Penyakit diabetes atau sering juga disebut sebagai penyakit gula darah merupakan penyakit mematikan kedua di dunia. Oleh karena itu perlu adanya penanganan yang serius. Baik kepada penderita yang sudah positif terjangkit maupun yang masih berpotensi.

Penyakit ini disebabkan oleh insulin yang dihasilkan pankreas tidak dapat berproduksi dengan baik. Akibatnya gula darah tidak dapat diserap oleh tubuh.

Sebab lainnya tubuh sudah tidak mampu lagi memanfaatkan insulin karena ada gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein dalam tubuh.

Salah satu faktor utama penyebab seseorang terjangkit penyakit diabetes adalah pola hidup yang tidak sehat. Seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman cepat saji, kurang olahraga, merokok serta mengkonsumsi makanan dan minuman beralkohol.

Cara mengobati diabetes sekaligus mengendalikan kadar gula dalam darah secara alami sebenarnya cukup mudah. Apalagi bagi orang Indonesia. Beberapa tumbuhan yang familiar di masyarakat kita rupanya bisa menjadi obat alami untuk diabetes. Berikut diantaranya.

1Daun Salam

kliping-infosehat.blogspot.com

Dimanapun kamu berada, tentu tidak sulit menemukan daun yang satu ini. Daun salam seringkali digunakan untuk menambah cita rasa masakan. Baik di dapur maupun di restoran akan selalu membutuhkan keberadaannya.

Selain memiliki fungsi memberikan cita rasa alami yang khas bagi masakan, daun salam juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes. Cara membuatnya pun mudah. Kamu cukup melakukan beberapa langkah berikut ini.

Pertama, siapkan 7 hingga 15 lembar daun salam yang sudah cukup tua. Cuci menggunakan air hingga bersih. Siapkan 3 gelas air dan masukkan dalam panci untuk kemudian direbus hingga mendidih bersama daun salam yang sudah diremas-remas sebelumnya.

Biarkan air mendidih dan menguap hingga tersisa kurang lebih sepertiganya atau tinggal 1 gelas air. Bila sudah selesai, diamkan hingga air rebusan daun salam menjadi dingin. Kemudian saring untuk mengambil airnya saja.

Kamu dapat minum air rebusan daun salam ini setiap hari. Cukup 2 gelas dalam sehari hingga kadar gula darahmu mencapai penurunan secara efektif hingga sampai pada taraf normal.

2Daun Kemangi

cayenneroom.files.wordpress.com

Kamu kerap menemukan tumbuhan yang satu ini bersama hidangan lalapan. Tidak enak rasanya jika menikmati sambal lalapan tanpa ada kemangi yang dicocol bersamaan dengan lauk pauknya. Entah lauk pauknya ikan lele, ikan gurame, ayam goreng, atau lauk yang lain.

Selain daun kemangi memiliki cita rasa yang khas sebagai pelengkap lalapan, juga bermanfaat untuk obat alami diabetes. Kandungan padanya berkhasiat memproses sekresi insulin pada tubuh sehingga kadar gula dalam darah tetap normal.

Caranya pun sangat mudah. Kamu cukup merutinkan untuk lebih sering mengkonsumsi daun kemangi. Baik dalam bentuk lalapan, campuran sambal atau kreasi masakan yang lainnya.

3Ginseng

theheartysoul.com

Tumbuhan ini dari dulu memang telah dipercaya berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Juga dapat meningkatkan reseptor insulin dalam tubuh. Disamping dapat menjaga stamina tubuh menjadi segar dan tetap fit.

Ginseng dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu obat herbal melalui para ahli obat cina. Masyarakat Tionghoa sejak dahulu memang sudah familiar menggunakannya. Manfaat yang lain, juga dapat memperkuat akar rambut yang mengalami kerontokan.

4Lidah Buaya

annunaki.me

Pertama kali lidah buaya dikenal berkhasiat untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut. Selain itu, lidah buaya juga banyak digunakan oleh para ahli farmatologi sebagai bahan membuat obat-obatan herbal.

Sejak diketahui bahwa lidah buaya memiliki kandungan getah bening yang berfungsi untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah. Akhirnya banyak pula penderita diabetes yang memanfaatkan tanaman ini sebagai obat alternatif untuk penyakitnnya itu.

5Bawang Putih

notainfo.com

Para peneliti telah membuktikan secara ilmiah bahwa bawang putih memiliki kandungan yang sangat efektif menurunkan kadar gula darah. Termasuk bagi yang memiliki kadar gula darah terlalu tinggi.

Kandungannya juga dapat memperbaiki sel-sel pada pankreas sehingga merangsangnya memproduksi kembali insulin dalam tubuh.