Sebagian besar orang memiliki pertanyaan yang hampir sama perihal kondisi ekonomi orang-orang di sekitarnya. ‘Mengapa orang yang kaya terus menjadi kaya, sedangkan orang yang miskin semakin menjadi miskin?”.

Bisa jadi kamu pun memiliki pertanyaan yang hampir sama. Bahwa faktanya salah satu faktor utama mereka bisa terus menjadi kaya bukan karena dari kecil terlahir sebagai keturunan yang kaya atau secara tiba-tiba memenangkan kuis berhadiah bernilai ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Mereka menjadi kaya justru karena memiliki kebiasaan yang konsisten dilakukan dan sayangnya tidak dilakukan oleh orang-orang yang notabene tidak kaya. Kebiasaan tersebut merupakan cara-cara mereka dalam meraih keberhasilan. Lalu apa saja kebiasaan tersebut?

1Orang Kaya Berani Mengambil Resiko

forum-ukm.blogspot.com

Kebiasaan pertama yang siapa saja bisa menirunya, yaitu tidak takut dalam mengambil resiko. Bahwa orang-orang kaya secara rutin seperti menebar jaring seluasnya ke lautan kemudian bekerja secara konsisten.

Artinya mereka mencoba untuk melakukan banyak hal demi mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang berkaitan dengan pola kegagalan dan pola keberhasilan. Kemudian mereka akan menemukan cara yang benar menjaga kesuksesannya itu.

2Orang Kaya Gemar Berinvetasi

tuliside.com

Orang kaya selalu rutin menyisihkan sebagian pendapatannya untuk investasi. Dan mereka tidak terlalu khawatir jika uangnya habis. Berbeda dengan kebiasaan orang msikin yang biasanya justru banyak menghabiskan uangnya untuk berbelanja barang konsumtif.

Selain itu, orang kaya memiliki kebiasaan tidak pelit untuk berbagi ilmunya kepada orang-orang di sekitarnya.Saat ini, sebagian diantara mereka mencoba untuk melakukan hal ini melalui berbagai media seperti seminar, kursus, pelatihan, forum grup discussion dan lain sebagainya.

3Berkumpul dengan Orang Kaya yang Murah Hati

teropongbisnis.com

Kebiasaan berikutnya, mereka suka berkumpul dengan orang kaya lainnya, khususnya yang suka membagikan ilmunya. mereka akan saling berbagi pengalaman sehingga bisa meniru pola keberhasilannya. Selain itu, mereka juga biasa berkumpul dengan orang yang lebih kaya.

Nah, jika kamu ingin bergabung dengan mereka, cobalah untuk masuk dalam kelompok para pebisnis yang ada di sosial media atau di kota tempat tinggalmu. Di sana mereka akan banyak berbagi pengalaman mengenai pola kegagalan dan pola keberhasilan yang bermanfaat bagimu.

Penting menjadi catatan, jangan berkumpul dengan orang kaya yang sombong, karena sifat itu cepat atau pelan akan menular kepadamu.

4Orang Kaya Gemar Bangun di Pagi Hari

sooperboy.com

Orang kaya memiliki kebiasaan untuk bangun lebih awal. Dengan begitu, mereka bisa lebih leluasa menyusun agenda yang harus dikerjakannya seharian dan segera mengerjakannya lebih awal. Mereka pun memiliki agenda yang terjadwal dengan rapi dan semua targetnya dapat tercapai.

Mereka juga selalu menyempatkan waktu untuk berolahraga secara rutin dan sarapan tepat waktu. Urusan konsumsi pun demikian. Mereka mengatur pola hidup sehat. Dengan cara ini mereka juga melatih kedisiplinan dalam hidup.

5Orang Kaya Konsisten kepada Tujuannya

vbt249.wordpress.com

Konsistensi bagi sebagian orang dirasa sangat sulit. Malas dan ketidaktahuan akan teknis dalam bekerja menjadi alasan utama.

Orang kaya, sejak awal sudah menetapkan tujuan yang ingin dicapainya. Dengan konsistensilah tujuan-tujuannya itu bisa mereka raih. Bagaikan orang yang tersesat di hutan. Mereka harus banyak berfikir, belajar dari pengalaman dan konsisten untuk terus mencari jalan keluar agar tetap selamat.