Masa kehamilan merupakan sesuatu yang sangat luar biasa bagi semua wanita. Beraneka macam rasa seolah campur aduk saat wanita sedang hamil. Mulai dari perasaan senang, khawatir, sedih, berharap, dan lain sebagainya.

Beraneka pertanyaan pun akan menghampiri wanita yang sedang hamil, mulai dari jenis kelamin si jabang bayi, keluhan yang dirasakan selama hamil, hingga kapan perkiraan kelahiran.

ummi-online.com
ummi-online.com

Semua pertanyaan itu, jika ditanyakan berulang-ulang tentunya akan membuat semua wanita hamil bertambah stres. Apalagi ketika ditanyakan kapan melahirkan di saat si ibu hamil pun sedang bingung menghitung usia kehamilannya.

Dengan perut yang semakin membesar, lalu ditambah aneka pertanyaan, hal ini akan membuat emosi ibu hamil jadi makin tak menentu.

Oleh karena itu, bagi kamu suatu saat nanti akan merasakan yang namanya hamil, maka kamu harus tahu cara menghitung usia kehamilan.

Untuk apa sih mengetahui usia kehamilan? Usia kehamilan kita perlukan untuk mengantisipasi kapan kita melahirkan. Selain itu supaya kita tahu harus melakukan atau makan-makanan yang seperti apa pada usia kehamilan tertentu.

Tentunya yang terpenting dari mengetahui usia kehamilan adalah membuat semua wanita hamil menjadi lebih tenang. Jika ibu hamil tenang, maka anak yang ada di dalam kandungan pun akan berkembang dengan baik.

Untuk itu, berikut ini adalah cara-cara mengitung usia kehamilan yang mungkin suatu saat nanti bisa kamu aplikasikan. Kita lihat bersama-sama yuk!

1Menggunakan Rumus Neagle

heraanwar.com

Perhitungan usia kehamilan dengan rumus Neagle merupakan cara perhitungan yang manual. Sebelum melakukan perhitungan ini, maka kamu harus mengetahui siklus haid kamu selama ini.

Rumus neagle merupakan rumus yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan berdasarkan HPHT atau hari pertama haid terakhir. Biasanya rumus Neagle ini dilakukan untuk menghitung kapan waktunya melahirkan.

2Melakukan USG

commons.wikimedia.org

Cara yang kedua untuk menghitung usia kehamilan adalah dengan melakukan USG. Untuk USG kita bisa melakukannya di dokter kandungan atau bidan yang menyediakan jasa USG.

Namun yang perlu kita ketahui, USG ini sebaiknya dilakukan setelah kehamilan 7 minggu. Tapi, apabila kita ingin melihat jenis kelamin anak di dalam kandungan, maka kita baru bisa melakukan USG pada usia kehamilan 18-22 minggu.

3Merasakan Gerakan Janin

terpopulerdi.blogspot.com

Secara alami, ibu hamil bisa memprediksi usia kehamilannya sendiri, yaitu dengan merasakan gerakan janin. Untuk wanita yang baru pertama hamil, maka ia baru bisa merasakan gerakan janinnya di usia 18 atau 20 minggu.

Itu kan untuk ibu yang pertama kali hamil, bagaimana dengan ibu yang hamil untuk yang kedua atau ketiga kalinya. Untuk ibu yang sudah pernah hamil, maka ia akan merasakan gerakan janin di usia 16 atau 18 minggu.

Wah, kalau kita sudah tahu kapan janin akan mulai terasa pergerakannya, maka kita bisa memprediksi usia kehamilan saat sudah merasakan gerakan janin.

4Metode Fundus Uteri

tokoalkes.com

Metode Fundus Uteri merupakan sebuah metode menghitung usia kehamilan yang hanya bisa dilakukan oleh ahli medis. Metode ini dilakakukan dengan cara menghitung jarak antara tulang kemaluan dengan fundus uteri.

Cara menghitung jaraknya bagaimana? Cara menghitungnya dengan diraba dan dihitung jaraknya dalam satuan cm. Tapi ingat ya, cara yang ini tidak bisa kamu lakukan sendiri. Perlu tenaga medis yang membantu kamu.

5Rumus 2 Jari Tangan

satujam.com

Rumus 2 jari tangan pada dasarnya sama dengan metode Fundus Urteri, namun bedanya rumus yang ini menghitung jaraknya menggunakan 2 jari tangan. Cara ini pun hanya bisa dilakukan oleh tenaga medis.