Ingin hidup sehat dan terhindar dari kolesterol tinggi? Kamu harus mengubah pola makan dan gaya hidupmu yang buruk.

Apa kamu tahu, kolesterol diibaratkan pipa yang penuh sampah sehingga menyumbat aliran air. Begitu juga dengan pembuluh darahmu.

Akan terjadi penyempitan pembuluh darah jika kolesterolmu menumpuk. Alhasil sirkulasi darah terhambat sehingga jaringan darah ke tubuh berkurang. So, akan menimbulkan masalah pada jantungmu. Resiko stroke pun akan membayangimu.

Untuk itu, kadar kolesterol yang tinggi perlu dikendalikan. Kamu harus mengatur makananmu yang sehat dan tepat. Dianjurkan agar kamu tidak mengkonsumsi makanan berlemak tinggi serta kalori yang berlebihan.

Beriku ini cara agar kolesterolmu tidak menumpuk di tubuhmu.

1Perbanyak Makan Kedelai

kemendag.go.id

Tanaman polong-polongan yang satu ini ternyata sangat berkhasiat menjaga kolesterol tubuhmu.  Terdapat berbagai jenis olahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti susu kedelai, tempe, tahu, dan yoghurt.

Berdasarkan penelitian, kamu dapat menurunkan kolesterol sekitar 6 persen, dengan mengonsumsi 15 gram protein kedelai per hari. Tapi, perhatikan cara pengolahannya ya, misalnya tempe lebih baik dibacem daripada digoreng.

2Mengkonsumsi Kacang

jualkacangalmondmurah.com

Makanan ini penuh akan kandungan serat, lemak tak jenuh, vitamin E, magnesium, kalium, dan sejumlah nutrisi yang berguna untuk tubuhmu.

Cobalah mengkonsumsi kacang-kacangan sebanyak 30-35 gram per hari. Alhasil, dapat membantu menurunkan kolesterol sekitar 5 persen. Namun demikian, kacang yang digoreng atau kacang camilan siap saji.

3Mengkonsumsi Gandum

photos.up-wallpaper.com

Karena kemampuannya mengikat kolesterol dalam usus, gandum sangat baik mengatasi kolesterol. Gandum dapat mencegah kolesterol diserap oleh tubuh.

Hal ini terjadi karena tumbuhan yang satu ini mengandung serat beta glukan. Segera konsumsi sekitar 3 gram makanan yang kaya akan beta glukan dalam sehari. Dengan mengkonsumsi gandung, kolesterol dalam tubuh dapat berkurang.

4Mengkonsumsi Alpukat

manfaatbagus.com

Alpukat kaya akan serat dan protein. Alpukat mengandung lemak baik, rendah gula, tinggi vitamin B, C, dan E yang mampu menghancurkan lemak.

5Mengkonsumsi Salmon

dapurkakjee.com

Ikan yang satu ini adalah ikan yang istimewa dibanding jenis ikan-ikanan lain. Salmon mengandung asam lemak omega 3, anti-oksidan dan protein tinggi.

Omega-3 yang terdapat pada ikan salmon menghasilkan kolesterol baik sebesar 4 persen dan menyerap kolesterol jahat keluar.

6Mengkonsumsi Sayur Bayam

source: www.jadibunda.com

Sayur hijau amat baik untuk kebutuhan nutrisi dan mineral dalam tubuhmu. Salah satu sayuran yang mampu menurunkan kadar kolesterol adalah bayam.

Bayam mengandung lutein yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Pasalnya, lutein dapat membangun arteri dari serangan kolesterol yang menyebabkan penyumbatan.

7Perbanyak Konsumsi Makanan Kaya Sterol dan Stanol

evoucher.co.id

Kandungan sterol dan stanol secara alami ditemukan dalam berbagai makanan seperti minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, buah dan sayur.

Asupan sterol dan stanol sebanyak 1.5-2.4 gram setiap hari telah terbukti menurunkan kolesterol sekitar 7-10 persen dalam 2-3 minggu. Kandungan ini dapat bekerja dengan cara menghalangi penyerapan kolesterol dalam usus.

8Olahraga Rutin

boredpanda.com

Hayo, jangan malas olahraga loh. Pasalnya, olahraga bisa bantu turunkan kadar lemak di dalam darah. Tak perlu susah-susah ke gym, kamu bisa melakukan olahraga di rumah seperti jogging, lari, plank, senam dan lompat tali atau skipping.

Dengan melakukan olahraga, kamu bisa terhindar dari serangan jantung, sekaligus menurunkan berat badanmu.

9Mengubah Pola Makan

www.caradesain.comMeningkatnya kolesterol pada umumnya juga disebabkan oleh makanan yang kamu konsumsi.

Oleh karena itu, mulailah mengubah pola makanmu dengan memilih makanan yang sehat, yaitu yang rendah kalori serta makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol kamu.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh secara alami.