Pada saat balita berusia 2 tahun maka ini adalah saatnya untuk menyapih buah hati kamu. Menyapih seorang bayi memang terasa sulit bagi sebagian ibu.

Hal ini memang tidak semudah yang dibayangkan. Perlu ketelatenan yang tinggi serta beberapa strategi dalam melakukannya.

Sebelum memutuskan untuk menyapih bayi agar tidak lagi menyusu pada kamu, pastikan bahwa bayi sedang dalam kondisi yang sehat. Kamu dapat menggunakan ukuran tubuh bayi sebagai pedoman.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menyapih si buah hati dengan penuh cinta.

1Pilih Pengganti yang Tepat

keluarga-arvianto.blogspot.com

Saat si kecil mulai belajar untuk disapih, sediakan beberapa alternatif yang dia sukai. Misalnya menggunakan botol susu (dot), sippy cup, atau gelas biasa dengan sedotan.

Perhatikan beberapa alternatif yang kamu berikan. Manakah yang lebih dia suka, maka itu akan menjadi penggantinya.

2Kurangi Frekuensi Menyusui

blogoinformasi.com

Mulailah mengurangi frekuensi menyusui si buah hati secara bertahap. Misalnya dimulai pada siang hari. Karena pada waktu siang hari adalah saat yang tepat untuk si kecil mengenal berbagai macam makanan pendamping ASI.

Perkenalkan beberapa macam makanan yang belum dikenal oleh buah hati kamu. Dengan mengenalkan sesuatu yang baru seperti rasa, bentuk dan juga tekstur pada makanan pendamping ASI.

3Jelaskan dengan Cinta

blogoinformasi.com

Hal yang tak kalah penting dalam menyapih si buah hati adalah dengan memberikan penjelasan kepadanya bahwa dia harus disapih. Kamu dapat mengatakan pada si kecil bahwa dia sekarang sudah tumbuh besar dan tidak perlu menyusu padamu lagi.

Alihkan perhatiannya pada makanan yang lain. Ajaklah si buah hati untuk makan kue kesukaannya. Lakukan semua itu dengan sabar, lembut dan penuh cinta. Jangan pernah bosan memberikan alasan pada buah hati kamu.

4Jangan Sampai Haus atau Lapar

blogoinformasi.com

Saat buah hati kamu merasa lapar atau haus maka hal pertama yang dia ingat adalah menyusu pada ibunya. Antisipasilah sebelum si kecil ingin menyusu saat dia merasa lapar dengan menawarkan makanan atau minuman.

Lakukan hal ini sebelum si kecil merengek saat dia merasa lapar atau haus. Tawarkan beberapa makanan ringan jika saat itu belum memasuki jam makan buah hati anda.

5Libatkan Peran Ayah

mybaby.co.id

Bagi buah hati kamu, seorang ibu itu identik dengan sumber makanan dan ASI. Selama proses menyapih, biarkan sesekali ayah yang menyuapinya.

Hal ini bertujuan agar persepsi si buah hati bahwa ibu adalah sumber makanan segera pudar sehingga kamu lebih mudah untuk menyapihnya.