Jika kutu rambut hinggap di kepala, seketika itu juga ia akan berkembang biak dan mengakibatkan rasa gatal dan panas pada kulit kepala.

Rasa gatal dan panas yang diakibatkan oleh kutu rambut tersebut membuat kita menggaruk kulit kepala dengan sangat keras, padahal kulit kepala jauh lebih tipis dibandingkan kulit di bagian lainnya.

Apabila kita menggaruk dengan keras, ada kemungkinan kulit kepala menjadi luka. Luka pada kulit kepala akan mudah terinfeksi sehingga menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Kuman yang masuk ke dalam luka bisa jadi menimbulkan penyakit lainnya yang jauh lebih parah.

Ini mengapa kita membutuhkan cara efektif menghilangkan kutu rambut yang tepat agar semua kutu dan telurnya dapat dibasmi, tidak akan kembali lagi, dan tentu menghindarkan kulit kepala kita dari rasa gatal.

1Potong Rambut

merries.co.id

Bagi laki-laki mungkin terkesan mudah untuk memotong rambut sampai botak sehingga kutu rambut dapat langsung dihilangkan, namun untuk perempuan, rambut bisa dipotong pendek agar pertumbuhan kutu rambut tidak semakin banyak.

Pembasmian kutu dapat terbantu dengan memotong rambut menjadi pendek. Semakin panjang rambut, maka akan semakin mempersulit kita untuk menghilangkan kutu karena kutu tersebut sangat suka hidup pada folikel rambut.

2Gunakan Sisir Kutu (Serit)

rumahbunda.com

Menggunakan sisir rapat (serit), terutama untuk wanita yang tidak dapat memotong rambutnya hingga gundul, bisa mengurangi kutu rambut di kepala.

Sering-seringlah menggunakan sisir serit untuk menghilangkan kutu yang bergelantungan di rambut, meskipun tidak bisa menghilangkan kutu rambut secara total tapi paling tidak dengan cara ini, kutu rambut akan banyak berkurang.

Sisir serit memiliki kerapatan yang dapat membuat kutu dengan ukuran kecil terbawa sehingga jumlahnya di rambut kita menjadi berkurang.

3Bawang Merah

johanesekajaya.com

Sebelum menggunakan bahan ini, pastikan kita sudah siap bertahan dengan aroma bawang merah yang cukup menyengat.

Sengatan aroma yang keluar dari bawang merah mampu membuat kutu rambut menjadi mati seketika di kepala. bawang merah juga bisa membunuh telur-telur kutu yang sebelumnya hendak menetas.

Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan bawang merah, kemudian membalurkannya ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut. Biarkan selama beberapa saat agar kutu rambut mati.

Jangan takut aroma bawang tidak dapat hilang dari rambutmu karena sekarang sudah ada shampo dengan wangi parfum yang siap menghilangkan aroma bawang pada rambutmu.

4Minyak Kelapa

pondokibu.com

Tips menghilangkan kutu rambut selanjutnya adalah dengan minyak kelapa. Tak kalah dengan bawang merah, minyak kelapa juga merupakan salah satu pembasmi kutu rambut yang sudah terbukti ampuh.

Minyak kelapa akan membuat kutu di rambut menjadi dehidrasi sehingga lama kelamaan ia akan mati, akibat kandungan minyak kelapa yang membuat kutu merasakan suhu panas.

Cara menggunakannya adalah dengan meratakan minyak kelapa ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Setelah merata, tutuplah kepala dengan menggunakan handuk agar kutu semakin mengalami dehidrasi.

Setelah dibiarkan semalaman, cucilah rambut pada pagi hari dengan menggunakan sampo.

5Cuka Putih

thalekang.blogspot.com

Telur kutu terselubungi dengan zat lengket yang menahan kutu pada folikel rambut. Cuka diketahui mengandung bahan kimia yang dapat melarutkan zat ini sehingga mengurangi kemampuan telur kutu menempel pada rambut.

Tips menghilangkan kutu rambut yang berikutnya adalah dengan menggunakan cuka putih. Cuka putih sangat ampuh untuk membasmi kutu rambut yang hidup di kepalamu.

Selain membunuh kutu, cuka putih juga mampu membuat telur kutu yang menempel di rambut menjadi tidak menetas.

Cara pemakaiannya adalah dengan meratakan cuka putih di rambut dan kulit kepala, kemudian biarkan hingga sekitar 3 jam. Setelah itu, segera cuci rambutmu dengan menggunakan sampo.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara di atas sebanyak 3 kali untuk memastikan kutu di rambutmu dapat hilang secara menyeluruh.

6Jeruk Nipis dan Minyak Kayu Putih

duniainformasikesehatan.com

Cara menghilangkan kutu rambut berikutnya adalah dengan menggunakan kombinasi antara jeruk nipis dan minyak kayu putih. Aroma yang dihasilkan oleh kedua bahan tersebut mampu membunuh kutu secara permanen.

Cara membuat ramuannya adalah dengan mencampurkan air jeruk nipis dan minyak kayu putih dengan perbandingan sama. Oleskan campuran bahan alami tersebut ke rambut secara merata.

Lakukan pijatan-pijatan kecil untuk membuat aroma kombinasi jeruk nipis dan minyak kayu putih semakin kuat. Setelah rata, tutup rambut menggunakan handuk kering dan diamkan selama 3 jam. Setelah 3 jam, bilas rambut dengan menggunakan sampo.

7Hidup Bersih

menfash.us

Rajin-rajinlah membersihkan diri, khususnya merawat kesehatan rambut. Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan rambut dengan rutin (keramas) dan jangan biarkan rambut kotor, bau ataupun berminyak terlalu lama. Rambut yang kotor dapat membuat kutu hidup dan tumbuh subur di kepala.

Kutu rambut hidup dengan menghisap darah di kulit kepala sebagai makanannya sehingga kulit kepala akan terasa gatal luar biasa.

Biasanya kutu rambut mudah terlihat di bagian pinggir kepala, dekat telinga, dan leher. Kutu rambut jantan berukuran lebih kecil dari kutu rambut betina dan berkembang biak sangat cepat.

SHARE