careernews.id

8 Trik Sederhana Tingkatkan Kecerdasan

Posted on

Setelah kita tidak lagi menjadi pelajar ataupun mahasiswa, tentu waktu untuk belajar satu cabang ilmu tertentu secara khusus tidak lagi ada. Kita akan disibukkan dengan pekerjaan dan dunia yang berbeda dari sebelumnya.

Mau tak mau, suka tak suka, otak manusia harus tetap dipakai untuk berpikir dan bekerja agar tidak tumpul. Selain untuk melatih kecerdasan juga tentunya. Jadi kita tak hanya terjebak pada rutinitas pekerjaan yang tanpa disadari membuat isi kepala menjadi monoton.

Lain halnya ketika kita masih duduk di bangku sekolah. Kepala kita terus dilatih untuk berpikir, mengerjakan tugas berbagai mata pelajaran, menyeimbangkan otak kanan dan kiri.

Nah, khusus untuk kamu yang saat ini sudah bekerja dan membutuhkan nutrisi otak tanpa harus mengulang kembali seluruh pelajaran sekolah, berikut ini ada 8 trik supaya kepalamu terus terasah.

Seleksi Situs

tribunnews.com
tribunnews.com

Sekarang internet sudah menjadi konsumsi sehari-hari. Kebiasaan berselancar tersebut bisa berkontribusi pada perubahan cara pandang dan pola pikirmu terhadap sesuatu.

Pastikan ketika kamu membuka internet, hanya memilih situs-situs yang mendidik dan bermanfaat saja.

Beberapa situs yang penting untuk kamu jelajahi yaitu Coursera. Ia merupakan tempat dimana kamu bisa menyimak kuliah gratis dari dosen-dosen universitas terbaik dunia.

Kamu juga bisa memperdalam ilmu yang lebih spesifik, misalnya ilmu investasi dan ekonomi dari Investopedia, atau ilmu fotografi dari Digital Photography School.

Sebisa mungkin, dan usahakan dengan keras untuk tidak membuka situs-situs yang isinya tidak memberikan pengetahuan bagimu.

Membaca Buku

undergroundnewyorkpubliclibrary.com
undergroundnewyorkpubliclibrary.com

Apa yang biasanya dilakukan orang-orang saat ini apabila sedang menunggu kendaraan, mengantri, terjebak macet, dan hal-hal lain yang menuntut kita untuk diam selama beberapa menit? Pasti sebagian besar menjawab; mengoperasikan ponsel.

Entah itu bermain permainan seru, berselancar, saling berkirim pesan, chatting, dll pasti penggunaan ponsel menjadi prioritas untuk membunuh kebosanan.

Cobalah sekali waktu untuk menyimpan ponselmu di dalam tas, dan ganti dengan buku. Membaca buku pada waktu-waktu tertentu ketika kamu sedang diam dan menunggu adalah langkah tepat dan cerdas untuk membantu kepalamu tetap terlatih.

Kondisikan Lingkungan

audnews.com
audnews.com

Teruslah berdoa agar kamu selalu dikumpulkan bersama orang-orang hebat, orang-orang yang selalu berpikir besar, orang-orang cerdas, orang-orang yang tak pernah letih belajar seumur hidup.

Jangan ragu untuk menjadikan mereka sebagai teman baikmu. Karena cermin dari dirimu sendiri adalah kawan-kawan dan lingkungan keseharianmu.

Biasanya, ketika kamu berada di dekat orang-orang yang selalu gigih belajar dan berpikir besar, kamu akan selalu mendapat ilmu baru. Kamu akan diperkenalkan dengan sebuah diskusi ringan yang menyenangkan tapi isinya sangat cerdas dan berbobot.

Dari sinilah kamu bisa meningkatkan stok pengetahuan pribadi. Kalau kamu rindu suasana kelas ketika sekolah dulu, yang kaya diskusi, maka bergaul dengan teman-teman cerdas akan menjamin kamu selalu bisa berdiskusi tentang banyak hal setiap hari.

Menarik, bukan?

Berani Berpikir Kritis

careernews.id
careernews.id

Latih dirimu untuk tidak pernah puas terhadap sebuah ilmu yang diperoleh. Agar nantinya kamu akan terus belajar, terus mencari tahu, terus penasaran. Memang rasanya melelahkan. Tapi kamu akan terlatih untuk tidak mudah termakan pengaruh negatif.

Jika kamu ragu-ragu dan bingung terhadap sesuatu hal, itu tandanya kamu sedang berpikir. Biarkan saja, jangan justru menjadikanmu malu dan minder. Gunakan keraguan dan kebingungan itu sebagai jalan untuk belajar lebih banyak lagi.

Unduh Aplikasi Pembantu Belajar

teknologi.metrotvnews.com
teknologi.metrotvnews.com

Manfaatkan teknologi sebaik mungkin. Gunakan android untuk mengunduh aplikasi yang dapat membantumu belajar Bahasa asing, misalnya.

Saat ini sedang ramai sebuah permainan bernama Duel Otak. Nah, jika kamu sedang suntuk belajar, bosan membaca buku, maka unduhlah permainan yang juga dapat mencerdaskanmu. Berupayalah untuk menjadikan seluruh hidupmu adalah sarana belajar.

Selain itu ada juga aplikasi Owl yang berisi trivia-trivia danfun fact. Ada juga Duolingo, yang bisa membantumu belajar bahasa asing dari tingkat beginner sampai advanced. Untuk game-based app, ada Lumosity yang berisi permainan-permainan seru pelatih otak.

Bawa Catatan dan Tulis Ide yang Terlintas

picturerumahminimalis.com
picturerumahminimalis.com

Menulis adalah membaa dua kali. Menulis akan membantu stimulasi otak untuk berpikir. Menulis juga melatih memori dan mengingatkan pencapaian-pencapaian yang sudah kamu cetak hari ini.

Bawalah buku catatan kecil ke mana-mana atau kalau ingin praktis, bisa gunakan note di ponsel. Saat mendapat ide atau inspirasi, segera tuliskan di buku itu supaya kamu tak lupa. Kamu harus menyusun life map atau peta hidupmu di buku catatan tersebut.

Makan Ikan

health.kompas.com
health.kompas.com

Memakan minimal 10 gram daging ikan dalam sehari akan membantu otakmu berpikir lebih tajam, menurut sebuah riset dari Norwegia. Secara logika, ikan mengandung banyak sekali protein yang dibutuhkan otak untuk bekerja optimal.

Cobalah kurangi makanan instan seperti mie, junk food, minuman beralkohol. Ganti dengan ikan seperti sarden, makerel, dan minyak ikan ber-omega 3 ke dalam menumu.

Refleksi Diri

scott2206.deviantart.com
scott2206.deviantart.com

Sediakan waktu sejenak untuk merenung, mengevaluasi diri atas apa yang sudah kamu lakukan selama hidupmu. Apa yang sudah

Perenungan ini bisa mengubah stuktur otakmu jika dilakukan secara rutin. Memori,konsentrasi, dan fokus juga akan terbantu jika kamu rutin berefleksi diri.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *