selasar.com

7 Cara Sederhana Menghilangkan Ngantuk

Posted on

Ketika tengah beraktivitas tiba-tiba kamu mengantuk, apa yang akan kamu lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk itu? Apakah kamu akan pergi mencari tempat tidur dan menunda pekerjaan hanya untuk tidur karena mengantuk? Tentu tidak.

Kamu bisa melakukan cara-cara sederhana untuk membuat rasa kantuk itu hilang. Di antara beberapa cara sederhana itu, memang ada yang cukup sulit, khususnya bagi yang punya aktivitas super padat.

Tapi sesekali terapkanlah cara-cara tersebut sebagai uji coba apakah kamu bisa beradaptasi dengan cepat dan efektif menghilangkan kantuk disaat beraktivitas.

Dan rata-rata, rasa kantuk bisa muncul salah satunya karena pola tidur dan aktivitas sebelum dan ketika tidur, serta setelah bangun tidur kurang tepat.

Apa saja cara-cara sederhana itu? Yuk tengok.

Menerapkan Pola Tidur 8 Jam Sehari

lifestyle.analisadaily.com
lifestyle.analisadaily.com

Inilah cara paling sulit yang pasti dialami oleh orang-orang dengan intensitas kesibukan tinggi. Orang-orang super sibuk yang tidak punya waktu tidur lebih dari 3 jam misalnya, tentu akan kesulitan menerapkan cara ini.

Solusinya, gunakan waktu tidur yang sempit itu sebaik mungkin. Waktu tidur yang sedikit tetap bisa berkualitas lho, asalkan kamu tidak terganggu dengan apapun ketika sedang tidur.

Jauhkan Alat Elektronik

artikeldokter.com
artikeldokter.com

Matikan dulu ponselmu sebelum tidur. Jangan sampai berbunyi, entah itu hanya pesan masuk atau telepon. Dering ponsel akan membuatmu tidak tidur pulas dan justru akan sebentar-sebentar terbangun.

Alasan ini pula yang harus diperhatikan betul bagi orang-orang super sibuk yang punya jam tidur sedikit. Usahakan waktu sempit untuk tidurmu adalah waktu yang bebas dari gangguan apapun.

Selain deringnya yang mengganggu, radiasi ponsel yang hidup (tidak dalam keadaan mati) dapat membuatmu merasa kurang tidur meskipun semalaman kamu tidur pulas. Ketika bangun pagi, rasanya tidurmu tidak tuntas dan seperti ada yang kurang.

Matikan Lampu

mediajurnalkesehatan.blogspot.com
mediajurnalkesehatan.blogspot.com

Matikan lampu kamarmu sebelum tidur. Nyala lampu yang terang akan membuatmu sulit memjamkan mata dan cepat pulas.

Meskipun kamu sudah memejamkan mata dan tertidur lelap, tetap saja matamu tidak beristirahat karena cahaya lampu dapat menembus kelopak matamu.

Hindari Alkohol

lampungx.com
lampungx.com

Dalam segala hal, alkohol tidak memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh ketika dikonsumsi layaknya air minum.

Jika kamu suka mengonsumsi alcohol, maka cobalah untuk berhenti sekarang juga. Alkohol akan membuat pola tidurmu tak beratur, terganggu, dan hasilnya sudah bisa dipastikan, kamu selalu merasa kelelahan meskipun sudah tidur.

Ketika minum alcohol, kamu akan tertidur pada jam yang seharusnya kamu tidak tidur atau bukan jam tidurmu. Begitupun sebaliknya, kamu akan terbangun ketika jam tidurmu.

Belum selesai sampai di situ. Ketika terbangun, bukannya merasa segar bugar setelah tidur, justru kamu akan merasa pening dan mual. Bukankah ini sangat menyiksa?

Peregangan

ironlifestyle.com
ironlifestyle.com

Saat kantuk mulai mendera, segeralah lakukan peregangan. Ketika kamu bangun tidur pun boleh sekali melakukan peregangan agar tubuh terasa fit dan kamu akan lebih siap menjalani aktivitas seharian yang melelahkan.

Peregangan berfungsi agar otot dan urat tubuh tidak kaku. Lakukanlah rutin agar aktivitas ini bisa menjadi kebiasaan dan kamu tak perlu repot-repot mencari obat kimia atau membuat kopi hanya untuk mengatasi rasa kantuk yang tiba-tiba dating.

Mandi

kabarterbaru.xyz
kabarterbaru.xyz

Mandi bisa menjadi cara selanjutnya yang cukup ampuh ketika cara-cara di atas belum juga bisa membuatmu segar dan kantuk hilang.

Mandi berarti kamu menyiramkan air ke seluruh tubuh. Hal ini dapat membangunkan syaraf syarafmu, sehingga secara otomatis rasa kantukmu akan hilang.

Coba mandi dengan air dingin. Selain rasa segar, tubuhmu akan terasa seperti dikejutkan atau disengat listrik. Seketika itu pula kamu akan lebih bugar lagi untuk melanjutkan pekerjaan.

Minum Air Putih

gigisusu.net
gigisusu.net

Ini cara paling mudah. Minum air putih menjadi hal yang wajib kamu lakukan, bahkan ketika tidak mengantuk sekalipun. Manfata minum air putih sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Jangan sampai kamu mengalami dehidrasi hanya karena malas minum air putih.

Minum air putih akan membuatmu fokus kembali pada pekerjaan atau aktivitas, rasa kantuk akan hilang. Minum air putih ketika bangun tidur juga sangat baik bagi tubuh.

Cobalah cara-cara ini sekarang juga supaya rasa kantukmu ketika sedang bekerja atau belajar, hilang seketika. Yuk!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *