Apakah kamu merasa tidak percaya diri karena menurutmu, ilmu atau pengetahuanmu tertinggal jauh dari teman-teman?

Tidak perlu sedih atau minder. Kalau perasaan minder muncul, itu wajar. Tapi cobalah untuk cepat bangkit dan perbaiki diri. Jangan hanya diam dan meratapi kesedihan sampai berlarut-larut. Oke?

Kalau kamu ingin tahu bagaimana caranya menjadi orang pintar, ada 13 tips yang harus kamu simak baik-baik.

1Baca Buku

gebyndut.blogspot.com

Sudah menjadi hal umum dan kepastian bahwa membaca buku bisa menambah pengetahuanmu. Mulailah dengan membaca jenis buku yang paling kamu sukai. Kemudian perlahan, cobalah membaca buku-buku dengan topik baru.

Idealnya, dalam satu pekan kamu harus membaca lima buku. Buku apa sajakah itu? Buku sastra, buku agama, buku dengan ilmu yang sedang kamu tekuni, buku dengan situasi kontemporer (bisa juga koran), dan buku yang sama sekali kamu tidak suka.

2Baca Headline Koran

cariberita.ga

Kalau kamu hendak membuka sebuah percakapan dengan orang lain, tapi kamu bingung akan mengobrol soal apa, maka cobalah membaca koran.

Rutin membaca koran selain akan membuatmu update berita terkini, kamu juga akan mudah memulai obrolan dengan teman atau orang baru yang kamu temui. Tidak akan ada rasa canggung dan kamu akan bisa bercakap-cakap dengan lancar.

3Dengarkan Lagu Klasik

emanaajaboleeh.com

Ada berbagai penelitian yang membuktikan bahwa mendengarkan lagu klasik dapat meningkatkan kecerdasan. Bisa musik klasik, bisa juga instrumental.

Cobalah mendengarkan musik instrumental atau musik klasik sesekali untuk merefresh kepala setelah kamu seharian belajar atau membaca buku. Istirahat sebentar dengan mendengarkan musik.

4Ikuti Akun Berita di Twitter

mashable.com

Daripada kamu habiskan waktu untuk update berita artis, lebih baik ikuti informasi ilmiah atau berita nasional dan internasional terkini di twitter.

Kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan lewat twitter kalau kamu bisa mengelolanya dengan baik. Yuk, dimulai sekarang juga.

5Dengarkan Radio

mary-bs-marydotdeviantart.com

Nah, aktivitas ini bisa kamu lakukan ketika terjebak kemacetan lalu lintas atau ketika sedang istirahat siang. Kamu bisa memutar radio di sepanjang perjalanan menuju tempat aktivitas.

Banyak juga lho informasi bermanfaat dan menarik dari radio lokal maupun nasional. Terkadang, ada informasi menarik di radio yang bisa kamu jadikan bahan obrolan dengan temanmu.

6Tonton Acara Berita di TV

ontapblog.com

Selain koran, twitter, radio, dan buku, kamu bisa gunakan televisi sebagai sarana menambah pengetahuan. Saat punya waktu untuk menonton televisi, sempatkan untuk melihat tayangan berita.

Berita di TV cenderung lebih update dibandingkan berita di koran dan radio. Ada siaran langsung di TKP maupun diskusi dengan tokoh nasional yang bisa kamu saksikan jelas.

7Rawat Penampilanmu

thefashiontag.com

Hal ini yang sering dianggap remeh. Padahal, penampilan adalah modal utama untuk bertemu dengan orang lain. Penampilan yang rapi, bersih, dan wangi akan menarik simpati orang. Orang lain akan betah dan punya kesan pertama yang baik terhadapmu.

Kamu bisa memakai pakaian apapun asalkan tidak kotor, tidak terlalu berlebihan dan disesuaikan dengan situasi, kondisi, serta lokasi.

8Kunjungi Museum

dwnbudaya.dbp.my

Di museum, kamu bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Kamu akan belajar tentang kisah-kisah di masa lalu yang bisa dijadikan bahan pelajaran berharga.

Jadi, tidak hanya masalah hari ini dan ilmu masa depan saja yang dipelajari. Tapi kejadian di masa lalu juga kamu simak.

9Jangan Takut Berpendapat

lumici.co.uk

Jangan malu dan jangan takut salah. Ungkapkan saja pendapatmu di depan umum, selagi itu bukan mengajak kepada keburukan.

Biasanya, kita malu berpendapat karena takut salah, takut ditertawakan, takut dianggap polos dan bodoh. Yakinkan pada dirimu dan orang-orang bahwa kita semua tidak akan pernah berhenti belajar sampai mati. Maka salah pun wajar.

10Fokus

communicatebetterblog.com

Fokus pada hal yang kamu ketahui ketika diskusi. Tapi ketika kamu menemukan hal yang tidak kamu ketahui, maka tidak perlu menutupi kekurangan di depan orang lain karena takut dianggap bodoh.

Mengakui ketidaktahuanmu mengenai suatu topik justru dapat menguntungkan dirimu sendiri. Orang-orang justru akan melihat dirimu sebagai orang yang gigih dan tak malu untuk belajar.

11Olah Raga

huffingtonpost.com

Hubungan antara aktivitas fisik dan peningkatan kecerdasan telah dibuktikan dengan banyak penelitian. Tidak ada ruginya sama sekali kalau kamu olah raga.

Toh wajahmu juga akan terlihat lebih fresh ketika rutin berolahraga. Lebih segar otak untuk dibuat berpikir dan mengobrol dengan orang lain.

12Belajar Bahasa Asing

isigood.com

Beberapa studi menunjukkan bahwa ada korelasi antara penguasaan bahasa asing dan kecerdasan. Memang bagi sebagian orang akan terasa lebih percay diri ketika bisa berbahasa asing dengan lancar.

Cobalah belajar bahasa asing sekarang juga. Orang yang menguasai bahasa asing cenderung lebih mudah beradaptasi pada perubahan tugas.

13Percaya Diri

blog.novakdjokovicfoundation.org

Jadi bagaimana? apakah kamu sudah mulai bisa membangun rasa percaya diri dengan tips-tips di atas?

Sekarang yang perlu kamu lakukan segera adalah; just do it. Jangan terlalu banyak berpikir dan berencana. Lakukan saja dan selalu berpikir positif ya.

Selamat mencoba!

SHARE