Indonesia dikenal dengan masyarakatnya yang berkulit sawo matang. Tapi tidak jarang juga warga Indonesia yang memiliki kulit putih bahkan sangat putih.

Setiao orang mungkin pernah mendambakan untuk memiliki kulit putih dan cerah. Sebenarnya kulit putih tidak selamanya bagus untuk setiap orang. Karena ada juga yang lebih cocok penampilannya dengan kulit sawo matang.

So, warna kulit itu bukan masalah. Yang menjadi prioritas adalah merawat kulit agar tetap sehat dan tampak segar.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa membantu kamu merawat kulitmu agar tetap sehat dan segar secara alami.

1Yogurt

www.yesvegetarian.com

Yogurt terbukti mampu menghaluskan kulit serta mempertahankan kelembabannya. Haluskan yogurt menggunakan blender dan tambahkan sedikit madu, lalu oleskan merata pada kulit dan tunggu sekitar 10 menit.

Setelah itu bilas kulitmu menggunakan air bersih. Yogurt berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati dan ini membuat kulit terlihat lebih lembut dan bersih.

2Susu

www.satujam.com

Mandi susu adalah salah satu perawatan kulit yang banyak direkomendasikan saat ini. Susu mengandung banyak zat alami yang mampu menghilangkan bintik hitam pada kulit dan mampu mencerahkan kulit.

Susu juga memiliki kemampuan mengangkat sel-sel kulit mati, sama seperti yogurt.

3Pepaya

www.sunpride.co.id

Pepaya hijau diketahui mengandung enzim papain. Enzim ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Caranya adalah dengan menghaluskan pepaya hijau dicampur pepaya yang sudah matang kemudian oleskan keseluruh permukaan kulit.

Lakukan secara rutin sehingga kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

4Tomat dan Jeruk Nipis

produkpemutihwajah.net

Bahan-bahan ini tentu sangat mudah untuk kamu temukan. Selain dijual dipasaran bahan-bahan ini juga banyak tumbuh disekitar rumah. Langkah yang harus kamu lakukan adalah memeras jeruk nipis dan menghaluskan tomat.

Kemudian campurkan keduanya menjadi satu dan mulailah mengoleskan ke seluruh tubuh secara merata. Setelah itu diamkan sekitar 20 sampai 30 menit, maka segeralah basuh menggunakan air bersih. Lakukanlah setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

5Bayam

www.ibudanbalita.com

Bayam adalah bahan yang kaya akan lutein dan berfungsi sebagai antioksidan pelawan radikal bebas. Bayam juga mengandung vitamin K dan L, sehingga berkhasiat untuk menipiskan flek hitam pada wajah.

Konsumsilah bayam secara teratur, karena merawat kulit tidak cukup hanya dari luar tetapi juga harus dilakukan dari dalam.

6Tiram

www.esquire.co.id

Jika kamu menginginkan kulit yang sehat alami, cobalah untuk mengkonsumsi tiram. Tiram mempunyai kandungan vitamin B yang tinggi dan dapat mengembalikan rona segar pada wajah yang pucat atau memiliki lingkaran gelap di bawah mata.

7Bawang Putih

www.lookup.co.id

Bawang putih sangat cocok digunakan sebagai obat anti bintik hitam bekas jerawat dan luka karena bawang putih mengandung antibiotik alami. Oleskan bawang putih pada jerawat atau bekas jerawat atau bekas luka pada kulitmu untuk mengatasi masalah bintik hitam ini.

Sebagai pengobatan dari dalam, kamu juga bisa mengonsumsi bawang putih ini. Bila tidak tahan dengan bau bawang putih, saat ini sudah ada ekstrak bawang putih yang beredar ditoko-toko obat herbal.

8Alpukat

manfaatbagus.com

Siapa yang tidak kenal dengan buah alpukat yang telah tersohor sebagai bahan masker yang paling digemari oleh wanita. Selain sebagai masker, kamu juga bisa mengonsumsi buah yang mempunyai kandungan omega 3 dan vitamin E yang tinggi ini.

Kedua unsur ini adalah nutrisi yang penting bagi kesehatan kulit dan berkhasiat untuk membuat kulit putih alami.

Tidak perlu biaya mahal kan untuk merawat kulit agar tetap sehat? Selamat mencoba!

SHARE