Hi, Buat kamu para wanita, pasti kadang punya masalah rambut bukan? Kasar mungkin? Kering? Bercabang? Atau kusam? Warning nih buat kamu, semua itu ciri-ciri rambut rusak lho.

Bukan itu saja jika rambut jatuh ke bahu terdengar bunyi seperti kertas, menggumpal jadi satu saat dibasahi, mudah patah meskipun menyisirnya dengan tangan, itu juga menujukkan ciri-ciri rambut rusak lho.

Rambut rusak bisa disebabkan oleh berbagai hal. Contoh misal, faktor dari luar sering beraktivitas di bawah sinar matahari langsung, sering menggunakan hair dryer dan pencatok rambut.

Sedangkan contoh faktor dari dalam seperti kelembaban rambut yang kurang.
Ciri-ciri sudah, penyebab sudah, next kita akan membahas cara merawatnya. Pasti kita tidak betah bukan jika memiliki rambut seperti rusa?

Terlebih lagi jika rambut kita masuk dalam kategori rambut rusak seperti ciri-ciri yang telah dipaparkan tadi. Apa saja sih tips merawat rambut rusak? Check it.

1Jangan Keramas Tiap Hari

satujam.com

Keramas tiap hari membuat rambutmu semakin kering, Teman. Jika rambut kering, minyak rambut pun akan semakin berkurang. Nah, padahal minyak alami rambut inilah yang dapat menyehatkan rambutmu.

Cuci rambut dapat dilakukan 3 hari sekali, agar produksi minyak rambut juga dapat terjaga dengan baik.

2Jangan Pakai Hair Dryer dan Pencatok Rambut

gogomall.co.id

Kedua alat ini, memancarkan suhu panas yang dapat menambah tingkat kerusakan rambut. Jika ingin memakainya, boleh kok boleh. Tapi, kita perlu mengaturnya agar pada suhu yang rendah sehingga tidak merusak rambut.

3Jangan Menggosok Rambut Terlalu Keras

spiritriau.com

Saat kita mengeringkan rambut, ada baiknya remas-remaslah rambut kita dengan menggunakan handuk dan jangan menggosoknya terlalu keras dengan handuk.

Tindakan menggosok rambut ini akan menyebabkan gesekan keras pada rambut yang bisa membuat kerusakan serius pada lapisan rambut terluar. Rambut jadi rusak bukan?

4Jangan Sering Ganti Shampoo

selasar.com

Pakailah shampoo yang cocok untuk jenis rambutmu ya. Jangan suka gonta-ganti shampoo karena hal ini memaksa rambutmu untuk beradaptasi terus dengan shampoo baru yang kamu gunakan. Capek kan yaa?

5Pakai Penutup Kepala Ketika Kena Sinar Matahari Langsung

republika.co.id

Nah, dengan adanya penutup kepala seperti topi, syal, atau jilbab, tentu rambut akan terlidungi dari paparan sinar matahari yang dapat merusak rambutmu.

6Pijat Kepala

islamina.com

Memijat kepala dapat memperkuat akar rambut dan meningkatkan sirkulasi darah pada rambut. Pemijatan ini bisa dilakukan dengan minyak alami yang bermanfaat bagi kesehatan rambut. Contoh misal minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond.

7Biarkan Rambut Mengering Sendiri

skanaa.com

Biarkan rambut kering dengan sendirinya setelah keramas. Yups, penjelasannya seperti kenapa kita tidak disarankan untuk menggunakan hair dryer dan pencatok rambut.

8Gunakan Pelembap yang Baik

himonohotaru.blogspot.com

Banyak label produk mengatakan produk tersebut melembabkan. Namun pada kenyataannya, produk tersebut mungkin hanya melapisi rambutmu agar terasa lebih lembut.

Carilah produk dengan minyak alami seperti zaitun atau minyak argan, atau gliserin, sorbitol, atau shea butter (terbuat dari ekstrak biji pohon shea Afrika).

Tapi jauhi shampoo yang mengandung minyak mineral dan petrolatum, karena shampoo tersebut justru malah mencegah kelembaban luar untuk masuk.

9Rawat dengan Hair Mask

fahv.com

Hair mask dengan bahan-bahan alami baik untuk rambutmu lho. Masker yang bisa kita coba seperti masker kuning telur yang dicampur dengan minyak zaitun dan madu.

Bisa juga dengan masker papaya yang kaya protein. Yang terakhir dengan masker yoghurt karena yoghurt sendiri dapat mengatasi rambut yang susah diatur, patah-patah.

10Diet Rambut

manfaatbagus.com

Rambut sangat membutuhkan lemak sehat, Teman! Jadi makanlah banyak alpukat, salmon, dan minyak zaitun. Makanan tersebut penuh dengan kandungan asam lemak esensial, yang dapat melembabkan kulit kepala yang kering dengan minyak alami.

Apa pun yang kita lakukan, jangan lakukan crash diet (diet yang ekstrim dalam mengurangi asupan gizi, biasanya sangat membatasi asupan kalori) karena tubuh kita akan kelaparan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menghasilkan rambut sehat.

Nah, itu dia tips merawat rambut rusak. Mudah sekali bukan? Let’s try,!

SHARE