Hari ini, sudah bukan lagi zamannya hidup dengan tujuan harta dan jabatan mentereng. Itu semua sudah tidak perlu.

Kalau kita mau jeli melihat dunia Barat, khususnya Amerika, mereka sedang berlomba-lomba mengerjakan proyek yang mengandung kerja sosial, memberi dampak atau manfaat besar kepada orang lain, kepada masyarakat bawah.

Mereka membidik negara-negara di Asia, Afrika, dan sekitarnya untuk dicari masalahnya, dikaji, diberikan solusi, lalu dikembangkan.

Mereka ‘seolah-olah sedang mencari masalah’ sampai ke luar negera mereka sendiri (Amerika). Barangkali saking sudah rapih dan sejahteranya warga Amerika.

Bagi kamu yang warga Indonesia, tak perlu jauh-jauh memikirkan dampak untuk negara lain. Kalau kamu menengok beberapa meter saja ke kanan dan kirimu, itu sudah muncul masalah yang harus diselesaikan.

Itu contoh umum saja. Nah, sekarang kalau kamu ingin mulai beraksi, memberi efek manfaat bagi sekitar, mulai saja dari hal paling sederhana terlebih dahulu, misalnya;

1Bertanya untuk Menunjukkan Perhatian

screenprism.com

Mungkin terkesannya basa-basi, tapi coba biasakan bertanya kabar terlebih dahulu kepada teman yang kamu temui. Tentu yang sudah kenal ya. Kalau belum, ya kenalan dulu.

Awalnya basa-basi, tapi jika sering kamu lakukan dengan hati, maka orang akan merasa dirinya diperhatikan olehmu.

2Catat Kontak Semua Teman

pinterest.com

Mencatat kontak semua temanmu akan mempermudah hidup, tak hanya bagi dirimu sendiri, tapi juga orang lain.

Kamu bisa dengan cara mengumpulkan semua kontak teman-temanmu di Google Drive, lalu membagikannya ke lingkar pertemanan kalian. Semua orang bisa mengakses data ini kapanpun dibutuhkan.

3Sediakan Buah

manfaatbagus.com

Tidak perlu setiap hari. Repot juga kalau kamu harus membeli buah setiap hari rutin untuk temanmu.

Cukup seminggu sekali atau seminggu dua kali, cobalah beri perhatian pada temanmu tanpa ada maksud lain atau tanpa ada keperluan dengannya sebelum dan sesudahnya.

Supaya temanmu benar-benar paham kalau ini bukan pemberian karena rasa terima kasih atau karena ingin minta tolong. Tapi betul-betul kamu hanya ingin memberi saja.

4Terus Motivasi Teman-teman

wana93.wordpress.com

Kamu bisa memulainya dari update status, lalu mention atau tag teman-temanmu. Dengan cara begitu, teman-temanmu akan merasa diperhatikan.

Atau bisa juga lewat pesan pribadi whatsapp atau teks biasa namun hal ini akan memakan banyak waktu karena harus mengirim satu per satu ya.

5Buat 1 Postingan Blog Khusus untuk Temanmu

blogerish.com

Cara ini biasanya bekerja sangat ampuh. Siapa sih yang tidak senang dan tersentuh kalau dirinya diceritakan oleh orang lain dalam sebuah tulisan? Tentu hal-hal baik ya yang ditulis.

Tidak hanya status, kamu bisa mencoba menuliskan profil temanmu, bagaimana sifatnya yang menyenangkan diajak berteman. Bagikan postingan itu di grup, di media sosial, agar dia tahu bahwa dia adalah teman berharga untukmu.

6Belanja Online

berguruseo.blogspot.com

Ternyata, pilihan belanja sudah bisa mengubah nasib pengusaha kecil di sekitar kita lho. Belanja lewat salah satu portal bisnis online, misalnya, bisa memberi dampak pada usaha 500.000 UMKM di Indonesia.

Pastikan memilih situs belanja online yang tidak cuma praktis dan mudah saja, tapi juga punya kebermanfaatan bagi sesama.

Selamat menebar kebaikan dan kebermanfaatan! 🙂

SHARE