Banyak orang yang sering jijik jika melihat tikus, bahkan tidak jarang yang takut dengan hewan yang menggelikan ini. Sebagian besar tikus memberi dampak negative bagi kehidupan. Perilakunya yang sering menggerogoti mulai barang-barang rumah hingga hasil pertanian.

Inilah yang membuatnya begitu dibenci banyak orang. Sampai-sampai ada alat untuk perangkap tikus! Tapi kadang malah menyakiti si pemasang perangkap sendiri. hehe. Nah, untuk meminimalisir itu semua, kita bisa mencoba beberapa tips di bawah ini. Check it out!

1Buah Mengkudu

kuherbal.com

Selain mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat untuk manusia ternyata aroma mengkudu yang tidak enak juga mampu mengusir tikus lho. Caranya pun cukup mudah, kita tinggal menyiapkan 2 atau 3 buah mengkudu.

Potong buah ini menjadi beberapa bagian, lalu letakkan potongan-potongan tersebut di tempat-tempat yang sering dilalui tikus. Bisa dipastikan rumah kamu akan terbebas dari gangguan tikus.

2Durian

kuherbal.com

Kita juga bisa menggunakan buah durian, yaitu dengan cara siapkan satu buah durian. Belah hingga menjadi beberapa bagian, buahnya dapat kita makan. Sedangkan untuk isi buah dan kulitnya yang berduri, taruhlah di tempat-tempat yang sering dilalui tikus.

Tikus tidak menyukai bau-bau yang menyengat sehingga memilih buah durian ini bisa menjadi solusi ampuh untuk mengusir tikus-tikus liar tersebut.

3Minyak Mint

sobatcantik.com

Sama halnya dengan bau menyengat dari buah mengkudu dan durian, ternyata tikus juga tidak menyukai bau mint.

Nah, hal ini bisa kita gunakan untuk mengusir hewan pengerat tersebut dengan cara mengoleskan minyak mint pada beberapa lembar karton, lalu letakkan di area-area yang biasa dilalui tikus.

Dengan beberapa kali pemasangan, tikus-tikus tidak akan berani untuk mendekat di area-area tersebut.

4Bom Soda

piercewholenutrition.blogspot.com

Cara satu ini unik dan lucu Guys. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tikus tidak mampu bersendawa ataupun mengeluarkan gas dari tubuhnya. Untuk itulah cairan ataupun bubuk baking soda dijadikan sebagai salah satu bahan untuk mengusir tikus.

Kita hanya perlu mencampurkan cairan soda ataupun seruk baking soda ke dalam makanan yang disenangi tikus, yakin deh tikus bakal kapok mencuri makanan di rumah kita.

Bisa bayangin kan kalau tikus tidak bisa mengeluarkan gas yang hasil reaksi cairan soda dengan asam di dalam perut? Yups, like us, kembung yang menyerang mereka! Kerjain tikus yuk, haha!

5Ammonia

newhealthadvisor.com

Ammonia merupakan zat yang terkandung di dalam urin manusia. Nah, cairan tersebut pun bisa mengusir para tikus nakal yang bersembunyi di sudut-sudut rumah.

Cara dengan menyemprotkan ammonia (jangan terlalu banyak, atau seisi rumah kita bau pesing) ke daerah-daerah yang dihuni atau dilewati tikus.

Ammonia tersebut berfungsi untuk menghilangkan tanda kekuasaan tikus, sehingga tikus akan tersesat dan mencari teritori baru.

Disebutkan bahwa tikus menandai daerah kekuasaannya dengan air kencingnya, nah dengan menyemprotkan ammonia yang berbeda maka jejak dan kekuasanya akan hilang.

6Memelihara Jangkrik

teropongbisnis.com

Mengusir tikus bisa dilakukan dengan cara memelihara hewan jangkrik, hewan ini terbukti ampuh mengusir tikus namun jangan jangkrik yang mengeluarkan suara nyaring, sebaiknya peliharalah jangkrik dengan suara tak nyaring serta jangkrik aduan.

Suara yang dikeluarkan oleh jangkrik akan mengganggu pendengaran tikus, sebab tikus tak menyukai area yang ramai serta kebisingan. Taruhlah hewan jangkrik di area yang kerap di lalui atau di datangi tikus.

7Menggunakan Kapur Barus

iberita.com

Tikus sangat tidak menggemari bau-bauan harum yang sangat menyengat semisal kapur barus. Dari hal tersebut kita bisa memanfaatkannya untuk mengusir kawanan tikus tersebut yaitu dengan cara menggunakan kapur barus.

Caranya sangat mudah hanya dengan menaruh kapur barus di tempat yang kerap dilalui ataupun didatangi tikus. Dengan demikian hewan menjengkelkan tersebut akan merasa terganggu serta akan memilih pindah.

8Saus Cabai, Air serta Deterjen Pakaian

asliindonesia.net

Cara membasmi tikus selanjutnya yaitu dengan cara mencampurkan saus cabai yang paling pedas dengan deterjen, dan larutkan ke dalam air.

Taruhlah hasil campuran tersebut ke dalam botol spray. Cairan tersebut mesti selalu siap di tanganmu. Ketika tikus muncul, maka semprotkanlah dengan cairan tersebut.

Maka tikus akan merasa panas. Berhati-hatilah dalam memakai serta menyimpan cairan tersebut sebab sangat berbahaya terlebih jika mengenai mata.

9Menangkap Satu Tikus & Mewarnainya

pengusirseranggaelektronik.blogspot.com

Cara membasmi tikus yang satu ini cukup unik, yakni dengan cara memanfaatkan tikus tersebut. Jika kamu tak merasa jijik, tangkaplah salah satu tikus serta lumurilah tikus tersebut dengan cat warna cerah semisal orange, biru atau merah.

Apabila sudah selesai diberi warna, setelah itu lepaskanlah tikus sesudah warna yang diberikan kering.

Sewaktu tikus tersebut kembali ke asalnya atau kelompoknya maka yang terjadi adalah kelompok tikus tersebut akan merasa takut serta tercerai berai.

Supaya rumah benar-benar terbebas dari tikus, membasminya saja tidaklah cukup. Kamu pun harus melakukan pencegahan supaya tikus-tikus tersebut tidak kembali lagi ke rumah.

10Memelihara Kucing

kucingras.com

Cara membasmi tikus rumah selanjutnya yaitu dengan memelihara kucing. Tentunya kita semua sudah tahun bahwa musuh dari tikus ialah kucing seperti pada kartun Tom And Jerry.

Dengan memelihara kucing maka kemungkinan besar tempat tinggalmu akan bebas dari tikus. Hanya mendengar suara kucing saja, tikus-tikus akan lari ketakutan.

Peliharalah kucing, entah itu kucing jantan ataupun kucing betina, sebab tikus akan ketakutan untuk memasuki rumah apabila di dalam rumah tersebut terdapat kucing di mana bisa saja kucing tersebut memangsanya.

11Suara Aneh

manado.tribunnews.com

Cara berikutnya adalah menggunakan perangkat apapun yang dapat mengeluarkan bebunyian aneh, cara in merupakan yang paling di antara poin-poin sebelumnya. Bisa menggunakan mainan yang masih berfungsi namun sudah tidak terpakai.

Kemudian meletakkannya di tempat-tempat yang selalu didatangi ataupun dilalui oleh tikus. Selain membenci bunyi jangkrik, kucing dan anjing, tikus ini selalu merasa terganggu dengan bunyi-bunyian aneh –yang belum pernah ia dengar sebelumnya.

12Memelihara Ular

yoyowallpapers.com

Ular juga adalah musuh alami dari tikus. Di tempat dimana ada ular, di situ tikus tidak akan dapat hidup. Tetapi tentu cara ini bukan anjuran untuk semua orang.

Ular bisa kamu letakkan di kandang kemudian ditempatkan di tempat gelap yang biasa jadi tempat persembunyian tikus.

13Batang Tanaman Berduri Tajam

pixabay.com

Ada beberapa jenis tanaman baik berkayu maupun tidak yang berduri tajam, misalnya pelapah salak dan beberapa jenis batang tanaman hias berduri.

Letakkan beberapa potong tanaman khususnya yang berduri sangat tajam di tempat tikus biasa berkeliaran. Tikus akan segan melewati tempat itu karena sakit bila terkena duri tajam.

14Burung Hantu

pecintabinatang.com

Burung hantu juga sangat senang berburu tikus. Oleh karena itu sekarang marak di kelompok tani, mengusir dan membasmi tikus dengan memelihara burung hantu.

Dengan kata lain meningkatkan populasi burung hantu. Cara ini sangat efektif dilakukan disawah dan lahan terbuka

15Cangkang Telur

sooperboy.com

Selama ini kita setelah makan telur, kita membuang cangkang tersebut. Padahal cangkang telur ini sangat bermanfaat untuk mengusir tikus.

Caranya adalah dengan cara digiling kulit atau cangkang telur tersebut sampai halus . hingga menjadi serbuk atau tepung, lalu taburkan di daerah yang sering dilalui tikus.

Tikus adalah hewan pengerat yang sering ditemukan di rumah-rumah. Kita memang tidak bisa menghilangkan tikus dari bagian rumah secara penuh namun beberapa usaha bisa dilakukan untuk mengatasi jumlah tikus yang ada di rumah.

Tikus mampu menyebarkan berbagai jenis penyakit yang berbahaya untuk manusia. Tikus yang sehat biasanya memang tidak keluar dari sarang kecuali kondisi rumah sudah tenang.

Namun ada beberapa tikus yang tetap keluar dari sarang dan ketika mereka terancam maka bisa menggigit. Bahkan ada beberapa orang yang digigit tikus ketika mereka sedang tidur.

16Ancaman Bahaya Gigitan Tikus

apazharin.wordpress.com

Ketika tikus menggigit manusia maka mereka bisa menyebabkan beberapa jenis penyakit. Bagian yang berbahaya adalah air liur tikus bisa menyebabkan infeksi leptospirosis dan hanta virus.

Selain itu, bahaya tetanus juga mengintai orang yang digigit tikus. Gigitan tikus biasanya akan menyebabkan luka dengan jarak yang dalam maupun pendek. Luka dalam bisa menyebabkan pendarahan di sekitar luka dan rasa sakit.

Penyakit yang paling sering terjadi karena gigitan tikus adalah tetanus dan infeksi. Jadi ketika terkena gigitan tikus maka harus segera membersihkan daerah luka dengan bahan cairan yang mengandung desinfektan.

17Gejala Gigitan Tikus

thesun.co.uk

Orang yang terkena gigitan tikus bisa menderita beberapa gejala yang terjadi setelah gigitan. Beberapa gejala dari gigitan tikus antara lain adalah rasa sakit yang parah pada bagian yang terkena gigitan tikus.

Kemerahan dan pembengkakan pada daerah yang terkena gigitan. Infeksi yang menyebabkan keluarnya nanah dan darah dari bekas gigitan tikus.

Demam parah (demam bisa disebabkan karena infeksi dari streptobasilus, gejala terjadi setelah 4 hingga 10 hari dari gigitan tikus). Nyeri pada bagian sendi, seperti nyeri sendi lutut, sakit pada otot dan muntah.

Demam dan ruam pada daerah yang terkena gigitan tikus. Pembengkakan pada bagian kelenjar getah bening. Tikus adalah sumber bakteri yang sangat berbahaya untuk manusia.

Infeksi dari bakteri yang disebarkan oleh tikus bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit bagi manusia.

18Penyakit Akibat Tikus

playbuzz.com

Choriomeningitis Limfositik. Penyakit ini ditularkan dari tikus ke manusia melalui gigitan tikus. Kemudian air liur yang tertinggal di bekas gigitan akan menyebabkan infeksi yang parah.

Gejala dari penyakit ini ditandai dengan sakit kepala, mual, demam, dan bengkak pada bagian bekas gigitan. Untuk mengatasi hal ini maka diperlukan obat dari dokter yang berfungsi untuk mencegah infeksi agar tidak lebih parah.

Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS). Penyakit ini merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan tikus yang terinfeksi melalui air seni, tinja atau air liur mereka. Disebut juga infeksi hanta virus.

Kita dapat tertular HPS saat menghirup udara yang sudah tercemar hantavirus penyebab HPS. HPS pertama kali ditemukan 1993 dan hingga kini kasusnya sudah ditemukan di seluruh AS.

Penyakit ini dapat dicegah dengan pengendalian hama tikus di lingkungan rumah. Penyakit yang disebabkan oleh hanta virus berasal dari gigitan tikus ke manusia.

Penyakit ini dapat menyebabkan bahaya yang sangat parah karena mengganggu saluran pernafasan dan bisa menyebabkan kematian.

Penyakit ini ditandai dengan beberapa gejala seperti tubuh yang lemah, demam, nyeri pada bagian otot terutama paha, punggung dan pinggul,

sakit kepala, meriang, mual, muntah, penyebab dada sesak nafas. Cara untuk mengatasi hanta virus bisa dilakukan oleh dokter dan mendapatkan terapi oksigen dalam waktu yang lama.

Infeksi Streptobacillus (Demam Tikus). Bahaya gigitan tikus juga bisa menyebabkan infeksi dari Streptobacillus. Infeksi ini akan menyebabkan demam parah yang sering disertai dengan muntah dan diare.

Penyakit karena infeksi ini juga bisa menjadi sangat serius dan menyerang beberapa organ penting tubuh seperti jantung, otak, otot tubuh dan beberapa organ penting lain.

Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat maka bisa menyebabkan kematian mendadak. Cara untuk mengatasi adalah dengan pemberian obat antibiotik selama 7 hingga 14 hari sesuai dengan kondisi penderita.

Leptospirosis. Penyakit ini disebabkan karena gigitan tikus yang menyebabkan infeksi bakter dari strain leptospira.

Penyakit ini ditandai dengan beberapa gejala yang mirip seperti penyakit flu seperti demam, sakit kepala, nyeri pada otot dan sendi serta demam.

Jika penyakit ini tidak diobati maka bisa menyebabkan kegagalan fungsi organ dalam tubuh dan pendarahan organ.

Penyakit ini ditimbulkan bakteria dari genus Leptospira. Jika dialami manusia banyak gejala yang timbul seperti demam tinggi, pusing-pusing, menggigil, kejang otot, muntah, mata merah, sakit pada otot perut, diare serta ruam kulit.

Jika tak ditangani bisa menimbulkan kerusakan ginjal, meningitis, kegagalan fungsi hati serta gangguan pernafasan.

Cara untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan pemberian jenis antibiotik dari obat maupun suntikan. Namun kondisi yang lebih parah biasanya perlu mendapatkan perawatan di rumah sakit untuk mencegah infeksi menjadi lebih parah.

Murine Thypus. Penyakit ini disebabkan infeksi virus R. typhi yang ditularkan kepada manusia melalui kutu yang berasal dari tikus.

Kutu dari tikus yang sudah terinfesi virus ini bisa ditemukan sepanjang tahun di lingkungan tropis yang lembab seperti halnya kondisi di Indonesia.

Rat-bite fever (RBF). Penyakit ini disebabkan bakteri Streptobacillus moniliformis yang ditularkan melalu gigitan atau cakaran tikus. RBF juga bisa menular karena konsumsi makanan yang sudah tercemar kotoran tikus.

Salmonella enterica serovar Typhimurium. Penyakit ini akan menimbulkan gejala diare, kram perut, muntah-muntah serta mual dan bisa berlangsung selama tujuh hari.

Hati-hati jika terjadi gejala ini pada anak-anak karena bisa menjadi fatal apabila tak ditangani secara serius.

Scrub typhus. Scrub typhus adalah sejenis penyakit tipus yang juga ditularkan melalui kotoran tungau yang mengenai luka di kulit, termasuk luka akibat gigitan tungau.

Tungau atau disebut “tengu” oleh orang jawa, adalah sejenis laba-laba sangat kecil, yang dapat hidup juga pada tikus.

Penyebab penyakit Scrub typhus disebut Orientia tsutsugamushi. Gejalanya demam, sakit kepala, nyeri pada ketiak atau pangkal paha.

19Perawatan Luka Gigitan Tikus

orkin.com

Jika terkena gigitan tikus maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan luka dengan cairan yang mengandung desinfektan.

Bersihkan semua bagian luka kemudian amati beberapa gejala yang muncul. Jaga kondisi luka agar tidak terkena bakteri atau infeksi dari udara dan air.

Jangan membungkus luka karena bisa menyebabkan infeksi. Jika merasakan kepala sering pusing, mual, muntah, seperti flu, sakit perut dan gejala lain maka harus segera mencari perawatan dokter.

20Cara Mencegah Bahaya Gigitan Tikus

en.wikipedia.org

Cara mencegah agar tidak terkena gigitan tikus adalah dengan menjaga semua area rumah dari tikus. Tikus biasanya akan bersembunyi saat siang hari kemudian akan keluar pada malam hari untuk mencari makanan.

Bahaya dari tikus tidak hanya disebabkan dari gigitan tapi juga urin dan kotoran tikus yang bisa menyebabkan kontaminasi untuk air, makanan dan lingkungan sekitar rumah.

Jaga kebersihan rumah secara teratur dan hindari menumpuk berbagai benda yang tidak dipakai. Lebih baik jika membuangnya agar tidak dijadikan sarang tikus.

Jaga semua jenis tempat penampungan air agar tidak terkena urin tikus, gunakan penutup untuk bak mandi dan semua jenis tempat penyimpanan air.

Tutupi semua jenis makanan yang ada di meja makan dan simpan saat malam hari di tempat yang rapat.

Jika tikus sampai makan dari meja makan maka, kemungkinan ada banyak bakteri yang telah menyebabkan kontaminasi di sekitar meja.

Bersihkan selokan disekitar rumah dan semua lubang air yang menuju rumah. Hindari membuang kotoran atau sisa makanan di sekitar lubang agar tidak memancing kedatangan tikus.

Biasakan untuk terus menjaga kesehatan dan kebersihan rumah sehingga tidak menyebabkan kedatangan tikus.

Tikus bisa berkembang dengan cepat. Ketika ada satu tikus dalam rumah maka bisa memancing kedatangan tikus lain. Kemudian mereka bisa berkembang dengan cepat.

Jadi jika memiliki area rumah yang mungkin digunakan untuk sarang tikus, sebaiknya segera dibersihkan.

21Cegah Tikus Masuk Rumah

bandung.merdeka.com

Tikus sangat menyukai tempat kotor, lorong kecil, tumpukan barang dan semacamnya. Usahakanlah untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan tidak ada satu pun area rumah yang kotor.

Usahakan pula jangan ada tumpukan barang di dalam rumah, biasanya tumpukan barang paling banyak ditemukan di area gudang. Apabila rumah terdapat lorong kecil, sebaiknya tutup lorong tersebut.

Cara mencegah tikus masuk rumah selanjutnya ialah dengan cara menutup sarangnya. Umumnya tikus bersarang di lubang tanah yang gembur di area taman rumah.

Biasanya hewan pengerat ini memanfaatkan bagian sisi pojok taman. Lakukanlah pemadatan tanah, atau kamu bisa menambahkan batu kerikil pada lubang tersebut atau bisa juga dengan menutup lubang tersebut dengan pot tanaman dan lainnya.

Cara mencegah tikus supaya tidak masuk ke rumah selanjutnya yaitu memutus ratai makanannya. Tikus yang datang ke rumah dikarenakan terdapat makanan di dalam rumah.

Maka dari itu janganlah menyimpan makanan di tempat terbuka serta mudah di jangkau. Alangkah baiknya simpanlah makanan di dalam satu tempat yang kuat serta rapat semisal lemari yang terbuat dari bahan metal, di mana tikus tak bisa melubangi lemari tersebut.

Buanglah semua sisa makanan segera mungkin serta jangan membiarkan menumpuk di tempat sampah.

Dengan melakukan hal ini maka tikus tidak bisa mencari sumber makanannya, sehingga mereka pun tak akan kembali lagi ke rumah dan mereka pun akan mencari sumber makanan di tempat lain.

Upaya yang dapat kita lakukan adalah tahap antisipasi dan pengendalian karena lingkungan di sekitar rumah kita juga berperan dalam kehidupan tikus.

Pengendalian dapat dilakukan agar populasi mereka tidak terus berkembang biak dan ini menjadi cara yang paling efektif untuk menekan populasinya.

Pengendalian tikus dapat dilakukan secara terpadu dalam berbagai cara. Misal, secara biologis (pemangsa kucing), kimia (obat-obatan), fisik (perangkap dan lem tikus), dan sanitasi lingkungan (menjaga kebersihan).

Menjaga sanitasi lingkungan agar tetap bersih dan terawat merupakan langkah antisipasi yang dapat kita lakukan.

Menutup jalan masuk tikus juga bisa jadi salah satu cara mencegah hewan pengerat tersebut masuk rumah. Tikus menyukai tempat-tempat gelap, lorong-lorong kecil, tumpukan barang, tempat kotor dan sebagainya.

Tanah di taman yang gembur juga kerap dijadikan rumah tikus yang nyaman. Biasanya tikus memanfaatkan sisi pojok taman dengan tanaman di atasnya.

Umumnya tanah memiliki tingkat kepadatan yang kurang, sehingga dengan mudah dibuat lubang. Untuk mengantisipasinya, kita harus mengindarai bagian taman tersebut dari tanaman yang dapat memudahkan tikus membuat lubang.

Lakukan pemadatan tanah dengan membiarkannya hanya ditanami rumput atau membuat resapan air dengan meletakan batu kerikil dalam jumlah yang banyak.

Misalkan saja, membuat resapan dengan kedalaman 50-70 cm di bagian sisi taman yang kerap dijadikan jalan tikus.

Area resapan juga dapat dimanfaatkan untuk jalan setapak atau penghias taman. Hindari membuang sisa air limbah kamar mandi dan dapur yang dibuang melalui pipa pembuangan ke selokan. Karena saluran pipa tersebut juga kerap dijadikan jalan masuk.

Apabila area taman sudah dilakukan tahap antisipasi, tikus akan mencari cara lain untuk masuk ke dalam rumah.

Contohnya melalui rumah tetangga yuang berhimpitan dengan rumah kita. Jika memungkinkan, hindari rumah dengan menghilangkan ruang bawah atap, karena biasanya tikus menyukai area ini.

Jika semua sudah dilakukan, maka tahapan akhir yang harus dicoba dengan memutus mata rantai makanannya.

Tikus yang sering datang disebabkan di dalam rumah terdapat makanan. Mereka bisa berkali-kali datang ke tempat yang sama tanpa kita sadari.

Jauhkan berbagai makanan dari area yang terbuka dan mudah dijangkau. Sebaiknya, simpan dalam satu tempat yang rapat dan kuat.

Misalnya, lemari berbahan metal yang tidak mungkin dibuat lubang tikus. Buang sisa makanan secepatnya dan jangan dibiarkan menumpuk pada tempat sampah.

Jika sumber makanan yang dicari tidak ada di rumah kita, tentu tikus tidak akan kembali pada rumah yang sama. Mereka akan mencari sumber makanan yang lain.

22Mengenali Jenis Tikus

kaltim.tribunnews.com

Tikus yang ada di rumah terbagi 3 jenis, tikus got, atap dan tikus rumah. Tikus got sangat menyukai daerah basah yang kotor dan bau. Biasanya bersarang di selokan dan tanah dan mencari makan di tempat sampah.

Tapi adakalanya sesekali masuk ke dalam rumah untuk mencari makanan. Tikus atap, enis ini bersarang di atap rumah yang kotor dan gelap, disela-sela dinding dan lain-lain.

Sumber makanan berasal dari sisa makanan rumah yang bertumpuk di dapur dan tempat sampah. Kerap merusak benda-benda di rumah yang berbahan kayu, seperti lemari. Jika di atap sering menggigit kabel, rangka atap dan lainnya.

Jenis tikus rumah atau biasa disebut mencit/nyingnying atau curut berukuran kecil. Lebih sering berada di dalam rumah seperti kolong meja, kolong lemari, tumpukan buku, tumpukan kardus, dan lainnya.

Sumber makanannya hamper sama dengan tikus atap. Hanya saja tikus ini juga sering memakan kertas dan kardus yang dijadikan tempatnya bersembunyi.

23Fakta Menarik Tentang Tikus

pontianakpost.com

Tikus, mencit atau curut. Hewan yang biasa menjadi musuh bebuyutan manusia ini walaupun sering merugikan manusia namun ternyata ia memiliki beberapa fakta menarik yang perlu ditelisik lebih jauh.

Tikus dari jenis mencit atau curut adalah mamalia kedua terbanyak di dunia setelah manusia. Tikus adalah makhluk cerdas dengan tingkat komunikasi kompleks yang baik dari segi vokal.

Uniknya vokal komunikasi serta suara mereka bercorak berbeda satu sama lain dan berada di luar jangkauan pendengaran manusia.

Diperkirakan bahwa tikus memiliki empati atau ikatan dengan tikus lainnya. Mereka mampu merasakan pengalaman tikus lain dan ini sangat mempengaruhi bagaimana mereka sendiri merasakan situasi sekitar.

Seperti manusia, tikus juga memiliki ekspresi wajah yang digunakan untuk berkomunikasi dan menyampaikan suasana hati mereka kepada tikus lain.

24Membuat Alat Perangkap

palembang.tribunnews.com

Tikus adalah hewan penjelajah yang penuh semangat. Mereka bisa menemukan berbagai cara kreatif untuk memuaskan rasa ingin tahu.

Mereka menyelidiki hal baru dengan menelusup melalui celah-celah yang sempit dan ketat serta menggigit beraneka rintangan dengan gigi yang kuat yang terus tumbuh.

Cara menangkap tikus tidak ribet sebenarnya misalnya memakai racun tikus tapi itu berbahaya, selain racun tikus cara sederhana adalah lem tikus.

Hanya saja, untuk kasus tikus besar, lem tikus hampir tidak akan bekerja dengan efektif, karena tikus bisa mengigit dan menghancurkan karton yang telah diberi lem tikus.

Bahkan penulis pernah memakai bahan kayu tripleks, bukan tripleksnya lagi digigit tapi lemnya.  Sialan itu tikus.

Cara pertama, menggunakan botol plastik dengan melubangi masing-masing ujungnya dan menghubungkan dengan kawat atau lidi diporosnya hingga bisa berputar. Adapun umpan yang dipakai adalah berbagai macam selai yang diolesi pada botol.

Botol tadi dipasang di ember atau galon, dan jangan lupa ember diberi air agar tikus main sirkus dan jatuh berenang sampai puas hingga kelelep mati.

Cara kedua dapat dengan memanfaatkan botol air mineral bekas, lidi, karet gelang, dan umpan.  Jika kamu kasihan melihat pembantain tikus.

Setelah tikus ditangkap maka bagian yang diiris tersebut dilakban isolasi dan dibuang di tempat sampah.

Kelemahan membuat ini adalah mesti teliti membuatnya karena botol mineral gampang penyok saat ketarik oleh karet gelang.

Cara ketiga ini mirip cara pertama, hanya memakai botol kaleng soda yang diberi poros yang diolesi makanan umpan (selai) dan sebagai tempat tikus bermain sirkus sebelum mandi sepuasnya hingga mati.

Cara ini sebenarnya tidak efektif jika tikusnya besar karena tikus besar masih bisa lompat keluar dan itu pengalaman kami, oleh karena itu kami saran memakai karton di olesi lem tikus tempatkan di dasar ember.

Cara keempat, bisa digunakan untuk tikus besar dan tikus kecil.  Prinsip ini dipakai jika cara biasa yaitu hanya mengoles lem tikus pada lembaran karton atau papan tidak mempan atau si tikus mulai pintar tidak mau dijebak dengan cara tersebut.

Nah, cara ini bisa membuat tikus terjun ke lem dan tidak bisa berbuat apa-apa selain menginjak dasar box kardus yang telah diberi lem.

Cara ini menggunakan bos bekas, mula-mula dasar kardus diberi lem tikus sebagai jebakan jika tikus turun ingin mengambil umpan. Kemudian box kardus yang telah diberi umpan di salah satu sisi box kardus

Kemudian buatlah semacam jendela untuk jalan masuk tikus.  Strategi ini dilakukan jika tikus masuk maka satu-satu jalan adalah pasti terkena lem tikus.

Setelah itu beri jembatan untuk si tikus, sederhananya bagaimana cara tikus bisa dengan mudah mencapai umpan dan terjebak.

Cara kelima, hanya di menggunakan kertas yang dilem seperti pada gambar, cara kerja yaitu tikus memasuki lorong kertas dan nyemplung dan mandi di air.

Catatan yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya menggunakan kertas, jangan gunakan karton atau plastik yang tidak mudah hancur, nanti bisa dijadikan tangga loncatan tikus untuk keluar dari ember.

Gimana Guys? Mudah bukan? Let’s try! Semoga berhasil!

SHARE