Biasanya, orang-orang lebih banyak memahami cara penyembuhan amandel melalui pengobatan medis. Tapi ternyata, kamu tidak perlu ke rumah sakit hanya untuk menyembuhkan penyakit amandel yang sangat mengganggu tenggorokan.

Sebetulnya, alam sudah menyediakan bahan-bahan yang menyehatkan dan sangat bermanfaat untuk dikonsumsi. Namanya obat herbal. Obat-obatan herbal ini dapat menyembuhkan radang amandel kronis yang diderita.

Berikut ini adalah cara menghilangkan amandel secara alami menggunakan bahan-bahan rumah tangga:

1Jeruk Nipis

duniainformasikesehatan.com

Jeruk nipis merupakan bahan alami yang dapat membantumu menyembuhkan penyakit radang amandel tanpa menimbulkan efek samping berbahaya.

Jeruk nipis dapat membuat peradangan dan infeksi yang terjadi pada amandel menjadi berkurang dan akhirnya sembuh. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis sama dengan kandungan gizi pada tomat yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh.

Cara membuat obat radang amandel dengan menggunakan jeruk nipis yaitu siapkan terlebih dahulu jeruk nipis dan kapur sirih. Kemudian peraslah 2 buah jeruk nipis, campurkan air hasil perasan jeruk nipis tersebut dengan air kapur sirih.

Minumlah larutan ini secara teratur, kurang lebih 3 kali sehari agar efek sehatnya dapat terlihat jika kamu meminumnya secara rutin.

2Benalu

obatjellygamatgoldg.info

Benalu yang berada pada pohon jeruk nipis ini juga dapat membantu tubuhmu untuk menyembuhkan dirinya dari peradangan pada bagian amandel.

Ditambah Adas Pulo Waras secukupnya, kamu dapat membuat ramuan buatanmu sendiri untuk mengobati peradangan pada amandel ini.

Langkah-langkah pembuatannya, yaitu tumbuk daun benalu dan adas pulo waras sampai halus. Lalu saring hasil tumbukan, seduh dengan air panas, dan minumlah air tersebut secara rutin.

3Bawang Merah

johanesekajaya.com

Bawang merah memiliki sifat anti inflamasi. Bawang merah bisa meredakan rasa panas dan peradangan yang menjadi penyebab amandel.

Cara menghilangkan amandel secara alami dengan memanfaatkan bawang merah ini ternyata kamu hanya perlu mengupas bawang merah dan mengunyahnya, lalu telanlah.

Cara mengonsumsi bawang merah yang seperti ini akan membantumu untuk menyembuhkan peradangan yang terjadi pada amandel.

4Buah Mengkudu

sites.google.com

Buah dengan rasa yang tidak enak ini memang memiliki banyak sekali manfaat bagi penyembuhan penyakit. Mengkudu ternyata juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit radang amandel yang anda derita.

Cara pembuatannya, yaitu peraslah dua buah mengkudu yang sudah matang, saring, dan ambil air hasil perasannya, tambahkan madu murni, dan minum secara teratur untuk menyembuhkan radang amandel yang anda derita.

5Kulit Manggis

purwatiwidiastuti.wordpress.com

Kulit manggis juga memiliki khasiat yang baik dalam menyembuhkan radang amandel yang diderita. Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan radang amandel yaitu 15 kulit manggis kering dan air secukupnya.

Cara pembuatannya, rebus kulit manggis kering hingga mendidih. Tunggu hingga dingin. Kemudian berkumurlah dengan menggunakan air tersebut. Ingat, hanya dikumur saja dan jangan sampai kamu minum.

6Jahe

apotekmaxs.com

Samap seperti bawang merah, jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi gejala-gejala akibat radang amandel.

Cara membuat ramuan ini yaitu dengan merebus air jahe, kemudian dapat ditambahkan dengan madu atau bahan lainnya. Lalu minumlah secara teratur, maka radang amandelmu akan segera sembuh.

Selain itu, jahe juga sangat baik untuk mengurangi gejala asma serta melegakan tenggorokan. Mau coba?

7Madu

ceritaperut.com

Madu memang memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Salah satunya yaitu bermanfaat menyembuhkan radang amandel yang seseorang derita. Madu dapat dikonsumsi begitu saja atau bisa juga dicampur ke dalam beberapa jenis obat-obatan herbal lainnya.

Ramuan obat ini bisa rutin kamu gunakan sebagai obat alternatif pengganti obat lain yang diberikan oleh dokter. Namun, konsumsi obat-obat alamiah seperti ini tetap memerlukan saran dokter agar lebih aman dan tidak terjadi efek samping yang membahayakan.