenggorokan berlendir ini juga bisa sering dialami.

Jika kamu menemukan tenggorokanmu dalam keadaan berlendir karena beberapa penyebab di atas, kamu tak perlu khawatir karena ada cara yang praktis dan mudah untuk menghilangkannya.

Yang pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya memang angka normal konsumsi air putih itu delapan gelas per hari.

Lendir dalam tenggorokan bisa keluar dengan lebih cepat dengan dorongan dari air putih yang diminum, walau salurannya berbeda namun aktivitas menelan dapat merangsang kerja tenggorokan juga.

Yang kedua, kamu bisa menerapinya dengan uap dari air panas. Caranya, tempatkan wajahmu di atas panic panas dan hirup pelan-pelan dengan agak kuat uap panas tersebut selama beberapa menit.

Uap panas ini mampu mencairkan lendir yang mengganjal tenggorokanmu, sehingga membuatnya mudah keluar dan tak mengganggu kenyamananmu lagi.

Yang ketiga dengan mengkonsumsi beberapa barang herbal seperti lemon dan madu, atau bawang putih. Beberapa bahan tersebut memang terbukti dapat membantu mencairkan lendir yang mengental.

Yang keempat, kamu bisa menggunakan obat hirup, yang bisa kamu beli di apotik terdekat. Pilihlah obat hirup yang nyaman di hidungmu, sehingga justru tak menimbulkan iritasi atau alergi lainnya.

Nah, mudah dan praktis bukan?