Rambut adalah mahkota wanita. Apa jadinya jika rambut tersebut rusak, kering, bahkan rontok? Tentu kita tidak ingin mengalaminya bukan?

Penyebab rambut kering bisa beragam. Misalnya, menggunakan produk rambut yang tidak sesuai, meluruskan atau mengeringkan rambut dengan hair dryer, genetis atau kebiasaan sehari-hari hingga terpapar sinar matahari secara intens.

Rambut pada akhirnya menjadi kering dan kurang sedap dipandang mata.Berbagai cara dapat dilakukan untuk mencegah kekeringan pada rambut.

Misalnya, mengonsumsi air putih yang cukup, mengatur pola makan, olahraga dan juga menggunakan produk rambut khusus perawatan rambut kering Anda.

Tak hanya itu, masih banyak cara merawat rambut kering secara alami dan sederhana. Berikut kami rangkumĀ  cara perawatan alami mengatasi rambut kering tanpa perlu membeli vitamin rambut.

1Masker Alpukat dan Telur

maduhitampahit.com

Buah yang satu ini sangat berkhasiat untuk mengatasi rambut kering. Seorang ahli pewarna rambut dari Salon Pierre, Stephen Sanna menyarankan agar menggunakan masker alpukat seminggu sekali.

Alpukat kaya akan vitamin, asam lemak dan mineral yang akan membantu mengembalikan kesehatan rambut Anda. Caranya dengan menghaluskan alpukat yang dicampur dengan telur.

Kemudian, diaplikasikan ke rambut yang basah dan didiamkan selama 20 menit. Setelah itu dibilas dengan menggunakan conditioner.

2Masker Yogurt dan Telur

source: www.iran-daily.com

Bahan-bahan di dapur bisa anda manfaatkan untuk mengatasi rambut kering. Seperti cara yang sama pada nomor satu, yogurt dan telur dicampur dalam sebuah mangkuk sehingga membentuk pasta.

Kemudian oleskan ke rambut yang rusak. Setelah itu, bilaslah dengan air dingin. Kandungan protein dalam telur dan yogurt sangat membantu memperkuat akar rambut tanpa harus menghilangkan kelembapannya.

3Apple Cider Vinegar

source: manvshair.net

Bahan dapur yang satu ini juga sangat bagus untuk mengatasi rambut kering. Bahan yang sering disingkat menjadi ACV ini dapat melembabkan rambut Anda.

Caranya sangat mudah, hanya mencapurkan 2 sendok ACV, 2 sendok minyak zaitun, dan 3 buah putih telur.

Campurkan menjadi satu dan segera oleskan ke batang rambut secara menyeluruh. Jangan lupa, pijat-pijat keseluruh bagian rambut agar merata.

4Santan

source: thereck17.blogspot.com

Sangat mudah mendapatkan bahan ini. Santan berguna untuk melembabkan rambut yang kering juga kusam. Santan juga disebut sebagai deep conditioner yang sangat kaya akan vitamin.

Caranya sangat mudah, cukup campurkan santan, madu, kapsul vitamin E dan glycerine dalam satu wadah. Aplikasikan ke rambut Anda yang kering secara menyeluruh. Setelah selesai bilaslah dengan air yang hangat.

5Campuran Minyak

source: selingkaran.com

Nah, cara ini yang mungkin perlu Anda coba. Siapkan minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa murni dan minyak jojoba. Campurkan semuanya dalam cangkir dengan masing-masing porsi yang sama.

Kemudian, rendam cangkir dalam air panas sehingga minyak menjadi hangat. Usaplah secara perlahan namun merata. Setelah 20 menit, bilas dengan sampo dan air dingin. Rambut Anda akan kembali sehat jika perawatan ini dilakukan minimal 7 hari.

6Minyak Sayur dan Madu

source: caaantik.com

Nutrisi dari minyak sayur dan madu sangat membantu mengembalikan keindahan rambut Anda. Cobalah campur madu dan minyak sayur hingga menyerupai pasta.

Gunakan ke rambut yang kering dan diamkan selama 15 menit. Madu dan minyak sayur membantu rambut Anda tetap sehat.

7Lidah Buaya

wisatapontianak.com

Khasiat lidah buaya sudah tersohor sejak lama. Lidah buaya tak hanya berguna untuk meremajakan kulit tapi juga berkhasiat untuk melembabkan rambut.

Siapkan 4 sendok teh lidah buaya, minyak rambut dan 3 sendok yogurt. Campurkan semua bahan dan aduklah secara merata. Oleskan pada rambut dan bilas sesudahnya dengan sampo.

8Mayones

source: rockingrawchef.com

Tertantang mencoba mengaplikasikan mayones pada rambut Anda? Cobalah karena mayones sangat direkomendasikan oleh ahli rambut.

Caranya pun sangat mudah, yakni mengoleskan full fat mayones pada rambut Anda sambil dipijat-pijat. Asam lemak yang ada dalam kandungan mayones sangat baik untuk melembabkan rambut.

SHARE