Bagi kamu yang berusia muda atau yang masih berjiwa muda, pastinya ingin memperoleh banyak pencapaian. seperti prestasi yang luar biasa, teman yang banyak, termasuk juga uang jajan yang bisa untuk belanja banyak hal.

Sayangnya, sebagian dari pemuda lebih memilih untuk sekedar bermimpi dan tidak merealisasikan mimpi-mimpinya. Padahal ada beberapa hal yang harus dilakukan agar kamu bisa menjadi pemuda yang produktif sehingga bisa meraih setiap impianmu.

Nah, untuk kamu yang ingin menjadi seorang pemuda yang produktif, kamu bisa mencoba melakukan beberapa tips berikut ini.

1Coba Sesuatu Yang Baru

mandiri4sukses.com

Jika kamu merasa sudah berada di zona nyaman, sebaiknya mulailah berpikir untuk meninggalkan zona nyamanmu itu. Jika tidak, maka kamu akan terjebak di zona itu hingga usia mudamu habis begitu saja tanpa ada hal berharga yang bisa kamu dapatkan.

Padahal di luar sana banyak hal seru dan petualangan baru yang siap menyambutmu. Kamu bisa memperoleh banyak pengalaman yang bisa memberimu banyak manfaat di hari tuamu nanti.

2Belajarlah Berorganisasi

blog.goodbarber.com

Organisasi akan membentuk karakter dirimu. Kamu akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang dan karakter. Bersama mereka, kamu akan belajar untuk bekerjasama dan berargumentasi. Banyak nilai positif dari orang lain yang bisa kamu peroleh.

Sebaliknya, kamu juga harus pintar untuk memilah hal-hal negatif dari orang lain untuk kamu hindari. Jangan sampai hal tersebut berakibat buruk pada dirimu. Pribadi seseorang tidak hanya dinilai dari penampilan luar saja, namun sifat dan karakternya pun akan menjadi pertimbangan.

3Cobalah Berbisnis

bagussaryadi.com

Jangan sampai, hanya karena keterbatasan modal membuatmu tidak segera memulai bisnismu sendiri.  Kini banyak peluang usaha yang bisa dimulai dengan modal yang sedikit, bahkan tanpa modal sekalipun.

Banyak hal positif yang akan kamu dapatkan dari berbisnis. Kamu juga akan terbiasa berpikir kreatif untuk memajukan bisnismu. Yang penting, jangan sampai kegiatan bisnismu ini membuatmu melupakan pekerjaan lainnya yang telah menjadi kewajibanmu sebelumnya.

4Banyak Olahraga untuk Redakan Stres

lighthouse-indonesia.com

Muda atau tua usiamu, bisa berpeluang untuk mengalami tekanan pikiran atau stres. Cara paling tepat untuk meredakannya dengan berolahraga. Dalam suatu penelitian disebutkan ketika kita berolahraga, tubuh melepas hormon endorhphine yang memberikan perasaan bahagia dan senang.

Selain itu, olahraga akan menjaga stamina tubuhmu dalam menjalani aktifitas yang padat. Kamu bisa mulai melakukan olahraga secara teratur . sempatkan 30 -60 menit selama 3-4 kali dalam seminggu. Hal ini akan membuat tubuhmu tetap fit dan kemampuan otakmu semakin meningkat.

5Isi Waktu Luang dengan Membaca

acluva.org

Walau untuk mengawalinya membutuhkan langkah yang cukup berat. Namun hasil yang kamu peroleh nantinya juga tidak sedikit. Pengetahuanmu akan semakin luas. Sudut pandangmu juga akan semakin beragam.

Mulailah membaca buku-buku yang dikemas secara ringan dan mudah untuk dicerna. Cara ini akan memberikan pengalaman menarik saat memulai kebiasaan membaca buku.