Sebagian besar dari kita pasti sering memperhatikan penampilan fisik, termasuk untuk urusan tinggi badan. Sebagan orang memimpikan tinggi badan yang ideal.

Pertumbuhan tinggi badan memang dapat terhenti di usia tertentu. Tinggi badan dapat dipengaruhi oleh lempeng efifisis di ujung tulang. Ketika lempeng tersebut tertutup, maka pertumbuhan tinggi bada akan terhenti.

Maka dari itu, saat anak hingga usia remaja adalah saat yang pentong untuk memaksimalkan tinggi badan. Terdapat beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan, seperti cara berikut ini.

1Tidur Cukup

iberita.com

Terdapat beberapa penelitian yang membuktikan bahwa manusia dapat tumbuh secara maksimal saat tidur.

Mengapa demikian? Karena tidur dapat meregenerasi jaringan tubuh, termasuk sel-sel tubuh peninggi badan.Tidurlah dengan cukup dan ideal yakni sebanyak 7 jam.

2Mengonsumsi Protein, Zat Besi dan Kalsium

source: panduanhidupsehat.com

Makanan dapat mempengaruhi tinggi badanmu. Makanlah yang mengandung protein, zat besi, dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tinggi badanmu.

Beberapa makanan yang mengandung protein, zat besi dan kalsium adalah telur, daging sapi, ikan, susu, keju, sayuran hijau, kacang kedelai, tahu dan jeruk. Usahakan agar makanan-makanan ini selalu terhidang di meja makan keluarga.

Makanan lainnya adalah brokoli yang berfungsi mencegah osteoporosis. Makanan tersebut sangat membantu kekuatan tulangmu.

3Minum Susu Kalsium

sitinabilayasmin.blog.upi.edu

CObalah rutin untuk mengkonsumsi susu berkalsium tinggi. Selain mencegah pengroposan tulang, juga dapat membantu menambah tinggi badan kamu.

Jangan lupa minumlah secara rutin sebelum tidur dan sesudah bangun pagi. Jika tidak meminum secara rutin, tentu hasilnya tidak signifikan. Kamu juga harus jeli memilih produk susu yang cocok untukmu ya!

4Olahraga Rutin

healthywealthywonderful.com

Cara sederhana lainnya agar dapat meninggikan berat badan adalah dengan berolahraga secara rutin. Hal ini penting dibiasakan bahkan sejak anak-anak.

Terlebih dengan menjamurnya gadget saat ini membuat anak-anak semakin jarang bergerak, apalagi berolahraga.

Beberapa olahraga yang dapat meninggikan badan adalah sprint atau lari cepat dalam lintasan yang pendek, menendang, melompat, bersepeda, berenang dan lompat tali.

Lakukan beberapa olahraga ini agar pertumbuhan tulang semakin cepat. Untuk anak-anak, tentu olahraga ini harus dalam pengawasan orang tua.

5Sinar Matahari

kisahislamiah.blogspot.com

Kalsium yang kamu peroleh dari makanan perlu juga didukung oleh asupan vitamin D yang cukup. Dengan vitamin D yang cukup, tulangmu dapat dengan mudah menyerap kalsium.

Vitamin D sangat baik untuk pertumbuhan tulangmu. Coba berolahraga di pagi dan sore hari untuk mendapatkan sinar matahari yang sehat. Pasalnya, saat-saat seperti itu sinar radiasi ultraviolet berada pada titik terendah.

6Yoga

kaivalya-ayurveda.com

Olaharga yoga juga bisa membantu mengoptimalkan postur tubuh yang lebih baik. Yoga menuntut banyak gerakan stretching atau peregangan yang akan merangsang produksi hormon pertumbuhan.

Posisi yoga yang berbeda pun juga membuat tubuhmu lentur. Yoga juga dapat hormon pertumbuhan.

7Perbanyak Air Minum

hemaviton.com

Perbanyaklah minum air mineral. Minumlah sekurang-kurangnya 1,5 liter atau setara dengan delapan gelas per hari.

Kamu jangan menyepelekan kebiasaan ini ya, karena ada beberapa vitamin dalam air yang larut dicerna oleh tubuh. Air juga dapat menetralkan tubuhmu agar selalu segar dan tidak mengalami dehidrasi.

8Tertawa

www.ummi-online.com

Ini salah satu tips yang mudah. Dengan tertawa, tubuh manusia akan lebih banyak memproduksi hormon pertumbuhan  yang dapat meninggikan badan.

Memang tampak sangat sepele namun tidak ada salahnya kamu lakukan karena tidak membutuhkan banyak biaya. Selain itu, dengan tertawa tubuh Anda pun akan menjadi lebih sehat.

Itu tadi beberapa cara agar kamu dapat meninggikan badan. Namun yang perlu diingat adalah, jika kamu sudah melakukan berbagai cara namun tak kunjung tinggi, bisa jadi itu karena faktor genetik.

Jika demikian, kamu memerlukan usaha yang lebih keras untuk mencapai tubuh ideal. Namun, jangan patah semangat dan terus berusaha ya!

 

SHARE