Beberapa besar orang suka pada bunga ini. Mawar yaitu bunga yang elok bukan sekedar pada rupa dia juga menakjubkan serta anggun dengan keharuman dan keindahan warnanya yang beragam macam.

Bunga mawar memanglah banyak jadikan untuk hadiah saat menyebutkan perasaan sayang pada seorang, Langkah menjaga bunga mawar memanglah sulit mudah, bermodalkan kemauan menjaga serta sebagian ketrampilan anda dapat menjaga bunga anda sampai berbunga banyak.

Beberapa hal yang butuh di perhatikan yaitu,

1Siram secara Rutin

koleksibunga-jojo.blogspot.com

Jangan sampai menyiram tanaman mawar sampai airnya menggenang pada pot bunga ya. Cara menyiramnya yaitu melalui bagian tanah. Daun bunga mawar ini benar-benar rawan kering bila terkena air.

Jangan lupa menyiram sebanyak 2 kali (pagi dan sore) dalam sehari. Kalau cuaca sedang dingin (musim hujan) maka penyiraman dilakukan sekali (pada waktu pagi) dalam sehari setiap harinya.

Jika musim hujan berlangsung intens, penyiraman bisa dihentikan, karena sudah digantikan oleh air hujan langsung. Namun esoknya, semprot saja secara halus pada daun mawarnya.

2Letakkan di Tempat Teduh

everybodygoesblog.com

Tanaman mawar tidak boleh diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Usahakan gunakan penaung atau peneduh berupa jaring di atas tempatmu menanam bunga mawar.

3Pangkas Daun dan Ranting Kering

chadwickarboretum.osu.edu

Pangkaslah daun maupun ranting mawar yang mulai mengering. Jika memotong dengan gunting, maka pastikan gunting bunga tersebut harus tajam.

Jangan lupa juga untuk tidak memotong dengan teknik serong. Namun gunting biasa secara lurus.

4Budidaya Stek

infoagribisnis.com

Langkah membudidayakan atau memperbanyak tanaman mawar ini bisa dengan cara perbanyakan biji, setek, okulasi, cangkokan serta membelah anakan.

Namun agar lebih praktis baiknya menggunakan cara setek. Langkah tersebut terbukti cukup ampuh karena bisa membuat bunga mawar tumbuh banyak.

5Beri Pupuk

tester-kadar-air.com

Jangan lupa untuk memberikan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan mawar tersebut. Nutrisi bagi tanaman yaitu berupa pupuk. Pupuk yang baik dan menyuburkan adalah pupuk kandangĀ  yang dihasilkan dari kotoran hewan.

Jika kamu kesulitan mendapatkan pupuk jenis kandang, maka kamu bisa menggunakan pupuk NPK (pupuk buatan) yang mengandung unsur hara utama yakni nitrogen.

Nitrogen dapat membantu pertumbuhan vegetatif, terutama pertumbuhan pada daun. Kandungan fosfornya pun mampu membantu pertumbuhan akar dan tunas. Kalndungan kalium pun dapat membantu pembungaan dan pembuahan.

6Lindungi dari Serangan OPT (Organisme Pengganggu Tanaman)

flowerian.com

Jika terserang hama, maka tentunya pertumbuhan mawar akan terhambat dan bahkan bisa mati. Maka pada beberapa pekan setelah tanam mawar, lakukan penyemprotan pestisida minimal sebulan sekali dan maksimal 2 minggu sekali.

Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan gulma. Gulma merupakan tanaman liar yang tidak diinginkan yang tumbuh di sekitar tanaman mawar. Gulma akan mengganggu tanaman mawar untuk mendapatkan nutrisi dan unsur hara.

Oleh karena bunga mawar merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat digemari masayarakat, maka dalam perawatannya haruslah hati-hati dan dilakukan dengan konsisten.

Tanaman yang satu ini biasanya ditanam di pekarang rumah, menjadi penghias yang cantik karena bunganya yang indah, dan harum. Mawar juga membuat pekarangan rumahmu menjadi lebih berawarna.

Tanaman yang memiliki tangkai berduri ini ada banyak macamnya. Mulai dari jenis mawar merah sampai dengan mawar putih. Semua jenis mawar tersebut membutuhkan perawatan yang sama, yaitu secara benar agar dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan bunga yang cantik sempurna.

SHARE